Sebanyak 1.000 Pelajar Eropa Akan Belajar Masak Kuliner Indonesia

| 24 September 2016

1.000 Pelajar Eropa Akan Belajar Masak Kuliner Indonesia


1.000 Pelajar Eropa Akan Belajar Masak Kuliner Indonesia
Image by: Pixabay

Akan ada hal menarik yang terjadi pada bulan Oktober 20116 pada ajang pameran buku terbesar di dunia yakni Frankurt Book Fair (FBF) 2016 dimana akan diagendakan acara belajar memasak yang akan diikuti oleh 1.000 pelajar Eropa. Tidak main-main, adalah masakan khas kuliner Indonesia yang akan mereka pelajari cara memasaknya.

Minimal ada 2 koki ternama asal Indonesia yang akan terlibat dalam acara ini dan bekerjasama dengan sekolah kejuruan memasak di Jerman, yakni Sisca Soewitomo dan William Wongso.

Seperti dinukil dari laman resmi Kemdikbud dan disebarkan oleh www.informasiguru.com, kegiatan ini selaras dengan kesepakatan kerja sama antara Indonesia dan Jerman di bidang pendidikan vokasi.

Bulan April 2016 lalu, Presiden Jokowi berkunjung secara resmi kenegaraan ke Jerman, dan sepakat kerja bareng di bidang pendidikan vokasi dengan Kanselir Angela Merkel. Follow Up dari kesepakatan itu salah satunya diwujudkan dengan melakukan diplomasi budaya melalui kuliner khas Indonesia.

Pada tahun yang lalu, sebagai Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair 2015, Indonesia memiliki program Spice It Up (bumbui) sebagai bentuk diplomasi budaya melalui kuliner. dan pada tahun ini Indonesia mengulang kembali dengan melakukan diplomasi budaya kulinernya di Frankfurt, pada tanggal 18-23 Oktober dalam Frankfurt Book Fair 2016.

Lewat kegiatan Food Explorer yang merupakan bagian dari Classroom of the Future, beberapa koki asal Indonesia dan siswa sekolah kejuruan memasak di Jerman (vocational cooking school) akan memasak bersama sekitar 1.000 pelajar berusia 12-18 tahun dari sekolah-sekolah di Jerman, Austria, Italia dan Negara Eropa lainnya.


Ke- 1.000 pelajar Eropa tersebut bakal mengasah indera ‘look, touch, feel, hear, taste’ mereka dengan memasak berbagai masakan kuliner khas Indonesia seperti bakso, rendang daging sapi, kue lumpur, mie goreng, sampai membuat minuman kunyit asam dan bir pletok (minuman non-alkohol khas asal Betawi).


InformasiGuru.Com Updated at: 05.30

1 comments:

  1. Manteb nih usaha yg ditempuh pemerintah utk menegenalkan Indonesia

    BalasHapus

Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Untuk Tetap Menjalin Silaturahmi