Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Panduan PJJ Untuk Guru Selama Covid-19

Download Buku Panduan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Bagi Guru Selama Masa Pandemi Covid-19

Buku Panduan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini diterbitkan dengan tujuan untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau Belajar Dari Rumah (BDR). Buku panduan ini sangat penting karena dalam proses PJJ ada sejumlah KBM yang berbeda dengan KBM normal.

Sekilas Tentang Panduan PJJ Untuk Guru Selama Masa Pandemi Covid-19

Selama masa penutupan sekolah, kegiatan belajar mengajar dialihkan melalui penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh (PJJ), sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Agar mempermudah para guru dalam melaksanakan pembelajaran jarah jauh (PJJ) maka dengan ini diterbitkan “Panduan Pembelajaran Jarak Jauh”. Panduan ini diperlukan karena dalam PJJ, terdapat sejumlah KBM yang berbeda dengan KBM normal. Misalnya, guru harus mereview kurikulum, memfokuskan pada literasi dan numerasi,
menyiapkan RPP yang berbeda, hingga menentukan metode dan interaksi yang dipakai dalam penyampaian pembelajaran melalui daring, luring, atau kombinasi keduanya, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan selama masa pandemi. Semua kegiatan ini membutuhkan panduan agar mutu KBM jarak jauh tetap terjaga dan peserta didik tetap dapat layanan pendidikan selama darurat covid-19, meskipun peserta didik tertutup akses fisiknya ke sekolah.

Sesuai Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020, Belajar dari Rumah Melalui Pembelajaran Jarak Jauh memiliki berbagai keunggulan unik antara lain:
1. Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum kenaikan kelas maupun kelulusan.
2. Memfokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19.
3. Memberikan variasi aktivitas dan tugas pembelajaran belajar dari rumah antarsiswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas belajar dari rumah.
4. Memberikan umpan balik terhadap bukti atau produk aktivitas belajar dari rumah yang bersifat kualitatif dan berguna bagi guru, tanpa diharuskan memberi skor/nilai kualitatif.

Pelaksanaan Belajar Dari Rumah oleh Guru

Menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, dimana guru harus memastikan beberapa hal berikut:
- memastikan kompetensi pembelajaran yang ingin dicapai, tidak memaksakan penuntasan kurikulum dan fokus pada pendidikan kecakapan hidup;
- menyiapkan materi pembelajaran dengan fokus materi pada:
a. literasi dan numerasi;
b. pencegahan dan penanganan pandemi COVID-19;
c. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas);
d. kegiatan rekreasional dan aktivitas fisik;
e. spiritual keagamaan; dan/atau
f. penguatan karakter dan budaya.
- menentukan metode dan interaksi yang dipakai dalam penyampaian pembelajaran melalui daring, luring, atau kombinasi keduanya;
- menentukan jenis media pembelajaran, seperti format teks, audio/video simulasi, multimedia, alat peraga, dan sebagainya yang sesuai dengan metode pembelajaran yang digunakan; dan
- guru perlu meningkatkan kapasitas dengan mengikuti pelatihan daring yang disediakan oleh pemerintah maupun lembaga nonpemerintah guna mendukung keterampilan menyelenggarakan PJJ pada situasi darurat COVID-19.

Panduan PPJ ini diperuntukkan bagi GURU yang:
harus terus mendukung siswa sementara akses fisik ke sekolah ditutup dan dapat melibatkan siswa dalam bentuk pembelajaran jarak jauh.

Tujuan diterbitkannya buku panduan PJJ bagi guru ini adalah:
  1. Memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat COVID-19.
  2. Melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk COVID-19.
  3. Mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 di satuan pendidikan.
  4. Memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik dan orang tua/wali.

Download Buku Panduan PJJ Untuk Guru Selama Pandemi Covid-19

Buku Panduan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Bagi Guru Selama Masa Pandemi Covid-19 dapat di-download DI SINI.

Posting Komentar untuk "Buku Panduan PJJ Untuk Guru Selama Covid-19"