Panduan Praktis Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas (Disertai Contoh)

| 17 April 2016

Satu hal mendasar dalam penyusunan proposal penelitian tindakan kelas (PTK) adalah dengan mengetahui formatnya. Format berikut ini dianjurkan dipakai karena sesuai dengan arahan LPMP. Yang harus diingat, format proposal tidak seperti format penulisan skripsi yang anatominya terbagi atas bab. Format proposal menganut pemerincian seperti  yang akan dijelaskan di bawah ini.

A. Judul
B. Pendahuluan
  1. Latar Belakang Masalah
  2. Perumusan Masalah
  3. Tujuan Penelitian
  4. Manfaat Hasil Penelitian
C. Kajian Teori dan Hipotesis Tindakan
  1. Kerangka Teoretik
  2. Tindakan yang Akan Dilakukan
  3. Hipotesis Tindakan
D. Metode Penelitian
  1. Setting Penelitian 
  2. Prosedur Penelitian
  3. Teknik Pengumpulan Data
  4. Teknik Analisis Data
  5. Kriteria Keberhasilan Tindakan
Setelah format di atas terpenuhi, jangan lupa diberi daftar pustaka dan lampiran yang terdiri atas jadwal penelitian, anggaran penelitian, dan personil penelitian. 

Bagaimana, cukup mudah bukan? Untuk gambaran lebih utuh, tulisan berikut menjelaskan masing-masing item tersebut di atas.

A. Judul

Judul yang baik adalah judul yang:
  • Mencerminkan masalah
  • Mencerminkan upaya tindakan yang akan dilakukan
  • Dan yang pasti, judul mestilah singkat, jelas, dan mudah dipahami. 
B. Pendahuluan

1. Latar Belakang Masalah

Secara garis besar, latar belakang berisi uraian mengenai:
  • Kenyataan-kenyataan atau fakta-fakta yang berasal dari pengamatan guru. 
  • Alasan teoritis mengenai tindakan yang akan dipilih. 
  • Hasil penelitian terdahulu jika ada
  • Alasan pentingnya penelitian dilakukan
2. Perumusan Masalah

Perumusan masalah dinyatakan dalam bentuk kalimat tanya dan berisi kesenjangan antara situasi yang diharapkan dengan situasi yang ada dan rancangan tindakan pembelajaran yang mempunyai landasan konseptual. Tindakan pembelajaran dapat berupa metode pembelajaran. Contoh metode pembelajaran dapat dilihat di sini, di sini atau di sini.

3. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian hendaknya dinyatakan secara tegas, yaitu tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian tindakan kelas.

4. Manfaat Hasil Penelitian

Nyatakanlah manfaat penelitian terhadap pihak-pihak terkait, contoh: guru, peserta didik, dan pemangku hajat yang lain jika ada.

C. Kajian Teori dan Hipotesis Tindakan

1. Kerangka Teoritis

Bagian ini berisi konsep-konsep teoritis yang relevan dengan permasalahan penelitian tindakan kelas. Ia dapat diperoleh dengan mencari bahan referensi atau acuan berupa buku, jurnal penelitian, atau bahan acuan yang lain. Hendaknya bahan acuan bersifat relevan, lengkap, dan baru.

2. Tindakan yang Akan Dilakukan

Bagian ini berisi konsep tindakan yang akan dilakukan dan prosedur pelaksanaannya. Dengan kata lain, peneliti harus dapat menggambarkan tindakan apa yang dilakukan dan bagaimana tindakan tersebut akan dilaksanakan.

3. Hipotesis Tindakan

Hipotesis berarti dugaan ilmiah yang bersifat sementara. Hipotesis terdiri atas dua macam, yaitu hipotesis nol dan hipotesis alternatif. Hipotesis nol menyatakan tidak ada perbedaan. Hipotesis alternatif, sebaliknya, menyatakan ada perbedaan. Dalam konteks PTK, hipotesis diturunkan dari kerangka teoritis. Ia dapat dinyatkan dengan, misalnya, pernyataan jika-maka. Contoh:
  • Jika metode pembelajaran A diterapkan, maka partisipasi siswa di dalam kelas akan meningkat.
  • Jika metode pembelajaran B diterapkan, maka pemahaman siswa akan meningkat. 
  • dsb
D. Metode Penelitian

1. Setting Penelitian

Setting penelitian terutama mengenai latar belakang situasi yang melingkupi penelitian. Dengan kata lain, ia menjelaskan tentang waktu pelaksanaan dan lokasi pelaksanaan penelitian. Pada bagian ini juga dijelaskan mengenai subjek penelitian: siapa yang diteliti, jumlahnya berapa, dan ciri atau karakteristik yang diteliti.

2. Prosedur Penelitian

Prosedur penelitian berarti tahapan yang akan ditempuh dalam penelitian tindakan kelas. Ia terdiri atas: perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi.

3. Teknik Pengumpulan Data

Bagian ini menjelasakan mengenai bagaimana data dikumpulkan. Berdasarkan sumbernya, data dapat dibagi menjadi dua, yaitu data primer dan sekunder. Sumber data dalam PTK biasanya adalah data primer. Artinya, data diperoleh secara langsung oleh peneliti dari subjek penelitian. Ia dapat berupa pengamatan, wawancara, maupun angket (kuesioner).

4. Teknik Analisis Data

Bagian ini menjelaskan tentang bagaimana data dianalisis. Teknik analisis data dapat dibagi menjadi dua, yaitu teknik kualitatif dan kuantitatif. Teknik Kualitatif berarti data dianalisis dengan tidak melibatkan statistik dan angka. Teknik ini biasanya dilakukan dengan cara deskriptif. Artinya, analisis data dilakukan dengan kata-kata dalam rangka memperoleh kesimpulan.

Teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan statistik. Teknik ini mempersyaratkan peneliti untuk mempunyai pengetahuan tentang statistik. Secara garis besar, statistik terdiri atas statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif melibatkan analisis data yang sederhana seperti frekuensi, range, sebaran, dan ukuran tendensi pusat (rata-rata, deviasi standar, dsb). Sebaliknya, statistik inferensial melibatkan teknik-teknik, baik parametrik maupun nonparametrik dalam rangka memperoleh kesimpulan. Pada bagian lain, akan dijelaskan tentang penggunaan statistik dalam penelitian tindakan kelas.

5.Kriteria Keberhasilan Tindakan

Kriteria keberhasilan tindakan merupakan ukuran atau patokan keberhasilan dari tindakan yang akan dilakukan. Dengan demikian, peneliti menjelaskan parameter atau ukuran yang menjelaskan berhasil atau tidaknya tindakan yang akan diambil tersebut.

Demikian kiranya tulisan kami. Jika dirasa membaca tulisan ini terlalu panjang untuk dibaca melalui gadget atau layar monitor, kami menyediakan versi pdf-nya. Silahkan diunduh pada tautan di bawah ini

Download Panduan Praktis Menyusun Proposal PTK

Kami mohon koreksi jika terjadi kesalahan dalam penulisan ini. Salam sukses selalu.

Bahan Bacaaan: 

Kastam Syamsi dan Sukanti. Universitas Negeri Yogyakarta. 


InformasiGuru.Com Updated at: 10.50

0 comments:

Poskan Komentar

Kami berterima kasih atas partisipasi Anda dengan berkomentar. Namun demikian, komentar Anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Mohon maaf, menitipkan backlink yang tidak relevan dengan isi berita tidak akan kami tampilkan. Komentar yang menjurus SARA dan bersifat promosi juga tidak akan kami tampilkan. Salam sukses dan selamat berpartisipasi.