Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dua Cara Mudah Cek dan Cari Data NISN Siswa Tahun 2021

2 (Dua) Cara/ Metode Mudah Cek dan Cari Data NISN Siswa Tahun 2021 Terbaru

Terbaru, Cek dan Cari Data NISN Siswa di Tahun 2021 mempunyai fitur baru apabila dibandingkan dengan cara pencarian NISN edisi sebelumnya. Pada fitur yang terbaru, diwajibkan untuk meng-input (mengisi) nama ibu kandung untuk melengkapi data pencarian NISN. Ada 2 (dua) cara mudah dalam melakukan pencarian (cek dan cari) data NISN siswa tahun 2021 terbaru, yakni:
1. Cek dan Cari NISN Siswa Berdasarkan Data NISN
2. Cek dan Cari NISN Siswa Berdasarkan Nama

Sekilas Tentang Dua Cara Mudah Cek dan Cari Data NISN Siswa Tahun 2021

Nomor Induk Siswa Nasional/ NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar, dan berlaku sepanjang masa yang memiliki fungsi untuk membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).

Seperti yang telah diulas pada awal tulisan, terdapat dua cara mudah dalam proses pencarian data NISN siswa, antara lain metode pencarian berdasarkan NISN siswa dan yang kedua adalah metode pencarian berdasarkan nama siswa (berdasarkan identitas diri).

Tujuan dan Manfaat NISN:
  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.
2 Cara Mudah Cek dan Cari Data NISN Siswa Berdasarkan Data NISN dan Berdasarkan Nama (Data Diri Siswa):

1. Pencarian NISN Siswa Berbasis Data NISN

Cara cek dan cari data NISN siswa berdasarkan Data NISN
bisa dengan mudah dilakukan hanya dengan mengakses laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/ (DI SINI) dan secara otomatis akan diarahkan menuju laman kolom pencarian NISN Siswa.

Kolom pencarian tersebut harus diisi dengan meng-input/ memasukkan: NISN, Nama Ibu Kandung, Kode Captcha, dan untuk tahap terakhir yaitu dengan menekan tombol "CARI" di bagian kolom yang paling bawah.

2 (Dua) Cara/ Metode Mudah Cek dan Cari Data NISN Siswa Tahun 2021 Terbaru
2. Pencarian NISN Siswa Berbasis Nama (Identitas Diri Siswa)

Cara cek dan cari data NISN siswa berdasarkan Nama (Data Diri Siswa) bisa dengan mudah dilakukan hanya dengan mengakses laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama (DI SINI) dan secara otomatis akan diarahkan menuju laman kolom pencarian NISN Berdasarkan Nama.

Kolom pencarian tersebut harus diisi dengan meng-input/ memasukkan: Nama siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, Kode Captcha, dan untuk tahap terakhir yaitu dengan menekan tombol "CARI" di bagian kolom yang paling bawah.

2 (Dua) Cara/ Metode Mudah Cek dan Cari Data NISN Siswa Tahun 2021 Terbaru
Demikian informasi terkait 2 (Dua) Cara Mudah Cek dan Cari Data NISN Siswa Tahun 2021 yang disajikan. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Dua Cara Mudah Cek dan Cari Data NISN Siswa Tahun 2021 "