Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Distribusi KIP di Belitung Sudah 91 Persen

Distribusi KIP di Belitung Capai 91 Persen


Distribusi KIP di Belitung Capai 91 Persen
Image by: Kemdikbud

Dirjen PAUD dan Dikmas, Harris Iskandar, pada tanggal 22/9/2016 resmi memberikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 31 murid di SDN 19 Tanjung Pandan, Belitung. Harris menuturkan, distribusi KIP di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, telah mencapai 91 persen lebih.

“Menurut data online, dari 7.882 penerima KIP di Belitung, sebanyak 91.6 persen sudah menerima KIP,” terang Harris ketika bertandang ke SDN 19 Tanjung Pandan, Kamis (22/9/2016). Harris berujar, jumlah itu jauh melampaui capaian distribusi KIP secara nasional mengingat berbagai kendala yang terjadi di lapangan terkait pendistribusian kartu KIP oleh pihak jasa titipan pengiriman (distributor/ penyalur).

Ia menjelaskan, kehadirannya ini semata ingin memastikan bahwa distribusi  KIP telah berjalan dengan baik atau belum. Karena Presiden Jokowi telah mengamanatkan, bahwa tidak ada lagi alasan bagi anak miskin tidak bisa bersekolah. Program Indonesia Pintar (PIP) menjadi salah satu sinyal bahwa pemerintah sangat care terhadap keberlangsungan pendidikan.

Distribusi KIP juga perwujudan nyata dari pemerintah dalam upayanya merealisasikan Nawa Cita, di mana salah satu poinnya ialah untuk meningkatkan level dan kualitas pendidikan dan pelatihan bagi rakyat Indonesia. PIP adalah program yang memiliki mekanisme berbeda dengan Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Dahulu, pada program BSM, data para penerima BSM berada di Kemendikbud, sedangkan sekarang data para penerima KIP terpusat di Badan Pusat Statistik (BPS) agar pendaftaran KIP menggunakan data yang terpadu dan valid sesuai permintaan dari Presiden Jokowi karena hal ini merupakan salah satu fokus penting pemerintah saat ini.


Pada tahun ini terbilang ada 17,9 juta kartu telah dicetak dan sebagian besar telah didistribusikan. Akan tetapi kendala yang sering terjadi ialah para penerima KIP masih ada yang belum tahu apa yang harus dilakukan dengan kartu KIP itu. Oleh sebab itu, setelah penerimaan kartu KIP ini, Harris juga ikut menyaksikan sosialisasi tentang proses pencairan dana bantuan dari KIP di mobil layanan keliling Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai pihak yang ditunjuk sebagai bank penyalur pembayarannya.

Posting Komentar untuk "Distribusi KIP di Belitung Sudah 91 Persen"