Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus PA Kristen SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016

Download Silabus PA Kristen SMP-Kurikulum 2013 Revisi 2016 pdf docx I Silabus PA Kristen SMP Edisi Revisi 2016 K13 I

Pada hakikatnya pengembangan Kurikulum 2013 adalah upaya yang dilakukan melalui salah satu elemen pendidikan, yaitu kurikulum untuk memperbaiki kualitas hidup dan kondisi sosial bangsa Indonesia secara lebih luas. Jadi, pengembangan kurikulum 2013 tidak hanya berkaitan dengan persoalan kualitas pendidikan saja, melainkan kualitas kehidupan bangsa Indonesia secara umum.




Di bidang Pendidikan Agama Kristen (PAK), perubahan ini sejalan dengan arah perubahan PAK yang bersifat dogmatis indoktrinatif menjadi PAK yang membebaskan peserta didik untuk mengembangkan kreativitas berpikir, kemerdekaan dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan isi ajaran iman kristiani.Dengan demikian, mengasah kecerdasan peserta didik, antara lain dalam memperteguh iman kepada Tuhan Allah, mempunyai kedamaian batin, memiliki budi pekerti luhur, menghormati serta menghargai semua manusia dengan segala persamaan dan perbedaannya termasuk sikap setuju untuk tidak setuju.

Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.

DAFTAR  ISI

I.PENDAHULUAN
A.Rasional
B.Kompetensi Pendidikan Agama Kristen  dan Budi Pekerti di Pendidikan Dasar dan Menengah
C.Kompetensi Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama
D.Kerangka Pengembangan Kurikulum
E.Pembelajaran dan Penilaian
F.Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan Kondisi Lingkungan dan Peserta Didik
II.KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.Kelas VII
B.Kelas VIII
C.Kelas IX

Berikut adalah link download-nya:



Jika Anda merasa tulisan ini berguna, silahkan like dan sebarkan. Terima kasih dan salam sukses selalu!

Baca Juga:



    (Redaksi)

    Posting Komentar untuk "Silabus PA Kristen SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016"