Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaan FLS2N SMK Tahun 2018

| 13 Maret 2018

Download Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Jenjang SMK Tahun 2018

Download Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Jenjang SMK Tahun 2018







Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2018 pasal 3 mengamanatkan tentang Penguatan nilai-nilai Karakter yang meliputi nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggungjawab. Dari amanat tersebut, maka pemerintah, khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan harus menyusun kebijakan penguatan nilai-nilai karakter melalui berbagai upaya baik dalam bentuk rancangan kegiatan intra, ko, maupun ekstrakurikuler. Hal ini juga dilakukan oleh Direktorat Pembinaan SMK.

Seni, merupakan salah satu wahana yang dipergunakan untuk melaksanakan implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Melalui Seni, dapat dikembangkan nilai-nilai karakter yang dapat dilakukan sebagai harmonisasi antara olah pikir, olah rasa, olah hati dan olah raga. Seni sekaligus menjadi sarana peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan, yang menjadi ajang ekpresi ide, gagasan, serta perwujudan kompetensi dan potensi diri Peserta Didik.

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMK Tahun 2018, merupakan wahana ekspresi seni siswa SMK yang dilaksanakan melalui kompetisi.

Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Jenjang SMK Tahun 2018 ini disusun untuk memberikan informasi pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan FLS2N jenjang SMK Tahun 2018 sekaligus sebagai acuan bagi seluruh pihak yang akan berperan dalam penyelenggaraan FLS2N jenjang SMK ini. Apabila dikemudian hari terdapat perubahan maka akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya. Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam penyelenggaraan.

Berikut adalah tautan Download Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Jenjang SMK Tahun 2018:




Berikut adalah kutipan dari Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaan FLS2N SMK Tahun 2018 tersebut:



A LATAR BELAKANG FESTIVAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL JENJANG SMK TAHUN 2018

Penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diharapkan dapat menyiapkan lulusan menjadi tenaga kerja yang berkualitas, produktif dan mampu menjawab tantangan dunia kerja yang penuh persaingan. Dengan mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter, SMK dapat menyiapkan lulusan yang mempunyai kompetensi kebekerjaan tinggi, karena mereka mempunyai hard skills maupun soft skills.

Pendidikan karakter menjadi suatu keharusan, karena pendidikan tidak hanya menjadikan peserta didik menjadi cerdas dan terampil namun juga mempunyai budi pekerti dan sopan santun, sehingga keberadaannya sebagai anggota masyarakat menjadi bermakna baik bagi dirinya maupun masyarakat pada umumnya. Penguasaan kompetensi di bidang seni juga bisa menjadi bekal dalam bidang jasa yang produktif dan bernilai ekonomi. Latihan dan oleh seni dapat menumbuhkan kreativitas dan ekspresi yang kuat bagi peserta didik. Dengan olah seni kehalusan rasa dan harmonisasi antara wacana dan fakta diasah menjadi suatu kreativitas yang memperkuat kecakapan peserta didik dalam kepekaan, kepedulian dan toleransi.

Sebagai upaya memberikan ruang bagi unjuk bakat, minat, kreativitas, serta inovasi, maka Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Aceh, penggiat seni dan budaya, serta praktisi maupun professional di bidang seni, serta kalangan masyarakat profesi, menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional (FLS2N) Jenjang SMK Tahun 2018. Gelaran ini, dilaksanakan tanpa mendikotomikan SMK bidang Keahlian Seni dan Non Seni, sehingga membuka kesempatan yang luas kepada peserta didik SMK untuk berpartisipasi. Namun demikian, karena keterbatasan anggaran penyelenggaraan FLS2N jenjang SMK tahun 2018 dibatasi untuk Bidang Lomba Menyanyi Solo, Solo Gitar Klasik, Tari Tradisional, Teater, Film Pendek dan Musik Tradisi Daerah.

Dengan terselenggaranya FLS2N, diharapkan akan memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mengembangkan karakter dan prestasi seni melalui kreasi seni, melalui kompetisi yang menjunjung tinggi kejujuran.

C TUJUAN FESTIVAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL JENJANG SMK TAHUN 2018


1 Membangun karakter bangsa melalui penanaman dan peningkatan jiwa seni serta pelestarian terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.

2 Membina dan meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang seni sekaligus mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa, sehingga mampu mengasah kepekaan siswa dalam menghargai seni dan karya orang lain.

3. Mengembangkan bakat dan minat dalam bidang seni, sekaligus sebagai sarana promosi potensi peserta didik kepada dunia usaha dan industri khususnya ekonomi kreatif.

4. Memberikan pengalaman untuk mencapai prestasi tertinggi di bidangnya dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran.

5. Mempererat persahabatan, persatuan, dan kesatuan bangsa sesama siswa Indonesia yang berasal dari berbagai karakter dengan tingkat keterampilan dan budaya yang berbeda.

BAB II MEKANISME PENYELENGGARAAN FLS2N TAHUN 2018


A BIDANG SENI YANG DILOMBAKAN DAN JUMLAH PESERTA


NO BIDANG LOMBA JUMLAH PESERTA KETERANGAN
1 Menyanyi Solo 1 orang Tiap provinsi hanya 1 (satu) wakil, tidak ada
kategori SMK Seni atau Non Seni
2 Solo Gitar Klasik 1 orang Tiap provinsi hanya 1 (satu) wakil, tidak ada
kategori SMK Seni atau Non Seni
3 Tari Tradisional 5 orang Tiap provinsi hanya 1 (satu) wakil, tidak ada
kategori SMK Seni atau Non Seni
4 Teater 3 orang Tiap provinsi hanya 1 (satu) wakil, tidak ada
kategori SMK Seni atau Non Seni
5 Film Pendek 2 orang Tiap provinsi hanya 1 (satu) wakil, tidak ada
kategori SMK Seni atau Non Seni
6 Musik Tradisi 5 orang Tiap provinsi hanya 1 (satu) wakil, tidak ada
Daerah kategori SMK Seni atau Non Seni

B PERSYARATAN PESERTA FESTIVAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL JENJANG SMK TAHUN 2018

1 Peserta masih berstatus sebagai siswa SMK pada tahun pelajaran 2018/2019.

2 Belum pernah mengikuti FLS2N Janjang SMK tahun sebelumnya, maupun lomba-lomba yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMK.

3 Peserta adalah siswa yang berasal dari SMK di seluruh Indonesia.

4 Peserta adalah wakil provinsi berdasarkan hasil seleksi tingkat provinsi, dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan dan ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan/ atau SK

Penetapan Hasil Seleksi FLS2N di tingkat Provinsi, dilengkapi foto-foto pelaksanaan lomba.

5 Dinas Pendidikan Provinsi melakukan pendaftaran secara daring/ online melalui laman http:// psmk.kemdikbud.go.id/pendaftaran-lomba-fls2n dilengkapi dengan scan rapor terakhir yang menandakan masih aktif sebagai siswa SMK dan mengisi formulir yang tersedia disertai pasfoto (6x8) dengan latar belakang berwarna merah, dan surat keterangan sehat. Usulan daftar nama siswa peserta FLS2N Jenjang SMK Tahun 2018 sudah diterima panitia paling lambat tanggal 10 Agustus 2018, jika pengusulan peserta melewati batas tanggal tersebut di atas maka provinsi yang bersangkutan dinyatakan tidak mengirimkan perwakilannya.

6 Agar Dinas Pendidikan Provinsi mengirimkan wakil/kontingennya sesuai ketentuan butir A di atas.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN FESTIVAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL JENJANG SMK TAHUN 2018


NOMOR TANGGAL KETERANGAN
1 26-Agust-18 Kedatangan dan Registrasi ulang Peserta
2 27-Agust-18 " Pembukaan bersama lingkup Ditjen Dikdasmen (Jenjang SMA dan Jenjang SMK)"
Technical meeting (pukul 14.00 WIB s.d. selesai)
Coaching Clinic/ Workshop penguatan pemahaman seni dan teknis per Bidang lomba (lanjutan Technical meeting)
3 3. 28 s.d. 30 Agustus 2018 Pelaksanaan Lomba dan Festival
4 30-Agust-18 "Pelaksanaan Lomba/Festival dan Penutupan Internal Jenjang SMK oleh Direktorat PSMK
5 31-Agust-18 Wisata edukasi oleh Dinas Pendidikan Prov Aceh
"Penganugerahan dan Penutupan bersama lingkup Ditjen Dikdasmen (Jenjang SMA dan jenjang PSMK)
6 01-Sep-18 Pemulangan Peserta

BAB IV PENUTUP

Pelaksanaan FLS2N Siswa SMK Jenjang SMK tahun 2018, merupakan ajang bagi peserta, pembimbing maupun pelatih dalam mengekspresikan selera, potensi dan kompetensi seni. Penyelanggaraan FLS2N jenjang SMK tahun 2018 ini diharapkan dapat memberi warna dan dinamika bagi seluruh unsur yang terlibat di dalamnya. Perbaikan demi perbaikan yang diperoleh melalui evaluasi kegiatan yang sama pada tahun sebelumnya terus diupayakan dalam mencapai kebermanfaatan dan optimalisasi pencapaian hasil sesuai dengan visi dan misi kegiatan.

Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Jenjang SMK Tahun 2018 yang telah disusun oleh para akademisi dan praktisi serta para professional yang berkompeten di bidangnya serta unsur birokrasi yang melakukan harmonisasi terkiat dengan ketentuan penyelenggaraan program di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pedoman ini diharapkai daerah dalam mempersiapkan keikutsertaan dalam FLS2N jenjang SMK Tahun 2018, serta semua pihak yang terkait dengan penyelenggraan kegiatan ini.

Di FLS2N Jenjang SMK tahun 2018 diharapkan bukan sekedar ajang kompetisi, namun dapat menjadi wadah ekspresi peserta didik dan para pembimbing sekaligus menjadi sarana implementasi nilai-nilai karakter dalam rangka Penguatan Pendidikan Karakter. Melalui FLS2N diharapkan menjadi suatu ‘perayaan’, yang di dalamnya kejujuran, kerjsama, kepedulian, toleransi dijunjung tinggi, sehingga diperoleh gambaran tentang semangat kebangsaan dan cinta tanah air di kalangan generasi muda.

Selamat Berkreasi dalam mengukir prestasi, sehingga menjadi bukti banwa produktitas terus berlangsung di dunia SMK! SMK Bisa! SMK Hebat!

Demikian tulisan tentang

Download Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Jenjang SMK Tahun 2018

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 19.17

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!