Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 (Tiga) Fokus Mendikbud Guna Bantu Siswa Unggul




3 Prioritas Mendikbud Guna Bantu Siswa Unggul


3 Prioritas Mendikbud Guna Bantu Siswa Unggul



Demi memenuhi tuntutan kemajuan zaman, Mendikbud Muhadjir Effendy menetapkan tiga fokus sebagai prioritas guna membantu siswa unggul di zamannya , yakni percepatan penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP), Pengembangan Pendidikan Vokasi, dan Realisasi Pendidikan Karakter.

“Pada fokus percepatan KIP ini perlu dilakukan dengan segera sebagai upaya untuk menghindari terjadinya generasi putus sekolah," dijelaskan oleh Mendikbud saat kunjungan kerja ke Bengkulu, Selasa (06/09/2016).




Sebagaimana yang telah dipaparkan oleh Mendikbud bahwa percepatan penyaluran KIP ini adalah sebagai bentuk membantu pendidikan bagi anak tidak mampu usia 6 sampai dengan 21 tahun. “Termasuk didalamnya untuk menjaring anak-anak kita yang sudah tidak sekolah dapat kembali ke sekolah. Ini menjadi kewajiban pemerintah menyediakan akses pendidikan bagi anak-anak yang putus sekolah. Dengan begitu kita dapat membantu mereka menjadi anak yang unggul,” kata Mendikbud di depan para guru, kepala sekolah, orangtua, dan para pengajar di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Bengkulu.

Selain penyediaan akses pendidikan, pemerintah juga harus bisa melihat kebutuhan zaman melalui pendidikan. Untuk menjawab kebutuhan zaman khususnya mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) dalam memasuki dunia kerja, Kemendikbud akan lakukan pengembangan terhadap pendidikan vokasi. “Kita akan tekankan pendidikan vokasi untuk menyiapkan tenaga kerja di usia produktif. Karena ketika Indonesia mencapai usia 100 tahun yakni di tahun 2045, anak Indonesia bisa menjadi generasi berdaya saing,” papar Mendikbud.

Dalam mempersiapkan generasi muda yang unggul dan berdaya saing, Mendikbud mengatakan perlu diterapkan pendidikan karakter. Penekanan pendidikan karakter akan dilakukan pada jenjang pendidikan dasar yakni Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). “sebanyak 70 persen pendidikan karakter untuk jenjang SD, dan 60 persen untuk jenjang SMP,” jelas Mendikbud.

Implementasi pendidikan karakter, menurut Menteri Muhadjir, harus mengedepankan potensi lokal. Dia mencontohkan, di Provinsi Bengkulu, banyak museum yang bisa menumbuhkan karakter nasionalisme cinta tanah air. “Membangun nasionalisme cinta tanah air di Bengkulu sudah banyak dilakukan seperti mengunjungi museum tempat tinggal Proklamator, itu sudah lebih dari cukup untuk menjadi narasumber bagi siswa. Jadi guru bisa jelaskan kepada siswa siapa Bapak Proklamator kita, dan membangkitkan rasa cinta tanah air dengan mengunjungi museum itu,” tutup Mendikbud.




Posting Komentar untuk "3 (Tiga) Fokus Mendikbud Guna Bantu Siswa Unggul"