Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Panduan Kerja Pengawas Sekolah di Masa Pandemi Covid-19

Download Buku Panduan Kerja Pengawas Sekolah di Masa Pandemi Covid-19

Buku Panduan Kerja Pengawas Sekolah di Masa Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) ini adalah buku yang memiliki tujuan untuk memberikan panduan kepada Pengawas Sekolah Penggerak agar tetap sehat, tetap aman dan terus bekerja dan untuk membantu para pengawas sekolah dalam melaksanakan tugas melaksanakan pembinaan dan supervisi di masa Pandemi Covid-19 terutama untuk sekolah yang menerapkan skema belajar di rumah (BDR).

Ringkasan Buku Panduan Kerja Pengawas Sekolah di Masa Pandemi Covid-19

Pendahuluan

Pandemi Covid-19, bukan hanya menjadi musibah tetapi akan menjadi tantangan yang menarik bagi tenaga kependidikan, khususnya Pengawas Sekolah Penggerak. Mensinergikan tetap bertahan stay at home dengan stay work menjadi hal yang menarik. Pengawas sekolah, Kepala Sekolah, Guru dan Peserta Didik tetap sehat akan tetapi Pendidikan tetap berjalan mencapai tujuan dan visinya. Jika sinergi ini tetap berjalan dan pandemi ini berakhir, maka akan dihasilkan Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Guru dan Peserta Didik Era Baru yang terbiasa dengan era digital.

Berikut adalah kutipan terkait langkah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program kerja pengawas sekolah:

A. Langkah Perencanaan

1. Mengkaji Program Supervisi Manajerial;
- Lakukan peningkatan kompetensi Kepala Sekolah dan Tendik lainnya pada satuan pendidikan binaan sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan yang bersangkutan.
- Lakukan Bimlat Kepala Sekolah dan Tendik lainnya dalam pengelolaan sekolah dengan kebutuhan satuan pendidikan yang bersangkutan.
- Lakukan pemantauan keterlaksanaan 8 SNP (Standar Nasional Pendidikan) dalam penyelenggaraan pendidikan dan; Temukan hambatan-hambatannya.
- Lakukan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah dalam mengelola pendidikan pada satuan pendidikan.

2. Menyelaraskan Program Supervisi Manajerial dengan kondisi dalam rencanakerja Work from Home
3. Mengidentifikasi akses dan fasilitas internet
4. Mengidentifikasi tingkat Literasi Digital Kepala Sekolah dan Tendik
5. Menyusun instrumen pendukung

B. Langkah Pelaksanaan

1. Lakukan peran sebagai Coach dan Counsellor yang dapat mendampingi Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Program Supervisi Manajerial (pemantauan; pembinaan; bimbingan dan latihan (bimlat) dan penilaian) untuk melaksanakan tugas dari rumah.
2. Pilih aplikasi online yang tepat dan relevan untuk mendampingi Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Program Supervisi Manajerial.
3. Atur jadwal untuk komunikasi secara intensif dengan Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan.
4. Laksanakan Program Supervisi Manajerial sesuai dengan jadwal.

C. Langkah Evaluasi

- Gunakan instrumen, catat masalah atau hambatan yang dihadapi Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan pada Masa Pademi Covid-19.
- Berikan alternatif solusi dari masalah yang dihadapi Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan pada Masa Pademi Covid-19.

Download

Buku Panduan Kerja Pengawas Sekolah di Masa Pandemi Covid-19 dapat di-download DI SINI.

Posting Komentar untuk "Download Buku Panduan Kerja Pengawas Sekolah di Masa Pandemi Covid-19"