Penetapan E-formasi Pengangkatan CPNS Tahun 2016-2019 Terbukti Hoax

| 15 Mei 2018

Kementerian PANRB Minta Masyarakat Waspadai Berita Hoax Tentang Penetapan E-formasi Pengangkatan CPNS Tahun 2016-2019

Kementerian PANRB Minta Masyarakat Waspadai Berita Hoax Tentang Penetapan E-formasi Pengangkatan CPNS Tahun 2016-2019






Baru-baru ini sangat marak beredar informasi/berita di berbagai media sosial yang berisikan pengumuman terkait Penetapan E-formasi Pengangkatan CPNS Tahun 2016-2019. Menanggapi hal tersebut lantas mendapat penjelasan langsung dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang diwakili oleh Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmadja. Beliau menegaskan bahwa Kemenpan-RB tidak pernah menerbitkan Laporan Penetapan e-formasi tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan tenaga kontrak pengangkatan CPNS tahun 2016 – 2019.

“Kementerian PANRB tidak pernah mengeluarkan surat itu,” tegas Setiawan di Jakarta, Senin (14/05).

Informasi dan berita terkait Penetapan E-formasi Pengangkatan CPNS Tahun 2016-2019 yang marak beredar di berbagai medsos tersebut seakan-akan resmi dikeluarkan oleh Kemenpan-RB tertanggal 1 November 2017 yang lalu dan berisi informasi antara lain berupa kuota formasi dari sejumlah instansi pemerintah pusat serta pemda yang ditetapkan dalam e-formasi. Informasi tersebut menyebutkan Kanreg, kode cepat, nama instansi, formasi, usul masuk dan ditetapkan.

Herman Suryatman selaku Kabiro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB, menyatakan bahwa berita tersebut terbukti hoax dan tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Karena faktor itu, Herman mengajak seluruh masyarakat agar selalu waspada dan melakukan cross check kebenaran berita apapun ke sumber resmi.

Kementerian PANRB Minta Masyarakat Waspadai Berita Hoax Tentang Penetapan E-formasi Pengangkatan CPNS Tahun 2016-2019

[Baca Juga: Resmi BKN: Hati-hati Penipuan Tes CPNS Honorer K2 dan Umum Tahun 2018]

Sampai saat ini belum bisa disimpulkan apa yang menjadi motivasi dari pembuat berita hoax Penetapan E-formasi Pengangkatan CPNS Tahun 2016-2019 tersebut. Satu hal yang jelas dan benar adalah bahwa Kementerian PANRB tidak pernah menerbitkan kebijakan e-formasi untuk non CPNS. E-formasi sendiri merupakan usulan dari instansi pemerintah untuk formasi CPNS, hanya pihak berwenang yang bisa mengakses e-formasi.

Terdapat indikasi adanya usaha penipuan yang akan dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dan hendak mengambil keuntungan dari tersiarnya berita bohong/hoax tersebut. Karenanya, Herman menghimbau supaya masyarakat luas tidak usah memercayai berita yang tidak jelas dan terbukti bohong itu.

“Itu semua berita bohong, dan abaikan saja. Kami akan selalu menginformasikan kebijakan CPNS melalui portal resmi, yakni : www.menpan.go.id,” pungkas Herman menyudahi penjelasannya.

Sekian tulisan yang berjudul:

Penetapan E-formasi Pengangkatan CPNS Tahun 2016-2019 Terbukti Hoax

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 09.15

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!