Soal-Jawab UTS/PTS 2 PKWU SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13

| 23 Februari 2018

Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013

Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013







Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013 ini diunggah dengan harapan bahwa ia dapat menjadi semacam sarana belajar bagi para siswa atau peserta didik SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI yang hendak menempuh ulangan/penilaian tengah semester 2/II untuk mapel Prakarya dan Kewirausahaan .

Pendekatan kurikulum yang dipakai dalam pembuatan soal beserta jawabannya adalah Kurikulum 2013 dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang mengacu pada revisi 2017 terbaru. Literatur atau rujukan yang dipakai adalah Buku Siswa Mapel Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Semester 2/II Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Untuk memudahkan para peserta didik dalam mendayagunakan contoh soal latihan siap UTS/PTS Semester II Mapel Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) ini maka ia dilengkapi pula dengan kunci jawaban.

Berikut adalah tautan Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013:




Berikut adalah kutipan dari Soal-Jawab UTS/PTS 2 PKWU SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13 tersebut:



10. Berikut yang merupakan kegiatan promosi dalam memasarkan produk yang berasal dari limbah berbentuk bangun ruang adalah
A. Memproduksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang
B. Memasang iklan di radio
C. Mendistribusikan barang dari tempat produksi ke agen besar
D. Mendistribusikan bagan dari tempat produksi ke konsumen akhir

11. Berikut merupakan macam-macam energi, kecuali
A. Energi termal
B. Energi kausal
C. Energi kimia
D. Energi listrik

12. Berikut yang bukan merupakan langkah dalam pengendalian kualitas
A. Menentukan standar kualitas produk
B. Mendistribusikan produk pada saluran yang efisien
C. Menilai kesesuaian produk dengan standar
D. Melakukan tindakan korektif

13. Konversi energi angin menjadi energi listrik salah satunya adalah dengan menggunakan kincir angin. Ekor yang dipasang pada kincir angin digunakan untuk
A. Membantu kincir angin mengarah pada arah angin dari berbagai arah
B. Membantu kincir angin mendistribusikan putaran angin ke generator
C. Sebagai alat penggerak kincir angin
D. Membantu kekuatan konstruksi kincir angin

14. Istilah lain dari pembangkit tenaga listrik adalah
A. Photovoltaic
B. Photogenic
C. Photoshop
D. Photo solar

15. Berikut yang bukan merupakan manfaat dari produk bidang konversi energi
A. Membantu meningkatkan kemandirian dari kebergantungan terhadap energy fosil
B. Meningkatkan lapangan pekerjaan
C. Menambah devisa negara
D. Mempunyai potensi untuk mengurangi emisi CO2

16. Yang dimaksud dengan proses pirolisis adalah
A. Proses pembakaran tanpa oksigen atau karbonasi untuk memperoleh karbon atau arang
B. Proses pembakaran tanpa oksigen atau karbonasi untuk memperoleh energy listrik
C. Proses pembakaran dengan oksigen untuk memperoleh karbon atau arang
D. Proses konversi energi dari energy panas ke energy mekanik

17. Berikut yang bukan merupakan bahan yang dapat digunakan untuk membuat arang briket adalah
A. Kulit durian
B. Kulit kakao
C. Tempurung kelapa
D. Kulit kambing

18. Berikut yang bukan merupakan bahan bakar pada fuel cell adalah
A. H2
B. Metanol
C. Merkuri
D. Etanol

19. Berikut merupakan asumsi yang realistis dalam pembuatan arang briket adalah
A. Perhitungan produksi dilakukan per hari
B. Rendemen bahan terhadap arang adalah 70%
C. Usia tampah penjemuran adalah dua tahun
D. Usia ekonomis alat cetak adalah enam bulan

20. Diketahui total biaya dalam pembuatan arang briket adalah Rp. 2.283.000; dan harga penjualan arang briket per kilogram adalah Rp. 18.000. Hitunglah BEP Produksi untuk usaha arang briket tersebut.
A. 126.83 Kg
B. 200 Kg
C. 250 kg
D. 137.23 kg



Berikut merupakan kutipan dari proses pembelajaran Mapel PKWU di PKWU SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13:



Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 11/XI Semester 2/II SMA-MA/SMK-MAK kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar bertujuan agar siswa dapat memanfaatkan bahan limbah berbentuk bangun datar yang ada di sekelilingnya. Dengan mempertimbangkan nilai estetika dan nilai ekonomi siswa dapat mengolah limbah berbentuk bangun datar menjadi karya kerajinan disertai kemasan yang menarik.

Melalui pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 11/XI Semester 2/II SMA-MA/SMK-MAK kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar diharapkan siswa mampu menunjukkan sikap rasa ingin tahu, sikap santun, kerja sama dalam menggali informasi serta pantang menyerah, jujur, percaya diri, bertanggung jawab, disiplin, dan mandiri.

Proses pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 11/XI Semester 2/II SMA-MA/SMK-MAK kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar dilakukan melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Kegiatan mengamati bertujuan agar pembelajaran berkaitan erat dengan konteks situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan menanya dilakukan sebagai salah satu proses membangun pengetahuan siswa dalam bentuk konsep, prinsip, prosedur, hukum, dan teori, hingga berpikir metakognitif. Kegiatan mencoba bermanfaat untuk meningkatkan keingintahuan siswa, mengembangkan kreativitas, dan keterampilan kerja ilmiah. Kegiatan mengasosiasi bertujuan untuk membangun kemampuan berpikir dan bersikap ilmiah. Kegiatan mengomunikasikan adalah sarana untuk menyampaikan hasil konseptualisasi dalam bentuk lisan, tulisan, gambar/sketsa, diagram atau grafik. Kegiatan ini dilakukan agar siswa mampu mengomunikasikan pengetahuan, keterampilan, dan penerapannya, melalui presentasi, membuat laporan, dan unjuk karya.

Proses pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 11/XI Semester 2/II SMA-MA/SMK-MAK kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar pada buku siswa diawali dengan gambar peta materi. Peta materi tersebut berisi garis-garis besar materi yang akan dipelajari oleh siswa. Guru mengarahkan perhatian siswa untuk menggali pengetahuan tentang kePrakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 11/XI Semester 2/II SMA-MA/SMK-MAK an dan mengamati produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar yang dibawa atau ditayangkan. Kemudian guru memandu siswa untuk saling bertanya tentang keanekaragaman produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar dan prospek Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 11/XI Semester 2/II SMA-MA/SMK-MAK yang dapat dikembangkan. Guru menjelaskan bagian-bagian dari materi yang akan dipelajari siswa. Tanyakan pada siswa tentang alur yang tidak dipahami dari peta materi dan istilah-istilah penting yang belum dipahami siswa.

Guru diharapkan dapat memotivasi siswa untuk melakukan proses berPrakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 11/XI Semester 2/II SMA-MA/SMK-MAK mulai dari membuat perencanaan usaha, perencanaan pemasaran, perencanaan produk dan kemasan, memproduksi karya kerajinan, mempromosikan dan menjual karya kerajinan, serta membuat laporan hasil usaha.



Demikian tulisan tentang

Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 12.46

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!