Silabus PAI SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016

| 05 Maret 2017

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti merupakan pendidikan yang secara mendasar menumbuhkembangkan akhlak peserta didik melalui pembiasaan dan pengamalan ajaran Islam secara menyeluruh (kaffah). Oleh karena itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai suatu mata pelajaran diberikan pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK, baik yang bersifat kokurikuler maupun ekstrakurikuler.

Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to  learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.

DAFTAR ISI

I. PENDAHULUAN
A.Rasional
B.Kompetensi Setelah Mempelajari Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Pendidikan Dasar dan Menengah C.Kompetensi Setelah Mempelajari Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di  Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
D.Kerangka Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah
E.Pembelajaran dan Penilaian
F.Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan Kondisi Lingkungan dan Peserta Didik
II. KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.Kelas VII
B.Kelas VIII
C.Kelas IX 

Berikut adalah link download-nya:
Silabus PAI SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016

Jika Anda merasa tulisan ini berguna, silahkan like dan sebarkan. Terima kasih dan salam sukses selalu!
Baca Juga:


(Redaksi)


InformasiGuru.Com Updated at: 05.20

0 comments:

Poskan Komentar