Info DAPODIK 2016

| 03 Juni 2016

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TENTANG DAPODIK

Info Dapodik Terbaru 2016,Info Dapodik Kemdikbud 2016, Dapodik Terkini

Dengan pertimbangan:

-) Bahwa dalam rangka menyelenggarakan dan mengelola sistem pendidikan nasional, Kemdikbud perlu mengembangkan dan melaksanakan sistem informasi pendidikan nasional yang memuat basis data pendidikan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi;
-) Bahwa untuk mewujudkan basis data pendidikan yang saling berhubungan sehingga mampu menghasilkan data untuk tiap entitas pendidikan (Entitas Data adalah objek data pendidikan yang meliputi satuan pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik dan substansi pendidikan), serta menampung dan menyatukan semua data yang dihasilkan dari kegiatan pengumpulan data, perlu menetapkan data pokok pendidikan;

-) Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada poin di atas, maka perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang DAPODIK.
Yang dimaksud dengan data adalah berbagai kumpulan info dan fakta yang berhubungan dengan pendidikan dan dimanfaatkan untuk kebutuhan manajemen pembangunan pendidikan.


Sedangkan info Dapodik Kemdikbud adalah suatu sistem pendataan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang datanya bersumber dari satuan pendidikan yang terus menerus diperbaharui secara online.

Sedikitnya ada 2 tujuan utama DAPODIK, yaitu;

- Mewujudkan basis data tunggal sehingga dapat tercipta tata kelola data pendidikan yang terpadu dan menghasilkan data yang representatif untuk memenuhi kebutuhan Kementerian dan pemangku kepentingan lainnya.

- Mendukung peningkatan efisiensi, efektif, dan sinergi kegiatan pengumpulan data pokok yang terintegrasi dalam satu sistem pendataan untuk digunakan oleh Kementerian dan seluruh pemangku kepentingan.

Guna menjamin tersedianya data dan statistik pendidikan yang lengkap, valid, mutakhir, dan akurat, Kementerian melaksanakan kegiatan pendataan melalui Dapodik ini. Pendataan sebagaimana dimaksud di atas meliputi pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data.

Nah, untuk pengumpulan data Info Dapodik terbaru (terkini) 2016 dilaksanakan oleh:

a. Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat; dan

b. Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

* Sumber: Permendikbud-Dapodik


InformasiGuru.Com Updated at: 05.49

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Untuk Tetap Menjalin Silaturahmi