Komisi X : Gaji Guru Honorer Bisa 3 Juta

| 27 April 2016

Berita Segar Bagi Para Guru Honorer

Semangat Pagi, Salam Informasi... 




Perbedaan kesejahteraan guru PNS dan guru honorer memang teramat timpang,layaknya bumi dan langit. Hal ini turut mengundang rasa keprihatinan Komisi X DPR RI. Itulah sebabnya, Komisi X tengah memperjuangkan agar gaji guru honorer bisa Rp 3 juta per bulan
"Kesejahteraan guru PNS dan honorer bagaikan langit dan bumi. Kami sudah membuat simulasi gaji guru honorer Rp 3 juta per bulan, dengan demikian dibutuhkan dana sekitar Rp 29 triliun untuk 860 ribu guru," ujar Utut Adianto, pimpinan Komisi X DPR RI dalam seminar nasional pendidikan, di Senayan, Selasa (26/4).
"Pada tanggal ‎10-12 Februari lalu belasan ribu guru honorer K2 melakukan aksi demo besar-besaran. Tujuannya apa, menuntut peningkatan kesejahteraan dan status dari honorer menjadi PNS. Komisi X memikirkan masalah ini," ungkapnya lagi.

Menurutnya, sebenarnya ada dana taktis dengan besaran Rp. 15 triliun yang dapat dialokasikan untuk penyelesaian masalah honorer K2. Tetapi tentu saja hal ini bakal kami bahas kembali dengan Pak Anies Baswedan selaku Mendikbud.

"Saya pribadi yakin, apabila semua pihak setuju menggunakan dana taktis tersebut, masalah guru honorer K2 bisa tuntas. Sekarang tinggal kemauan kita bersama saja," cetusnya.

Terkait dengan demo para guru honorer seperti kami sebutkan di atas, sebenarnya selama ini DAU pendidikan sebesar Rp. 142 triliun, yang Rp. 140 triliunnya habis hanya untuk menggaji guru PNS. Di lain pihak, para guru honorer tidak dimasukkan dalam alokasi dana pendidikan, sehingga sistem penggajiannya pun terkesan sesuka hati dan sukarela.

Doa kita bersama semoga nasib guru honorer ini semakin diperhatikan kesejahteraan hidupnya. Bagaimanapun, guru honorer adalah merupakan salah satu pilar dalam mencapai tujuan pendidikan nasional di Indonesia tercinta ini.
[Baca juga: Anies Baswedan : Gaji Guru Honorer Harus Lebih Layak]


InformasiGuru.Com Updated at: 04.07

0 comments:

Poskan Komentar

Kami berterima kasih atas partisipasi Anda dengan berkomentar. Namun demikian, komentar Anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Mohon maaf, menitipkan backlink yang tidak relevan dengan isi berita tidak akan kami tampilkan. Komentar yang menjurus SARA dan bersifat promosi juga tidak akan kami tampilkan. Salam sukses dan selamat berpartisipasi.