RPP Prakarya dan Kewirausahaan (Kerajinan) SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013

| 17 Mei 2017

Pada kesempatan kali ini, kami menyajikan untuk Anda tautan download RPP Prakarya dan Kewirausahaan (Kerajinan) jenjang SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013. Di bawah ini segera kami sediakan link download yang bisa secara mudah Anda unduh, silahkan disimak....



Baca Juga:

Seperti tulisan yang telah lalu, kami juga menukilkan isi dari RPP Prakarya dan Kewirausahaan (Kerajinan) SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013 tersebut di bawah ini:


Lampiran: Contoh RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN (KERAJINAN)

KELAS/SEMESTER : X/SATU

PEMINATAN : WAJIB B

MATERI POKOK : PRODUK DAN PENGEMASAN KARYA KERAJINAN TEKSTIL

ALOKASI WAKTU : 4 X 2 JP

KOMPETENSI INTI




1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR

1.1. Menghayati keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman produk kerajinan di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan

2.1. Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk kerajinan dan kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya

2.2. Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan karya kerajinan di wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha

2.3. Menghayati sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan membuat karya kerajinan di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha

3.1 Mengidentifikasi desain produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.

Indikator :

 Menjelaskan konsep desain produk dalam kerajinan tekstil dengan berbagai teknik konstruksi (jahit, jahit aplikasi, , makrame, tenun, rajut, tapestry, dll)

 Menjelaskan aneka karya kerajinan tekstil

 Menjelaskan fungsi karya kerajinan tekstil tekstil

 Membedakan unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan tekstil.

 Menjelaskan motif ragam hias pada kerajinan tekstil

 Menjelaskan teknik pembuatan benda kerajinan tekstil : jahit, jahit aplikasi, sulam, ikat celup, batik, makrame, tenun, rajut, tapestry, dll)

4.1. Mendesain produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya

Indikator :

 Menjelaskan cara pengemasan karya kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis, disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia

 Membuat desain dan pengemasan produk tekstil

 Melaporkan secara lisan atau tulisan mengenai karya kerajinan tekstil.

TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:

 Mencari informasi produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil

 Melihat video atau gambar beberapa desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil

 Menyimak contoh beberapa desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil

 Berdiskusi secara kelompok cara desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis, disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia

 Berdiskusi kelas cara desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis, disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia

Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan siswa dapat:

 Menggunakan perangkat lunak grafis, disesuaikan dengan fasilitas / keadaan setempat untuk desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil

 Praktik individu penggunaan lunak grafis untuk desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil

 Praktik kelompok menggunakan perangkat lunak grafis untuk desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil

 Menyajikan produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil

 Membuat produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil

 Membuat laporan tertulis

 Mempresentasikan hasil praktik

MATERI PEMBELAJARAN

Fakta

 Produksi kerajinan tekstil yang berkembang saat ini.

 Pengemasan hasil produksi tekstil di daerah saat ini.

Konsep

 Desain produksi kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis (komputer), disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia

 Desain pengemasan kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis (komputer), disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia

Prinsip

 Menentukan desain produksi dan pengemasan kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis, disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia

 Penggunaan perangkat lunak grafis, untuk desain dan pengemasan kerajinan tekstil, disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia

Prosedural

 Langkah kerja desain dan pengemasan kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis, disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia

 Percobaan membuat desain dan pengemasan kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis, disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia

METODE PEMBELAJARAN

 Demonstrasi dan Eksperimen

 Dikusi kelompok

 Presentasi

 Penugasan

ALAT/MEDIA/BAHAN

 Alat : Seperangkat komputer, Jaringan Komputer,contoh contoh gambar hasil produksi gambar

 Bahan ajar : Buku Corel Draw dan Photoshop,buku keterampilan menyulam, buku merajut untuk pemula, (disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan)

LANGKAH KEGIATAN/SKENARIO PEMBELAJARAN

Setelah menjelaskan semua indikator dan tujuan pembelajaran dan hasil akhir dari pembelajaran ini, siswa mengikuti mencari informasi produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil, melihat video atau gambar beberapa desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil, menyimak contoh beberapa desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia, berdiskusi secara kelompok cara desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia, berdiskusi kelas cara desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis, menggunakan perangkat lunak grafis untuk desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil.

Melalui praktik siswa dapat menggunakan perangkat lunak grafis untuk desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil, praktik kelompok lunak grafis untuk desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil, menyajikan produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil, membuat produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil, membuat laporan tertulis, mempresentasikan hasil praktik dan bekerja dengan teliti, jujur, dan penuh tanggung jawab.

Selama proses pembelajaran dilakuan penilaian proses pada aktivitas di kelas dan hasil tugas mandiri.

Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan untuk mendapatkan file yang lengkap dan utuh.

Kami cukupkan sampai di sini tulisan kami yang berjudul:

RPP Prakarya dan Kewirausahaan (Kerajinan) SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013

Semoga sebaran materi terkait administrasi guru ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!


InformasiGuru.Com Updated at: 05.24

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Untuk Tetap Menjalin Silaturahmi