Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sekolah Wajib Unduh Installer Aplikasi Dapodik Versi 2021.c

DOWNLOAD INSTALLER DAN PANDUAN APLIKASI DAPODIK VERSI 2021.C TERBARU

Aplikasi Dapodik versi 2021.c adalah aplikasi penyempurna dari Aplikasi Dapodik versi 2021.b sebelumnya. Integrasi dan pemutakhiran aplikasi ini digunakan untuk pengumpulan data semester 2 (genap) tahun ajaran 2020/2021. Operator sekolah wajib mengetahui bahwa Aplikasi dapodik versi 2021.c ini berupa installer. Karenanya, sekolah wajib Unduh Installer Aplikasi Dapodik Versi 2021.c dengan terlebih dahulu melakukan uninstall pada versi sebelumnya.

Ringkasan Rilis Installer Aplikasi Dapodik Versi 2021.c

Data Pokok Pendidikan adalah salah satu sistem pendataan yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, guru dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang disebut sebagai entitas data, dan terus menerus diperbaharui secara daring. Hasil pengumpulan data melalui Dapodik menjadi dasar diterbitkannya data statistik pendidikan yang memberikan akses informasi kepada para pemangku kepentingan.

Sistem pendataan Dapodik pada tahun ajaran 2020/2021 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodik versi terbaru yang diberi nama versi 2021.c. Secara sistem, pembaruan versi 2021.c disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di semester genap ini. Aplikasi Dapodik versi 2021.c dikemas dalam bentuk installer.

Pembaruan yang paling menonjol pada versi 2021.c di antaranya penutupan fitur penambahan GTK di SILN, sekolah di bawah naungan Kemenag dan sekolah di wilayah khusus, pelepasan validasi lokal terkait pengecekan inputan NIK untuk peserta didik, penutupan fitur tambah peserta didik baru untuk jenjang PKBM dan SKB, penambahan variabel pernah PAUD, hobi dan cita-cita pada form registrasi peserta didik serta perbaikan-perbaikan lainnya.

INSTALASI APLIKASI DAPODIK VERSI 2021.C

1) SPESIFIKASI KOMPUTER

Spesifikasi komputer yang direkomendasikan, yaitu:
a) prosesor Intel Core i3 atau yang setara;
b) memori standar 4GB DDR3;
c) hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD;
d) sistem operasi Windows 10;
e) aplikasi terpasang peramban web seperti google chrome, mozilla firefox, atau opera.

2) KODE REGISTRASI DAN AKUN PETUGAS PENDATAAN

Sebelum memulai proses instalasi Aplikasi Dapodik versi 2021.c, pastikan sekolah sudah memiliki kode registrasi dan akun yang akan digunakan dalam proses instalasi. Kode registrasi diperoleh melalui Admin Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk jenjang PAUD-Dikmas/SD/SMP dan Admin Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang SLB/SMA/SMK.

3) UNDUH APLIKASI DAPODIK

Aplikasi Dapodik Versi 2021.c saat ini tersedia dalam bentuk file installer yang merupakan hasil perbaikan dan pembaruan dari aplikasi versi sebelumnya. Untuk mengunduh Aplikasi Dapodik versi 2021.c, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
a) buka laman https://dapo.kemdikbud.go.id
b) klik menu Unduhan
c) klik Unduh

4) GENERATE PREFILL APLIKASI DAPODIK

Generate prefill merupakan tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline (dalam bentuk file .prf). Generate prefill merupakan data sekolah hasil sinkronisasi terakhir.
Untuk meningkatkan keamanan dari segi pengguna, saat ini proses generate prefill dapat dilakukan setelah petugas pendataan memasukkan username, password yang benar dan kode registrasi Aplikasi Dapodik yang aktif.
Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai langkah-langkah melakukan generate prefill, sebaiknya petugas pendataan mengetahui terlebih dahulu ketentuan-ketentuan umum, antara lain:
a) generate prefill yaitu tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline.
b) data sekolah yang diambil merupakan hasil sinkronisasi terakhir.
c) Masukkan username, password dan kode registrasi sesuai di Aplikasi Dapodik.
d) jika ada penggantian petugas pendataan di sekolah kode registrasi, username dan password dapat diganti oleh Admin Dapodik di Dinas Pendidikan.
e) registrasi awal di aplikasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan prefill, dengan syarat harus terhubung internet (online).
f) jangan lakukan registrasi dengan menggunakan prefill yang lama (kadaluarsa). Jika ingin pindah ke komputer lain, lakukan siklus "sinkronisasi > generate prefill ulang" untuk mencegah duplikasi data.

Selengkapnya, untuk memulai proses generate prefill silakan lakukan langkah-langkah di bawah ini:
a) buka laman https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan
b) pilih menu “DATA PREFILL”
c) pilih salah satu tautan unduh prefill dapodik yang tersedia dan disesuaikan dengan kode mapping prefill yang sudah tersedia.
01: Prov. D.K.I. Jakarta
02: Prov. Jawa Barat
03: Prov. Jawa Tengah
04: Prov. D.I. Yogyakarta
05: Prov. Jawa Timur
06: Prov. Aceh
07: Prov. Sumatera Utara
08: Prov. Sumatera Barat
09: Prov. Riau
10: Prov. Jambi
11: Prov. Sumatera Selatan
12: Prov. Lampung
13: Prov. Kalimantan Barat
14: Prov. Kalimantan Tengah
15: Prov. Kalimantan Selatan
16: Prov. Kalimantan Timur
17: Prov. Sulawesi Utara
18: Prov. Sulawesi Tengah
19: Prov. Sulawesi Selatan
20: Prov. Sulawesi Tenggara
21: Prov. Maluku
22: Prov. Bali
23: Prov. Nusa Tenggara Barat
24: Prov. Nusa Tenggara Timur
25: Prov. Papua
26: Prov. Bengkulu
27: Prov. Maluku Utara
28: Prov. Banten
29: Prov. Kepulauan Bangka Belitung
30: Prov. Gorontalo
31: Prov. Kepulauan Riau
32: Prov. Papua Barat
33: Prov. Sulawesi Barat
34: Prov. Kalimantan Utara
35: Luar Negeri
36: Hong Kong

d) masukkan username, password, dan kode registrasi.
Username dan password yang digunakan untuk mengunduh prefill merupakan data pengguna yang terdaftar di server pusat. Jika terdapat ketidaksesuaian data ketika melakukan proses generate prefill, segera lakukan konfirmasi dengan Admin Dapodik Dinas Pendidikan. Setelah berhasil memasukkan username, password, dan kode registrasi, klik “Generate” dan tunggu proses selesai. Klik “Download” dan simpan prefill tersebut di drive C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”.

5) KODE REGISTRASI APLIKASI DAPODIK

Kode registrasi adalah “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode registrasi diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah bagi sekolah yang telah terdaftar di Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemdikbud dan memiliki NPSN. Kode registrasi tersebut akan otomatis terbit dan dapat dicek oleh admin dinas pendidikan melalui manajemen dapodik.

6) PENGATURAN WAKTU PADA KOMPUTER

Langkah selanjutnya melakukan pengaturan waktu pada komputer. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan proses sinkronisasi data berjalan lancar. Selengkapnya silakan ikuti langkah-langkah berikut:
a) pada menu pencarian Windows, ketik kata kunci “Date & time settings”, lalu klik Open.
b) Tampil menu date and time settings, lalu klik “Change” dan sesuaikan dengan waktu saat ini, atau dengan cara menyalakan fitur “Set time automatically” dan “Set time zone automatically” agar lebih akurat.
c) Selanjutnya, pastikan zona waktu yang dipilih sesuai dengan wilayah setempat. Contoh untuk pengisian zona waktu Waktu Indonesia Barat (WIB) pilih zona waktu (UTC+07:00 Bangkok, Hanoi, Jakarta).

Untuk perubahan dan pembaruan yang terdapat pada aplikasi dapodik versi 2021.c adalah sebagai berikut:

1. [Pembaruan] Penambahan isian variabel apakah pernah PAUD Formal dan apakah pernah PAUD Non Formal pada registrasi peserta didik.
2. [Pembaruan] Penambahan isian variabel hobby dan cita-cita pada registrasi peserta didik.
3. [Pembaruan] Penambahan validasi variabel yang wajib diisi (mandatory) pada formulir peserta didik untuk kebutuhan Asesmen Nasional.
4. [Pembaruan] Penambahan tabulasi Kamar Mandi/WC pada menu Sarpras-Ruang.
5. [Perbaikan] Penutupan fitur tambah peserta didik baru untuk jenjang PKBM dan SKB.
6. [Perbaikan] Perubahan prosedur pemetaan anggota rombel untuk jenjang PKBM dan SKB (mengikuti jenjang formal).
7. [Perbaikan] Perubahan filter pemilihan ruang pada rombongan belajar daring untuk jenjang PKBM dan SKB.
8. [Perbaikan] Penutupan fitur tambah GTK baru bagi SILN, sekolah dibawah naungan KEMENAG dan wilayah daerah khusus.
9. [Perbaikan] Pelepasan validasi lokal terkait pengecekan inputan NIK untuk peserta didik.
10. [Perbaikan] Perbaikan pada isian tingkat pendidikan bagi sekolah Pratama Widya Pasraman (sekolah dibawah naungan KEMENAG).

Download Installer Aplikasi Dapodik Versi 2021.c

Aplikasi Dapodik Versi 2021.c berbentuk file installer yang merupakan hasil dari perbaikan dan pembaruan dari aplikasi versi sebelumnya. Di bawah ini adalah tautan untuk mengunduh Installer Aplikasi Dapodik Versi 2021.c Terbaru.

Unduh Installer Aplikasi Dapodik Versi 2021.c 

Download Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021.c

Untuk mendapatkan pencerahan terkait tata cara dan teknis instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2021.c terbaru tersebut maka diperlukan Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021.c. Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021.c ini sangat penting dalam memahami cara installer Aplikasi Dapodik Versi 2021.c.

Dipersilahkan untuk mengunduh Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021.c melalui link atau tautan yang disediakan di bawah ini.

Posting Komentar untuk "Sekolah Wajib Unduh Installer Aplikasi Dapodik Versi 2021.c"