Info Dapodik Versi 4.1.0 dan Tipsnya

| 04 Juni 2016

INFO TERBARU DAPODIK VERSI 4.1.0


Mengenai info Dapodik versi 4.1.0 ini memang sudah menjadi topik pembicaraan yang hangat bagi para operator sekolah. Seperti yang sudah menjadi rahasia umum, versi ini juga masih memberikan permasalahan-permasalahan yang menyertainya. Memang versi ini masih jauh dari kata sempurna, namun telah cukup membantu para operator sekolah khususnya dalam mengoperasikannya walau masih terdapat banyak error di aplikasi versi 4.1.0 ini. Hal yang lumrah menurut saya, namun begitu kita harus tetap tenang dan percaya bahwa pengembangan dan perbaikan akan selalu dilakukan oleh pihak yang terkait demi penyempurnaan aplikasi Dapodik ini. Tiada sesuatu yang bersifat sempurna, karena kesempurnaan hanyalah mutlak milik Allah SWT saja.

Tidak perlu kiranya kita merasa bimbang gundah gulana dengan banyaknya error pada aplikasi versi ini karena pasti ada tips pengisian Dapodik yang mungkin akan sangat membantu Anda para operator sekolah yang menangani Dapodik ini.

Bahwa untuk pedoman pengisian teknis bagi para operator dapodikdas dan dapodikmen pada aplikasi dapodik versi 4.1.0 ini telah terdapat 3 hal yang melekat pada aplikasi instalasi dapodik itu sendiri, yakni:




  1. Petunjuk Manual Aplikasi
  2. Help Menu
  3. FAQ
* Jangan pernah malas dalam membaca dan memahami petunjuk manual dalam aplikasi dapodik ini, silahkan Anda baca secara seksama dan detil bagaimana cara pengoperasian aplikasi ini agar Anda benar-benar tahu hal-hal apa saja yang telah berganti dan tahu cara teknis pengoperasiannya.

* Yang dimasukkan secara rinci pada status satminkal induk hanyalah isian PTK, dan bagi data yang non induk dikunci.

* Anda harus pastikan dan sebisa mungkin hanya menggunakan 1 (satu) email saja. Mengenai password, itu bersifat bebas dan tidak diwajibkan sama persis dengan password email itu sendiri, yang penting unik dan gampang diingat.

Bagi Anda yang telah mengangsur tugas dan tidak terdapat data yang invalid, segerakan saja lakukan sinkronisasi. Data dapodik yang sudah Anda buat itu bisa selesai dalam hitungan hari saja. Terlebih dengan didukung fitur atau tampilan yang sangat friendly dan mudah dipahami sehingga akan semakin mempercepat proses pengisian data.







Sebisa mungkin segerakan juga untuk meng-update aplikasi Dapodik ke versi 4.1.1 karena di versi ini telah dilakukan berbagai penyempurnaan bug atau error demi kelancaran pengisian data dapodik Anda. Perbaikan dan penyempurnaan itu antara lain:

- Bisa untuk menyimpan password PTK
- Memungkinkan untuk mengatur tema warna
- Bisa untuk meyimpan sarana
- Dan yang terpenting, 1 perangkat komputer sangat dimungkinkan untuk dipergunakan oleh lebih dari 1 sekolah

Sekiranya itu informasi pendidikan seputar aplikasi dapodikdas dan dapodikmen yang dapat kami uraikan untuk Anda. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan mampu menjadi pengetahuan tambahan dalam rangka memperlancar pengisian data dapodik bagi para operator sekolah.


InformasiGuru.Com Updated at: 11.40

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Untuk Tetap Menjalin Silaturahmi