Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mendikbud Apresiasi Metro Sebagai Kota Pendidikan

www.informasiguru.com
Mendikbud Apresiasi Semangat Metro Sebagai Kota Pendidikan

Mendikbud Apresiasi Semangat Metro Sebagai Kota Pendidikan



Masih dalam rangkaian kunjungan kerja yang digelar Mendikbud dan rombongan, pada Sabtu [19/11-2016] mereka melanjutkan dengan melakukan kunker di kota Metro, Lampung. Muhadjir selaku Mendikbud sangat mengapresiasi semangat yang dimiliki kota Metro dalam membangun kotanya menjadi kota yang berlabel "kota pendidikan". Dalam kesempatan itu, Muhadjir sempat menyelipkan pesan penting yang mana beliau berharap peralihan pengelolaan SMK dan SMA dari kabupaten maupun kota kepada pemerintah Provinsi harus tetap wajib didukung sepenuhnya.
"Jangan sampai peralihan ini menurunkan kualitas pendidikan," ucap Muhadjir di SMK Negeri 2 Metro sambil mendorong guru dan kepala sekolah terus mengabdi dengan tulus.
Pada salah satu sesi dalam acara pengarahan kepada ratusan guru dan kepala sekolah se-kota Metro tersebut, terhitung ada 4 isu yang sangat ditekankan oleh Muhadjir, yakni:
  1. Sertifikasi Guru
  2. Revitalisasi SMK
  3. Distribusi KIP
  4. Pendidikan Karakter
"Sertifikasi guru tetap jalan, jangan percaya isu yang mengatakan pemerintah menghentikan tunjangan profesi guru. Yang ada adalah memperbaiki kualitas guru, apalagi untuk yang sudah tersertifikasi," tutur Muhadjir.
Di sisi lain, struktur kebutuhan tenaga kerja di Indonesia, kata Mendikbud, memerlukan lebih banyak lulusan SMK sebagai tenaga terampil. Ada empat jurusan SMK yang menjadi prioritas untuk memenuhi kebutuhan tenaga terampil, yakni kemaritiman, ketahanan pangan, pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Di Lampung ini misalnya, lebih baik diperkuat SMK pertanian karena kebutuhan tenaga terampil pertanian sangat besar," ungkap mendikbud.

Sementara itu, Mendikbud menyayangkan masih minimnya distribusi KIP di Lampung. Padahal menurutnya fungsi KIP adalah untuk mencegah anak putus sekolah dan mengajak anak untuk kembali bersekolah. "Saya mohon kepala dinas, kepala sekolah, guru dan orang tua ikut menyisir KIP di desa-desa agar sampai ke sasaran," ajak mendikbud agar akhir tahun ini KIP tuntas.

Dalam penguatan pendidikan karakter Mendikbud meminta dukungan semua pihak agar generasi mendatang lebih tangguh, jujur, mandiri, kreatif, relijius dan nasionalis. Untuk itu guru diharapkan memperbanyak waktunya di sekolah guna mendampingi murid dalam belajar dan beraktivitas.

"Di pendidikan dasar, yakni untuk SD dan SMP, harus lebih banyak diperkuat dengan aktivitas pendidikan karakter daripada pengetahuan," papar Muhadjir.

Kunker di Metro ini juga dimanfaatkan oleh Muhadjir guna melihat secara langsung kondisi sekolah yang telah mempraktekkan pendidikan karakter yaitu SD Muhammadiyah Ahmad Dahlan. Pada kesempatan yang sama, Muhadjir menyempatkan pula untuk memberi ceramah kebangsaan kepada para pimpinan Muhammadiyah se-Provinsi Lampung yang bertempat di Universitas Muhammadiyah Metro.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Metro, Ahmad Pairin, melaporkan di kotanya terdapat puluhan lembaga pendidikan mulai TK sampai Perguruan Tinggi. "Sebagian besar siswa dan mahasiswa di sini berasal dari luar kota. Ini artinya Metro sudah diakui sebagai kota Pendidikan," tutup Walikota Metro.

Posting Komentar untuk "Mendikbud Apresiasi Metro Sebagai Kota Pendidikan"