Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unduh Contoh Laporan Neraca Penggunaan Dana BOS BA-BUN 2020

Download Contoh Laporan Pertanggungjawaban Neraca Penggunaan Dana BOS BA-BUN 2020 I PDF dan Excel

Madrasah sebagai penerima BOS Tahun Anggaran 2020 dari BA BUN (Tambahan) Pengelolaan Belanja Lainnya (BA 999.08) melalui Kementerian Agama (BA 025), diharuskan melakukan proses penggunaan dana sesuai dengan Juknis PengelolaanDana Bantuan Operasional Sekolah Pada Madrasah. Sebagai wujud dari pertanggungjawaban penggunaan dana tersebut, madrasah diwajibkan membuat Laporan Neraca Penggunaan Dana. Bagi madrasah yang telah mencairkan dana BOS BA-BUN, selanjutnya adalah mempersiapkan Laporan Pertanggungjawaban. Salah satu dokumen yang diminta dalam LPJ BOS BA-BUN adalah Laporan Neraca Penggunaan Dana.

Untuk madrasah yang sudah melakukan proses pencairan dana BOS BA-BUN, maka tahapan seterusnya ialah wajib memersiapkan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ BOS BA-BUN) yang salah satunya adalah berupa Laporan Neraca Penggunaan Dana.

Ringkasan Contoh Laporan Neraca Penggunaan Dana BOS BA-BUN 2020

Menteri Keuangan melalui DJA/ Dirjen Anggaran telah menerbitkan Surat Menteri Keuangan Republik Indonesia, Nomor: S- 298/MK.2/2020, Tanggal 12 Oktober 2020, Perihal Penetapan Satuan Anggaran Bagian Anggaran 999.08 (SABA 999.08) dari BA BUN Pengelolaan Belanja Lainnya (BA 999.08) ke Kementerian Agama (BA 025) untuk Bantuan Operasional Sekolah Tahun Anggaran 2020 Tahap I sebesar Rp 889.905.100.000,- (Delapan ratus delapan puluh sembilan milyar sembilan ratus lima juta seratus ribu rupiah).

Bertalian dengan hal tersebut maka madrasah diwajibkan untuk membuat laporan pertanggungjawaban Bos BA Bun. Dikarenakan belum adanya format Laporan Neraca Penggunaan Dana BOS BA-BUN 2020 yang baku, maka masih terdapat sejumlah bendahara madrasah yang bingung dengan contoh format Laporan Neraca Penggunaan Dana tersebut. Kebingungan yang dihadapi bendahara tersebut sangatlah wajar mengingat dalam LPJ BOS reguler, jenis dokumen ini memang belum pernah ada sebelumnya.

Untuk format neraca penggunaan dana BOS BA-BUN ini sebenarnya memiliki format atau bentuk yang mirip sekali dengan neraca keuangan pada umumnya, hanya ada beberapa komponen yang dilakukan penyesuaian agar sinkron dengan BOS BA-BUN.

Ruang lingkup penggunaan dana Bantuan BOS Madrasah (BA-BUN) yang harus dipertanggungjawabkan meliputi:
  1. Peningkatan langgaran daya dan jasa dalam rangka efektivitas penyelenggaraan Pembelajaran Jarak Jauh ;
  2. Pembelian/sewa sarana/perlengkapan/peralatan yang diperlukan untuk mendukung keberlangsungan proses PJJ di Madrasah;
  3. Pembelian sarana/perlengkapan/peralatan atau pelaksanan kegiatan yang diperlukan untuk mencegah penyebaran COVID-19; dan
  4. Pembayaran honor rutin/tambahan insentif.
Ada 3 (tiga) jenis pelaporan yang musti disusun oleh madrasah penerima BOS Madrasah (BA-BUN), antara lain:
  • Laporan Pertanggungjawaban Dana BOS (Formulir BOS-08)
  • Pencatatan Pelayanan dan
  • Penanganan Pengaduan Masyarakat Laporan Aset

Download Contoh Laporan Neraca Penggunaan Dana BOS BA-BUN 2020 I PDF dan Excel

Dalam Laporan Pertanggungjawaban Dana BOS (Formulir BOS-08), wajib disusun serta dilengkapi dengan berbagai dokumen pendukung antara lain:
1) Laporan Pertanggungjawaban Bantuan Operasional;
2) Kuitansi Pengeluaran dan Faktur;
3) Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja (SPTB) ;
4) Pembukuan (BKU) (Formulir BOS K-2) dan BPP;
5) Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM);
6) Surat Setor Pajak (SSP)/ Bukti Setor Pajak.

Untuk mengunduh Contoh Format Laporan Neraca Penggunaan Dana BOS BA-BUN 2020, bisa melalui tautan yang disediakan berikut ini.
Download Contoh Neraca BOS BA-BUN File PDF - DISINI
Download Contoh Neraca BOS BA-BUN File Excel - DISINI

Posting Komentar untuk "Unduh Contoh Laporan Neraca Penggunaan Dana BOS BA-BUN 2020"