Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah di Masa Pandemi Covid-19

Sampul Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah di Masa Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019)

Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah di Masa Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) ini dibuat untuk memberikan panduan bagi Kepala Sekolah dalam melaksakan tugas
dan fungsinya pada masa pandemi Covid-19 dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan. Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah ini diterbitkan oleh LPPKSPS (Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah).

Ringkasan Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah di Masa Pandemi Covid-19

DASAR HUKUM

Dasar hukum diterbitkannya Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah di Masa Pandemi Covid-19 ini adalah SE Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Langkah Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan SE Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid-19.

Guru sebagai pamong pembelajaran daring yang bersikap saling mengasah, saling mengasuh, saling mengasihi, saling mengajari, saling melatih, saling membimbing, dan saling meng- coach/ mentor. Kinerja kepala sekolah untuk memenuhi tugas dan fungsinya mengelola penyelenggaraan pembelajaran daring di saat Pandemik Covid 19 adalah menjamin bahwa pembelajaran berlangsung dengan terukur kualitasnya dan memberi dukungan kepada guru dalam pelaksanaan mengajar dari rumah.

Kepala sekolah harus menyusun perencanaan secara terprogram, melaksanakan semua perencanaan yang telah dibuat, dan melakukan evaluasi secara kontinyu dalam program pembelajaran secara daring di rumah. Selain itu, wajib pula melakukan analisis kebutuhan monitoring, menyusun instrumen pemantauan pembelajaran, menyosialisasikan instrumen monitoring, melaksanakan monitoring, menganalisis data hasil monitoring, menindaklanjuti hasil monitoring.

Berikut adalah kutipan langkah pelaksanaan yang wajib dilakukan oleh kepala sekolah selama masa pandemi covid-19, antara lain:

1. Memberi arahan guru agar memberikan penjelasan atas pertanyaan/tugas yang disampaikan kepada orangtua/murid.
2. Memberi arahan guru untuk memeriksa dan melakukan evaluasi atas proses pembelajaran dari rumah untuk mendapatkan umpan balik hasil pembelajaran.
3. Memberi arahan guru untuk memberikan umpan balik ragam penugasan yang telah diselesaikan siswa.
4. Mengagendakan koordinasi/rapat online secara rutin dengan seluruh guru dan staf sekolah secara intensif (media WAG, Telegram, Webex, Zoom, dll) tentang perkembangan pelaksanaan pembelajaran daring.
5. Menjalin komunikasi intensif sesama Kepala Sekolah (MKKS/K3S) untuk belajar dari pengalaman komunitas sejawat.
6. Melibatkan pihak-pihak terkait (Pengawas sekolah, komite sekolah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat) dalam rangka membangun kepercayaan bersama.
7. Memantau kesehatan guru/peserta didik melalui WAG atau media lain yang dikelola oleh wali kelas/guru kelas.
8. Memberikan informasi perkembangan positif tentang pandemi Covid-19 dan tips-tips untuk hidup sehat kepada guru, orangtua, maupun murid.

Sedangkan untuk langkah evaluasi, hal yang harus dilakukan oleh kepala sekolah yakni:

1. Memberikan umpan balik kepada guru terkait tugas pembelajaran daring yang telah dilakukan guru (reward/penghargaan bagi guru yang rajin/kooperatif,dll).
2. Melakukan pembimbingan/ pendampingan online bagi guru yang belum melaksanakan tugas dengan baik.
3. Melaksanakan supervisi/monitoring pembelajaran secara online untuk memantau keterlaksanaan proses pembelajaran daring.
4. Mengidentifikasi kendala/permasalahan yang ditemukan setelah pembelajaran daring.
5. Melaporkan hasil kegiatan belajar daring kepada dinas Pendidikan dan orang tua peserta didik.

Ada 4 hal dalam panduan pembelajaran daring yang mengena dan bermakna: Mengidentifikasi masalah, Menentukan strategi pembelajaran, Menganalisis modalitas gaya belajar peserta didik, dan Menentukan jenis pembelajaran daring yang sesuai.

1. Mengidentifikasi masalah pembelajaran daring
a. Pendidik yang gagap dengan teknologi
b. Orang tua stres mendampingi anak-anaknya belajar di rumah
c. Siswa kebingungan menghadapi tumpukan tugas yang aneh-aneh

2. Menentukan strategi pembelajaran
a. Sesuaikan dengan karakteristik, kebutuhan, dan kondisi peserta didik.
b. Pertimbangankan kesenjangan akses/fasilitas belajar di rumah dan kemampuan guru serta peserta didik
c. Memperhatikan kemampuan IT guru dan peserta didik.
d. Perhitungkan ketersediaan sarana dan prasarana serta kesiapan orang tua

3. Menganalisis modalitas gaya belajar peserta didik
Perhatikan tipe belajar siswa agar pembelajaran efektif.
a. Tipe Visual
b. Tipe Audiotori
c. Tipe Kinestetik

4. Menentukan jenis pembelajaran daring yang sesuai
Jenis pembelajaran daring yang dapat dijadikan pilihan: Google Classroom, Google G Suite for Education, Kelas Pintar, Microsoft Office 365, Quipper School, Rumah Belajar, Zenius, Ruang Guru, Siaran Televisi/ Radio.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran daring:

1. Buatlah variasi dalam pemberian tugas pada peserta didik menggunakan aplikasi untuk berkomunikasi yang berbeda agar peserta didik tidak bosan.
2. Penugasan yang menantang dan sesuai dengan isu yang sedang hangat dibicarakan.
3. Memberi pengalaman bermakna yaitu pembelajaran harus mengajarkan Cara belajar (Learning How to Learn),bukan Learning What to Learn (belajar tentang sesuatu).
4. Memfokuskan pada pendidikan kecakapan hidup misalnya pembelajaran tentang kecakapan yang berkaitan pencegahan Covid-19 dan pembiasaan hidup bersih.
5. Menghilangkan membuat peserta didik stres dengan tidak menuntut ketuntasan target kurikulum namun menggunakan kurikulum darurat.
6. Membangun motivasi instrinsik peserta didik agar semangat belajar tetap terjaga.
7. Memantau perkembangan belajar peserta didik.
8. Memberi penghargaan atas keberhasilan kepada peserta didik yang menyelesaikan tugas.
9. Memberi umpan balik yang segera dan rutin yang bersifat kualitatif dan berguna bagi guru, tanpa diharuskan memberi skor/kuantitatif.
10. Memberi bimbingan dan arahan dalam pengerjaan tugas dengan jelas dan menyediakan waktu untuk berbincang secara rutin.

Download

Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah di Masa Pandemi Covid-19 dapat di-download DI SINI.

Posting Komentar untuk "Download Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah di Masa Pandemi Covid-19"