Begini Wujud Komitmen Pemerintah Terhadap Guru Honorer

| 23 April 2016

Wujud Komitmen Pemerintah Terhadap Guru Honorer
Rapat kerja yang digelar antara kemendikbud dengan Komisi X pada Kamis (21/04/2016) menghasilkan beberapa hal yang menarik untuk dicermati, salah satunya adalah pernyataan komitmen pemerintah terhadap nasib guru honorer.

Sebagaimana dinyatakan oleh Anies Baswedan, pertumbuhan jumlah guru honorer dibandingkan dengan guru PNS dan jumlah siswa haruslah menjadi perhatian serius untuk segera dicari solusinya. Menteri Anies mengatakan bahwa terhitung dari tahun 1999/2000 sampai dengan 2014/2015, guru berstatus PNS naik sebesar 23%, peserta didik tumbuh 17%. Hal yang paling mengejutkan adalah jumlah guru honorer yang naik luar biasa tinggi, yaitu 860 persen, dari 84 ribu menjadi 812 ribu selama kurun waktu tersebut.





Mengingat besarnya kontribusi guru honorer terhadap pendidikan di Indonesia, Mendikbud menegaskan bahwa pemerintah memandang sama guru PNS dan guru honorer. Sebagai bentuk penghargaan terhadap guru honorer, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berkomitmen untuk meningkatkan jumlah guru honorer yang akan menerima tunjangan guru non-PNS dan meningkatkan pelatihan untuk meningkkan mutu guru honorer.

Dalam raker tersebut, sejumlah anggota Komisi X juga mengusulkan tentang syarat jumlah jam mengajar yang 24 jam tersebut agar diperingan untuk tunjangan guru non-PNS.

(Sumber: Kemendikbud)


InformasiGuru.Com Updated at: 10.22

0 comments:

Poskan Komentar

Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Untuk Tetap Menjalin Silaturahmi