Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Juknis KDMI Tahun 2020 I pdf

Download Petunjuk Teknis/ Juknis Pelaksanaan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tingkat Nasional Tahun 2020

Kompetisi ini merupakan ajang unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan tentang isu-isu global masa kini dengan dukungan kemampuan berpikir kritis serta mampu mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua aspek kecerdasan. Lomba debat ini diwadahi dalam kegiatan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI). KDMI merupakan lomba debat bagi mahasiswa yang mempunyai bakat dan minat dalam debat. KDMI 2020 diikuti oleh 30 tim dari 15 wilayah (LLDIKTI) di Indonesia. Dengan menggunakan sistem Asian Parliamentary (AP).

Ringkasan Juknis KDMI Tahun 2020

Debat berbahasa Indonesia di kalangan perguruan tinggi adalah bagian penting dalam persaingan global. Dalam rangka meningkatkan kualitas daya saing bangsa, sudah sewajarnya bagi pemerintah melalui Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan debat berbahasa Indonesia bagi mahasiswa di Indonesia. Selain KDMI, Puspresnas juga telah menggelar lomba dan festival semacam FLS2N, GSI dan lain sebagainya di tahun 2020 ini.

Lomba debat ini diwadahi dalam kegiatan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI). Dalam masa Pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, maka kegiatan lomba KDMI tahun ini akan diselenggarakan secara daring. Prinsip penyelenggaraan kompetisi adalah bahwa para mahasiswa tetap dapat berprestasi dengan melaksanakan kompetisi dari rumah, dengan tujuan untuk melindungi kesehatan dan rasa aman para mahasiswa dari bahaya virus Covid-19. Menyadari kompleksitas sistem penyelenggaraan yang digunakan dalam KDMI secara daring ini, maka dibutuhkan sebuah panduan yang bersifat teknis agar KDMI dapat berjalan sesuai dengan ketentuan dan aturanaturan teknis yang berlaku dalam sebuah kompetisi debat.

Pimpinan PUSPRESNAS mengucapkan terima kasih kepada tim penulis dan kontributor lainnya yang telah bekerja sungguh-sungguh menyusun dan menerbikan buku panduan ini. Selanjutnya, buku Panduan Teknis Kompetisi Debat diharapkan dapat sebarkan ke daerah sehingga mereka dapat segera mempersiapkan diri dan melakukan koordinasi seperlunya. Semoga kegiatan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia 2020 dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang maksimal.

A. NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini adalah Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tahun 2020.

B. WAKTU PENYELENGGARAAN
KDMI 2020 dilakukan secara daring pada tanggal 30 September s.d 5 Oktober 2020

C. PESERTA
1. Peserta KDMI adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
2. Peserta KDMI 2020 adalah 3 pendebat dan 1 (satu) juri N1 (juri institusi) yang telah dinyatakan lolos seleksi wilayah tahun 2020.
3. Pendebat adalah mahasiswa aktif Program Sarjana (maksimal semester 10) atau Diploma (maksimal semester 6 untuk D-3 dan semester 8 untuk D4), yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) pada laman
http://forlap.dikti.go.id.
4. Peserta atau pendebat yang telah terdaftar pada saat seleksi wilayah dan dinyatakan lolos ke KDMI nasional tahun 2020, tidak boleh diganti dengan alasan apapun. Apabila terjadi pergantian maka tim tersebut menjadi tim yang akan kehilangan haknya untuk lolos ke babak selanjutnya (babak eliminasi)
5. Juri N1 adalah mahasiswa aktif/ dosen dari perguruan tinggi asal Pendebat yang dibuktikan dengan Surat Tugas yang ditandatangani oleh pimpinan perguruan tinggi.
6. Pendebat wajib mengikuti Seminar Debat
7. Juri N1 wajib mengikuti Seminar Penjurian, dan akreditasi dan mengikuti keseluruhan babak penyisihan untuk menentukan status juri.

D. MEKANISME KOMPETISI
Sistem dan Mekanisme Lomba
a. KDMI dilakukan secara daring.
b. Peserta mengikuti lomba dari rumah atau kampus mereka masing-masing dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan perlindungan diri.
c. Dalam menjalankan kegiatan, setiap pihak harus mendisplinkan dirinya dapat mengikuti protokol kesehatan Covid-19 sesuai porsi masing-masing.

Babak dalam KDMI daring
KDMI 2020 berlangsung dalam beberapa babak:

a. Babak Penyisihan
Terdapat 5 babak penyisihan di KDMI tingkat nasional.
b. Babak Perdelapan Final (16 Besar)
Babak ini mempertemukan tim yang berada pada peringkat 1 s/d 16 hasil babak penyisihan. Tim-tim tersebut bertanding di 8 ruang debat. Tim pemenang di masing-masing ruang debat akan mengikuti babak Perempat Final.
c. Babak Perempat Final
Babak ini mempertemukan 8 tim pemenang di babak perdelapan final. Tim-tim tersebut bertanding di 4 ruang debat. Tim pemenang di masing-masing ruang debat akan mengikuti babak Semi Final
d. Babak Semi Final
Babak ini mempertemukan 4 tim pemenang di babak semi final. Tim-tim tersebut bertanding di 2 ruang debat. Tim pemenang di masing-masing ruang debat akan mengikuti babak Grand final. 2 Tim yang kalah dalam babak ini akan langsung menempati posisi sebagai Juara 3.
e. Babak Final
Babak ini adalah babak puncak yang mempertemukan 2 tim terbaik dari babak semifinal untuk menentukan Juara 1 dan Juara 2

Penilaian kompetisi debat akan dilakukan pada aspek-aspek berikut di bawah ini.
1. Isi
Isi adalah logika argumentasi yang disampaikan oleh pembicara, terlepas dari gaya bicaranya. Isi dinilai dari kekuatan logika, relevansi argumen, dan penggunaan data-data yang terkait dengan topik debat. Sanggahan terhadap argumentasi dari dewan juri harus di buktikan logika serta relevansinya. Komponen ini memiliki bobot 40% dari keseluruhan penilaian.
2. Penyampaian
Penyampaian adalah cara pedebat menyampaikan argumentasinya menyangkut bagaimana pembicara mengontrol dan mengelola bahasa tubuh, volume suara, kontak mata dan variasi ekspresi untuk membuat video pidatonya menarik dan enak didengarkan. Komponen ini memiliki bobot 40% dari keseluruhan penilaian.
3. Strategi
Strategi menyangkut bagaimana pembicara memanfaatkan waktu yang diberikan dengan baik, dalam pembuatan video tahap-1 dan menggunakan strategi pembelaan dan perlawanan (tanggapan) dengan baik terhadap video yang diberikan pada tahap-2. Struktur penyampaian juga termasuk dalam strategi. Komponen ini memiliki bobot 20% dari keseluruhan penilaian.

Standar Penilaian KDMI
67 Pendebat tidak bicara sama sekali.
68-69 Pendebat berbicara tetapi isi pidatonya tidak berbobot.
70-73 Substansi argumen berbobot tetapi struktur tidak jelas.
74 Substansi dan struktur pidato hampir lengkap
75 RATA-RATA (struktur lengkap, tugas terpenuhi, respon cukup, menerima/memberi interupsi, argumen jelas meskipun terdapat kekurangan).
76 Penampilan sedikit di atas rata-rata.
77-79 Struktur lengkap, ide revolusioner.
80-81 Nilai yang layak untuk tim di babak final
82-83 Sempurna
Ketentuan Kompetisi Daring
Platform Zoom dan Media Komunikasi
Kegiatan KDMI tahun 2020 dilaksanakan secara daring dengan menggunakan platform Zoom. Media komunikasi yang digunakan selama kompetisi adalah media sosial Facebook dan grup Whatsapp. Peserta wajib mengikuti dummy rounds (uji
coba daring) sebelum pelaksanaan KDMI.

PENGHARGAAN
Penghargaan KDMI tingkat nasional adalah sebagai berikut:
- Sertifikat diberikan kepada peserta (Pendebat, Juri N1 dan Juri Undangan).
- Medali diberikan kepada 15 Pembicara terbaik
a. M-edali setara Emas diberikan kepada peringkat 1-5.
b. Medali setara Perak diberikan kepada peringkat 6-10.
c. Medali setara Perunggu diberikan kepada peringkat 11-15.
- Piala diberikan kepada Juara 1, 2, 3 (2 tim)
- Bantuan Dana Pembinaan diberikan kepada Juara 1, 2, 3 (2 tim).

SYARAT DAN KETENTUAN
a. Setiap kampus diwakili oleh satu tim di KDMI tingkat nasional
b. Peserta merupakan hasil seleksi KDMI tingkat wilayah yang ditetapkan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud.
c. Satu tim hanya boleh terdiri atas tiga orang pendebat dan satu orang juri N1 (juri institusi).
d. Pendebat tidak boleh diganti dengan alasan apapun.
e. Apabila terjadi pergantian pendebat seperti pada artikel (d), maka tim tersebut akan kehilangan halnya untuk lolos ke babak gugur (eliminasi). Namun anggota lain yang tidak diganti masih memiliki kesempatan untuk terpilih dalam penghargaan individu (pembicara terbaik).

Download Petunjuk Teknis/ Juknis Pelaksanaan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tingkat Nasional Tahun 2020

Berkas dan lampiran Petunjuk Teknis/ Juknis Pelaksanaan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tingkat Nasional Tahun 2020 dapat di-download lewat ikon download di bawah ini.

Download Petunjuk Teknis/ Juknis Pelaksanaan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tingkat Nasional Tahun 2020 I PDF

Posting Komentar untuk "Juknis KDMI Tahun 2020 I pdf"