Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Peran Sejarah Dalam Penguatan Karakter Bangsa

Peran Sejarah dalam Penguatan Karakter Bangsa Perlu Terus Didorong
Image by: Kemendikbud

Peran Sejarah dalam Penguatan Karakter Bangsa Perlu Terus Didorong



Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sangat menekankan tentang betapa pentingnya agar selalu tetap mendorong peningkatan peran sejarah dalam penguatan karakter bangsa kita ini. Konferensi Nasional Sejarah (KNS) ke-10 yang diselenggarakan Kemendikbud mempunyai tujuan, salah satunya adalah untuk mendorong peran sejarah dalam penguatan karakter bangsa.

"Konferensi ini (KNS) ini bertujuan mendekatkan sejarah bukan saja sebagai sebuah ilmu yang mengelana jauh di masa lampau, akan tetapi sejarah juga merupakan titik tolak pendidikan karakter bagi generasi mendatang," tutur Muhadjir dalam acara pembukaan KNS ke-10 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (07/11/2016).

Muhadjir juga menambahkan bahwa salah satu fokus pemerintah di bidang pendidikan adalah penguatan pendidikan karakter di jenjang Diksar. Beliau berharap pengajaran dengan model ceramah di kelas diganti dengan aktivitas yang mendorong daya kreativitas, berfikir kritis, dan mengelola risiko.

Pengajaran sejarah misalnya dengan mengajak siswa bermain peran lebih efektif dibandingkan ceramah tentang sejarah. "Dengan bermain peran inilah anak-anak bisa menghayati, meresapi berbagai macam kejadian sejarah untuk menghayati makna sejarah baik dalam konteks sejarah
nasional Indonesia maupun dalam konteks mengisi perjuangan di era sekarang ini," tambah mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani juga menekankan pentingnya sejarah bagi pembangunan karakter bangsa. "Konferensi ini merupakan upaya kita bersama untuk menempatkan peran sejarah secara lebih proporsional dalam pembangunan karakter Indonesia," ujar Puan Maharani.

Puan sebelum membuka secara resmi pelaksanaan KNS ke-10, mengingatkan kembali pesan Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang memahami dinamika sejarah negaranya. "Yang paling tidak boleh dilupakan adalah harus menghargai jasa-jasa para pahlawannya. Bung Karno mengingatkan, jangan sekali-sekali melupakan sejarah (Jasmerah)," pungkas Menteri Puan.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Peran Sejarah Dalam Penguatan Karakter Bangsa"