Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SE Pedoman Upacara Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2020

Download SE Mendikbud Nomor : 115583/MPK.A/TU/2020 Tentang Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2020 dan Unduh Logo HGN 202 I PDF

Dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2020 di tengah masa pandemi Covid-19, Mendikbud menerbitkan surat edaran/ SE Nomor : 115583/MPK.A/TU/2020 tentang Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020.
Di dalam SE Mendikbud tersebut diberitahukan pedoman dan informasi tentang:
1. Upacara Bendera
2. Logo dan Tema Peringatan
3. Ragam Aktivitas

Ringkasan SE Pedoman Peringatan HGN Tahun 2020

Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Dengan demikian, guru merupakan salah satu faktor yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa. Sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan tanggal 25 November selain sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional. Untuk memperingati momentum yang berharga ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan berbagai apresiasi terhadap dedikasi guru. Salah satu bentuk penghargaan tersebut adalah dengan diselenggarakannya upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional tahun 2020.

Namun, di tengah krisis pandemi Covid-19 yang melanda tanah air tahun ini, upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional tahun 2020 diselenggarakan secara minimalis dan terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah. 

Tujuan, Sasaran dan Tema

1. Tujuan
a. Meningkatkan peran strategis guru dan tenaga kependidikan dalam membangun sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam meningkatkan mutu pendidikan.
b. Meneladani semangat dan dedikasi guru sebagai pendidik profesional dan bermartabat.
c. Meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya kedudukan dan peran strategis guru dan tenaga kependidikan dalam membangun karakter bangsa.

2. Sasaran
Semua pegawai di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri yang berada dalam wilayah zona hijau dan kuning, pendidik dan tenaga kependidikan, para pemangku kepentingan pendidikan lainnya, para siswa di satuan pendidikan seluruh Indonesia baik di lingkungan pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama, serta siswa di satuan pendidikan di luar negeri.

3. Tema
Tema peringatan Hari Guru Nasional tahun 2020 adalah “Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar”.

4. Logo
Logo peringatan Haru Guru Nasional tahun 2020 merupakan desain karya Teguh Prasongko E., pemenang sayembara/ lomba pembuatan logo HGN 2020 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Logo dapat diunduh melalui laman www.kemdikbud.go.id

Pedoman Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020

1. Ketentuan umum
Upacara bendera diselenggarakan di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pusat, Kantor Kementerian Agama pusat, instansi dan satuan pendidikan di daerah yang berada dalam zona hijau dan kuning, dan kantor perwakilan Indonesia di luar negeri serta satuan pendidikan di luar negeri yang wilayahnya ditetapkan pemerintah setempat sebagai zona aman.

2. Waktu pelaksanaan
hari, tanggal : Rabu, 25 November 2020 pukul : 08.00 waktu setempat

3. Tempat
Halaman kantor/lapangan/tempat lain yang telah disepakati oleh panitia setempat

4. Pakaian
a. Undangan:
- Pejabat : Pakaian Sipil Lengkap (PSL);
- Undangan Pria : Pakaian Sipil Lengkap (PSL)/batik lengan panjang;
- Undangan Wanita : Pakaian Nasional;
- Guru, Dosen : Pakaian Seragam masing-masing;
b. Barisan:
- Pegawai Negeri : baju Korpri, bawahan warna biru dongker, lencana Korpri, tanda pengenal pegawai, peci hitam;
- Pegawai Swasta : seragam pegawai instansi masing-masing;
- Siswa : Seragam Sekolah;
- Mahasiswa : Seragam sesuai ketentuan masing-masing;
- Petugas Upacara : Sesuai ketentuan.

5. Susunan acara
a. Pra Upacara:
Persiapan barisan:
- Peserta dan undangan menuju tempat yang disediakan;
- Persembahan lagu perjuangan oleh korsik/paduan suara;
b. Upacara Bendera:
- Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara;
- Pembina upacara tiba di tempat upacara;
- Penghormatan kepada pembina upacara;
- Laporan pemimpin upacara;
- Pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh korsik/paduan suara;
- Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara;
- Pembacaan naskah Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara;
- Pembacaan naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;
- Menyanyikan lagu Hymne Guru;
- Amanat pembina upacara (Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan);
- Menyanyikan lagu Terima Kasih Guruku;
- Pembacaan do’a;
- Laporan pemimpin upacara;
- Penghormatan kepada pembina upacara;
- Pembina upacara meninggalkan mimbar upacara;
- Upacara selesai, barisan dibubarkan.

TEKS/ NASKAH DO’A PADA UPACARA BENDERA HARI GURU NASIONAL TAHUN 2020

Ya Allah, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang Tiada kata yang patut kami haturkan melainkan sanjungan tertinggi bagiMu, karena hanya atas kuasa dan ijin-Mu lah pada hari ini kami bisa berkumpul dalam rangka mengikuti “Upacara Bendera Hari Guru Nasional Tahun 2020”, untuk itu ya Allah berkati dan ridhoi acara kami ini.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa
Kami yang hadir ditempat dan media ini, di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sampai dengan saat ini, jadikanlah Hari Guru Nasional tahun ini sebagai momentum untuk: Meningkatkan mutu, kualitas, kesejahteraan, perlindungan bagi guru dan tenaga kependidikan secara komprehensif, dan meningkatkan profesionalisme guru-guru kami untuk mendidik putra putri menjadi pelajar Pancasila sejati.

Ya Allah, ya Rahman ya Rahim
Kami sangat mendambakan guru-guru kami menjadi pendidik-pendidik sejati, menjadi hamba-Mu yang selalu menyemai ilmu pengetahuan, mendidik dengan penuh kelembutan dan kasih sayang, menjadi panutan dan inspirasi bagi anak-anak bangsa ini, sehingga bangsa ini memiliki peradaban yang unggul dan mulia, bangsa yang memiliki kecerdasan yang paripurna, serta berbudi pekerti yang luhur. Ya Rob muliakan guru kami dengan karya-karya mereka yang bermakna bagi anak bangsa ini.

Yaa alloh yang Maha Pengampun
Kami sadar begitu banyak dosa dan kesalahan yang telah kami lakukan, jika Engkau tidak sudi mengampuni, kepada siapa kami harus memohon ampun. Oleh karena itu ya Allah, ampunilah segala dosa dan kesalahan kami, dosa Ayah dan Bunda kami, dosa guru-guru kami, dosa para pemimpin kami, serta dosa para pendahulu kami. Janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau khilaf, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orangorang sebelum kami, janganlah engkau pikulkan pada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya.

Allahumma Ya Allah Ya Hadi, Tuhan Yang Maha Memberi Petunjuk. Tunjukkanlah yang benar itu tampak benar dan berilah kekuatan kepada kami untuk dapat melaksanakannya, dan tunjukkanlah yang salah tampak salah dan berilah kekuatan kepada kami untuk dapat menjauhinya., sehatkan kami, kuatkan kami, jauhkan kami dari marabahaya wabah covid19 dan kami mohon Engkau berkenan mengangkat wabah ini dari negeri yang kami cintai ini.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mendengar, kabulkanlah doa dan permohonan kami.

Pada akhir tulisan ini, disediakan tautan untuk mengunduh SE Mendikbud Nomor: 115583/MPK.A/TU/2020 HGN 2020 tentang Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020, Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera HGN 2020, dan Logo HGN Tahun 2020 secara mudah dan praktis.

Download SE Mendikbud Nomor : 115583/MPK.A/TU/2020 Tentang Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2020 I PDF

Untuk mendownload berkas yang berisi SE Mendikbud Nomor: 115583/MPK.A/TU/2020 HGN 2020 tentang Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020, Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera HGN 2020, dan Logo HGN Tahun 2020 dipersilahkan langsung melalui tautan atau link berikut ini.

Download SE Mendikbud Nomor : 115583/MPK.A/TU/2020 Tentang Pedoman Peringatan HGN 2020 DI SINI
Download Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera HGN 2020 DI SINI
Download Logo HGN Tahun 2020 DI SINI

Posting Komentar untuk "SE Pedoman Upacara Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2020"