Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus Bahasa Inggris SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016

Download Silabus Bahasa Inggris SMP-MTs-SMK-Kurikulum 2013 Revisi 2016 pdf docx I Silabus Bahasa Inggris SMP Edisi Revisi 2016 K13 I


Pengajaran bahasa, termasuk pengajaran bahasa Inggris seyogyanya berfokus pada peningkatan kompetensi peserta didik untuk mampu menggunakan bahasa tersebut dalam mencapai tujuan komunikasi di berbagai konteks, baik lisan maupun tulis. Salah satu pendekatan yang berfokus pada peningkatan kompetensi peserta didik untuk menggunakan bahasa yang dipelajarinya dalam berbagai tujuan komunikasi adalah pengajaran berbasis teks.




Pembelajaran ini adalah pembelajaran yang mengacu pada fungsi bahasa dan penggunaannya, yang merupakan satu kesatuan makna baik lisan maupun tulis. Adapun yang dimaksud dengan teks adalah kesatuan makna yang dapat terdiri atas satu kata seperti kata ‘stop’ di pinggir jalan, satu frase ‘no smoking’, satu kalimat berupa pengumuman sampai satu buku. Dengan demikian, pembelajaran berbasis genre sangat relevan untuk diterapkan.
Dengan didasarkan pada pengajaran berbasis teks, silabus ini menekankan pada peningkatan kemampuan peserta didik untuk menggunakan bahasa Inggris dalam berbagai jenis teks. Teks dipelajari bukan sebagai sasaran akhir, tetapi sebagai alat untuk melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan nyata. Pada tingkat dasar ini, materi ajar terdiri atas teks-teks pendek dan sederhana.

DAFTAR ISI

I. PENDAHULUAN
A. Rasional
B. Kompetensi Setelah Mempelajari Bahasa Inggris di Pendidikan Menengah
C. Kompetensi Setelah Mempelajari Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
D. Kerangka Pengembangan Kurikulum Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
E. Pembelajaran dan Penilaian
F. Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan Kondisi Lingkungan dan Peserta Didik

II. KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Kelas VII
B. Kelas VIII
C. Kelas IX

Berikut adalah link download-nya:



Jika Anda merasa tulisan ini berguna, silahkan like dan sebarkan. Terima kasih dan salam sukses selalu!

Baca Juga:


(Redaksi)

Posting Komentar untuk "Silabus Bahasa Inggris SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016"