Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unduh Panduan Pengisian PDSS SNMPTN Tahun 2021 I PDF

Download Panduan Pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) SNMPTN di LTMPT Tahun 2021 I PDF

PDSS merupakan singkatan dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa. Bagi siswa SMA yang hendak mendaftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maka pengisian PDSS ini adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan setelah sebelumnya mendaftar ke Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) terlebih dahulu.

PDSS adalah sistem informasi yang berisikan data nilai rapor siswa dan siswi yang akan mendaftar Perguruan Tinggi Negeri melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Panduan pengisian PDSS SNMPTN di LTMPT tahun 2021 yang diisikan oleh pihak sekolah harus sesuai dengan periode yang sudah ditetapkan oleh LTMPT. Masa pengisian PDSS untuk SNMPTN 2021 di LTMPT adalah tanggal 11 Januari 2021 s/d 8 Februari 2021.

Ringkasan Panduan Pengisian PDSS SNMPTN Tahun 2021

Pendahuluan

Dokumen ini berisi panduan pengisian PDSS yang harus diisikan oleh pihak sekolah sesuai dengan periode yang sudah ditetapkan oleh LTMPT. PASTIKAN batas waktu pengisian PDSS agar sekolah dapat memanfaatkan dengan baik, waktu yang disediakan. HINDARI mengisi PDSS di hari-hari terakhir agar tidak kesulitan mengakses sistem.

Berikut adalah tahapan yang harus dilakukan untuk Pengisian PDSS:
1. Login pada https://pdss.ltmpt.ac.id menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal LTMPT.
2. Pastikan bahwa anda telah menyelesaikan tahapan Penetapan Siswa Eligible sebelumnya. Jika anda belum melakukannya, silakan menyelesaikannya terlebih dahulu dengan mengikuti panduan di https://www.ltmpt.ac.id/ atau dapat melalui tautan berikut https://www.ltmpt.ac.id/?mid=11.
3. Jika tahapan 2 sudah selesai dilakukan, selanjutnya adalah mengisikan jenis studi per Siswa per Jurusan.
4. Definiskan kurikulum setiap semester tingkat sejumlah dengan total semester yang harus ditempuh siswa dikurangi 1 semester yang sedang berjalan.
5. Definisikan mata pelajaran setiap semester tingkat.
6. Lakukan finalisasi data kurikulum. Perlu diingat bahwa setelah melakukan finalisasi, sekolah sudah tidak bisa lagi mengubah jenis studi siswa maupun kurikulum dan mata pelajar lagi. Mohon pastikan anda sudah benar dalam pengisian sebelum melakukan finalisasi.
7. Isikan nilai per siswa per semester tingkat dengan mata pelajaran yang telah didefinisikan sebelumnya. Anda bisa melakukan pengisian per siswa maupun secara bulk upload.
8. Lakukan finalisasi data nilai. Mohon pastikan anda sudah melakukan pengisian dengan benar sebelum melakukan finalisasi ini.

Jika pihak sekolah mengalami kesulitan dalam mengisi, silahkan untuk melaporkan permasalahan yang dihadapi melalui kanal bantuan yang telah disediakan oleh LTMPT.

Login Sekolah

Sekolah harus login terlebih dahulu sebelum mulai mengisi. Sekolah yang bisa login hanya sekolah yang sudah terdaftar di Portal LTMPT.

Berikut ini adalah langkah untuk melakukan login:

1. Buka url pada laman https://pdss.ltmpt.ac.id, secara otomatis akan membuka halaman Portal LTMPT untuk melakukan login.
Pada halaman ini, silakan login menggunakan akun LTMPT yang telah terdaftar. Apabila sudah masuk menggunakan pasangan username dan password yang benar, maka pengguna dapat mengakses halaman PDSS.
2. Jika anda berhasil login, maka halaman pertama yang muncul adalah halaman Profil Sekolah. Bagian ini sudah dijelaskan pada dokumen Panduan Penetapan Siswa Eligible bagi Sekolah Tahun 2021 pada tautan berikut https://www.ltmpt.ac.id/?mid=11.

Siswa

Pada menu Siswa akan berisi daftar siswa eligible per jurusan yang telah diisikan pada tahapan sebelumnya di Penetapan Siswa Eligible. Namun yang membedakan adalah, pada fase Pengisian ini anda sudah tidak bisa lagi mengubah rangking siswa dan anda hanya diminta untuk menentukan Jenis Studi per siswa per jurusan.

Kurikulum

Menu ini terletak pada sidebar sebelah kiri yang bertuliskan “Kurikulum”. Menu ini berfungsi untuk mendefinisikan kurikulum yang berlaku pada jurusan untuk setiap semester tingkat. Penjelasan mengenai pengisian kurikulum akan dibagi menjadi 2 yaitu bagaimana mendefiniskan kurikulum setiap semester setiap tingkat dan memilih mata pelajaran yang ada pada kurikulum tersebut.

Kurikulum per Semester

Setelah anda memilih menu kurikulum, halaman pertama yang akan muncul berguna untuk mendefinisikan kurikulum per Jurusan per Jenis Studi dalam setiap Semester Tingkat masa studi siswa anda.

Nilai

Menu ini digunakan untuk mengisikan nilai per Siswa untuk setiap tingkat dan setiap semester kecuali semester saat ini berjalan. Menu ini dapat diakses dari sidebar Siswa kemudian pilih tab “Nilai Siswa”.

Finalisasi

Halaman finalisasi digunakan sebagai pernyataan bahwa data yang anda isikan pada Kurikulum, Jenis Studi Siswa, maupun Nilai dan Staus Khusus Siswa adalah data yang benar dan anda setujui. Finalisasi dibagi menjadi dua menu pada tahapan pengisian PDSS ini, yaitu Finalisasi Data Kurikulum dan Finalisasi Data Nilai yang akan dijelaskan pada bagian berikutnya. Perlu diingat bahwa, anda tidak dapat merubah data lagi jika sudah melakukan finalisasi.

Finalisasi Data Kurikulum

Finalisasi Data Kurikulum digunakan setelah anda mengisikan dengan tuntas Jenis Studi Siswa anda dan Kurikulum yang berlaku setiap semester tingkat (di dalamnya termasuk menentukan Mata Pelajaran serta KKM dan Jam) dan sebelum anda mengisikan data Nilai. Hal yang difinalisasi adalah data kurikulum dan jenis studi siswa. Pastikan anda melakukan finalisasi Data Kurikulum hanya jika anda sudah yakin bahwa informasi yang disebutkan sebelumnya sudah tepat karena setelah anda melakukan finalisasi maka informasi pada Jenis Studi Siswa dan Kurikulum tidak dapat berubah lagi. Jika anda sudah yakin dan ingin melakukan finali sasi, bacalah Persetujuan yang ada pada kotak Finalisasi Data Kurikulum dengan cermat kemudian tandai checkbox persetujuan (warna merah pada gambar) kemudian pilih “Finalisasi”.

Finalisasi Data Nilai

Finalisasi Data Nilai merupakan tahapan akhir dari Pengisian PDSS dimana fitur ini digunakan setelah anda mengisikan dengan tuntas seluruh Data Nilai Siswa maupun Status Khusus Siswa jika ada. Hal yang difinalisasi adalah isian nilai per siswa dan status khusus siswa. Pastikan anda melakukan finalisasi Data Kurikulum hanya jika anda sudah yakin bahwa informasi yang disebutkan sebelumnya sudah tepat karena setelah anda melakukan finalisasi maka seluruh isian anda tidak dapat berubah lagi.
Jika anda sudah yakin dan ingin melakukan finalisasi, bacalah Persetujuan yang ada pada kotak Finalisasi Data Kurikulum dengan cermat kemudian tandai checkbox persetujuan (warna merah pada gambar) kemudian pilih “Finalisasi”. Setelah melakukan Finalisasi Data Siswa, data tanggal dan waktu anda melakukan finalisasi akan tercatat pada sistem dan menandakan bahwa tahapan Pengisian PDSS oleh sekolah telah selesai dilakukan.

Download Panduan Pengisian PDSS SNMPTN Tahun 2021

Panduan Pengisian PDSS SNMPTN Tahun 2021 ini bisa di-download melalui tautan yang disediakan di bawah ini.

Download Panduan Pengisian PDSS SNMPTN Tahun 2021 DI-SINI

Posting Komentar untuk "Unduh Panduan Pengisian PDSS SNMPTN Tahun 2021 I PDF"