Pengumuman Terbaru Hasil Sertifikasi Guru Tahun 2016

Diposting Oleh | 29 Desember 2016

www.informasiguru.com / Pengumuman Terbaru Hasil Sertifikasi Guru Tahun 2016 / Pengumuman dan Hasil PLPG 2016 Terbaru

Pengumuman dan Hasil PLPG 2016 Terbaru

Pengumuman dan Hasil PLPG 2016 Terbaru



Semangat Pagi, Salam Informasi....

Seperti yang sudah kita ketahui, Pendidikan dan Latihan Profesi Guru atau biasa disingkat dengan PLPG adalah merupakan salah satu jenis persyaratan dalam mengikuti sertifikasi profesi guru selain jalur yang lainnya seperti: Pemberian Sertifikat Pendidik Secara Langsung [PSPL], Portofolio [PF], Pendidikan Profesi Guru [PPG].
Dalam alur sertifikasi guru dalam jabatan, PLPG ini merupakan pola sertifikasi guru yang berbentuk pelatihan dan diselenggarakan oleh Rayon LPTK guna memastikan dan memfasilitasi terpenuhinya standar kompetensi guru peserta sertifikasi tersebut.

Model pembelajaran dalam PLPG ini menerapkan metode dan pendekatan pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan) dan sangat meminimalisasi model ceramah. Sedangkan beban belajar dalam PLPG ini ialah sembilan puluh (90) jam pembelajaran dengan lama waktu 10 (sepuluh hari) dan dengan model workshop atau perkuliahan. Nah, pada akhir masa PLPG nantinya akan dilaksanakan uji kompetensi. Sertifikasi guru pola PLPG ini dilakukan oleh Perguruan Tinggi yang berfungsi sebagai LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan).

Berdasarkan Kepmenristekdikti Nomor 296/M/KPT/2016 tentang Penetapan Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan Melalui Program Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), ada tiga kategori perguruan tinggi dalam penyelenggaraan PLPG, yaitu rayon, subrayon, dan mitra. Disebutkan bahwa ada 15 Perguruan Tinggi yang berfungsi sebagai LPTK.
Lima belas (15) perguruan tinggi yang berperan sebagai LPTK yang menjadi rayon adalah:

Universitas Syiah Kuala,
Universitas Negeri Medan,
Universitas Negeri Padang,
Universitas Negeri Jakarta,
Universitas Pendidikan Indonesia,
Universitas Negeri Yogyakarta,
Universitas Negeri Semarang,
Universitas Sebelas Maret,
Universitas Negeri Surabaya,
Universitas Negeri Malang,
Universitas Jember,
Universitas Pendidikan Ganesha,
Universitas Cendrawasih,
Universitas Muhammadiyah Malang,
dan Universitas Negeri Makasar.

Dalam penyelenggaraan PLPG tahun 2016, setiap perguruan tinggi yang menjadi rayon itu akan bekerja sama dengan perguruan tinggi subrayon dan perguruan tinggi mitra yang juga telah ditetapkan dalam Kepmenristekdikti.

Berikut ini akan kami nukilkan Pengumuman Hasil Sertifikasi Guru Tahun 2016 terbaru tertanggal 28-12-2016 PSG di Rayon 101 Universitas Syiah Kuala, Aceh.
Pengumuman dan Hasil PLPG 2016 Terbaru

Demikian kiranya informasi tentang pengumuman dan hasil PLPG tahun 2016 terbaru yang bisa kami sajikan untuk Anda. Semoga informasi lainnya terkait PLPG ter-update bisa kami hadirkan untuk Anda semua pada kesempatan berikutnya. Akhir kata, salam sukses selalu!

Kami sangat berterima kasih jika Anda berkenan membagikan postingan ini di sebelah kiri halaman ini.

(Redaksi)


InformasiGuru.Com Updated at: 15.14

0 comments:

Poskan Komentar

Kami berterima kasih atas partisipasi Anda dengan berkomentar. Namun demikian, komentar Anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Mohon maaf, menitipkan backlink yang tidak relevan dengan isi berita tidak akan kami tampilkan. Komentar yang menjurus SARA dan bersifat promosi juga tidak akan kami tampilkan. Salam sukses dan selamat berpartisipasi.