Kiat Sukses PLPG: Persiapan dan Tips

| 14 Mei 2016

Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru (Sergur) 2017 Jalur PLPG: Tips dan Kiat Sukses

Langkah-langkah apa saja yang harus dipersiapkan untuk PLPG 2017: Tips dan Kiat Sukses


Bagi Anda yang telah terdaftar sebagai peserta sertifikasi guru tahun 2017 ini dan secara administratif telah beres, maka ada beberapa hal yang mungkin perlu Anda ketahui supaya sukses mengikuti prosesnya. Namun kali ini, kami akan menguraikan langkah-langkah dan persiapan serta tips sukses mengikuti sergur melalui jalur PLPG. Sebagai referensi juga, Anda dapat membaca pedoman sertifikasi guru seperti yang telah kami tulis sebelumnya. 



Nah, langsung saja, beginilah bentuk persiapan mengikuti PLPG yang mungkin Anda perlu ketahui.

Persiapkanlah segala sesuatunya seperti pada saat Anda mengikuti workshop, pelatihan, atau sejenisnya. Bawalah peralatan dan bahan sebagai berikut: notebook atau laptop ( ingat, jangan bawa desktop ya karena jelas akan sangat ribet...hehehe). Jangan lupa persiapkan soft file penting seperti materi modul PLPG sesuai dengan bidang studi Anda dan berkas-berkas elektronik lainnya.

Jangan lupa pula untuk membawa alat tulis seperti buku, pensil, penghapus, kertas kosong ukuran kwarto atau folio, kertas kosong bergaris, dan peralatan tulis menulis lain yang difikir perlu.

Hal lain yang perlu Anda persiapkan adalah hal-hal yang melekat pada diri kita sebagai seorang guru seperti rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), silabus. dan hal lain yang dirasa perlu.

Nah ini juga penting, siapkanlah contoh penelitian tindakan kelas (PTK), karena dari pengalaman yang lalu, akan ada materi tentangnya dan ada tugas menulisnya juga lho.

Kami kira jika persiapan saja mungkin tidak cukup, berikut ini kami tambah tips lulusnya juga. Simak yang berikut ya!


Hal pertama adalah persiapan fisik maupun psikis. Jagalah kesehatan selalu. Berolahraga secara teratur, atur asupan supaya tubuh tetap bugar. Secara psikis, tenangkanlah pikiran Anda, mintalah doa restu pada orang tua jika masih ada, minta restu juga pada pasangan Anda. Bangkitkanlah energi positif supaya pasangan Anda selalu memberi support. Beri pengertian kepada putra-putri Anda jika Anda akan menjalani proses yang mengharuskan keterpisahan fisik selama beberapa minggu.





Hal selanjutnya adalah mengenai ketertiban dan keteraturan pada saat Anda menjalani PLPG. Ikutilah semua aktivitas sesuai jadwal dan jangan sampai terlewat dalam mengerjakan tugas ya. Selesaikanlah tugas sesuai dengan kemampuan Anda semaksimal mungkin (jangan paksa terlalu dalam ya, ingat selalu kesehatan, istirahatlah yang cukup).

Nantinya, PLPG ada session praktiknya. Usahakan untuk mengikuti praktik dengan sebaik mungkin.
Jadilah aktif di dalam kelas! Mungkin hal ini akan sedikit menjadi kendala bagi Anda yang berkarakter pendiam dan cenderung pasif. Paksa diri Anda untuk menjadi lebih "agresif" namun sesuai koridor. Aktif bertanya dan menjawab tentu saja akan menambah nilai plus dan kesan yang positif pada diri Anda.

Hal selanjutnya adalah masalah berhubungan dengan rekan Anda sesama peserta PLPG. Menyatulah dengan mereka. Temukan chemistry dan sebisa mungkin hindarilah konflik personal dengan mereka. Buat diri Anda senyaman mungkin. Bahkan dari beberapa pengalaman, ada dari peserta yang bahkan menganggap rekan mereka dari luar kota sebagai "saudara baru." Dan wajib diingat juga, ada juga nanti evaluasi dari rekan Anda juga lho!

Jauhkanlah sikap dan sifat inferior. Janganlah berendah diri. Asumsikan saja bahwa potensi mereka sama saja dengan Anda. Ini kami kira penting untuk menumbuhkan self-confidence atau rasa percaya diri Anda.

Berilah impresi atau kesan yang baik dan positif kepada instruktur. Jangan menjadi terlalu frontal dan jangan pula "mengkultuskan" instruktur. Ingat, mereka masih tetap manusia. Masih makan nasi juga....hehehe. Perlu diingat juga bahwa mereka adalah pembimbing kita bukan penghakim.

Demikian tulisan mengenai langkah-langkah persiapan PLPG dan kiat suksesnya. Jika ingin menambahkan, silahkan isi di bagian komentar. Terima kasih dan salam sukses selalu untuk Anda.


InformasiGuru.Com Updated at: 09.51

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Untuk Tetap Menjalin Silaturahmi