Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan dan Jadwal BDR di TVRI Minggu Ke-10 Tahun 2021 I PDF

Download Jadwal dan Panduan BDR di TVRI Minggu Ke-10/Kesepuluh 2021 (8-12 Maret 2021) I PDF

Kemendikbud kembali menggulirkan Jadwal dan Panduan BDR (Belajar dari Rumah) di TVRI, kali ini telah menginjak Minggu Ke-10/Kesepuluh 2021 ( Tanggal 8-12 Maret 2021). Untuk mengunduh Panduan dan Jadwal BDR di TVRI Minggu Ke-10 Tahun 2021, telah disediakan tautannya pada akhir tulisan ini.

Sekilas Tentang Panduan dan Jadwal BDR di TVRI Minggu Ke-10 Tahun 2021

Pembelajaran pada semester genap tahun ajaran 2020/2021, Kemendikbud telah menyiapkan program Belajar dari Rumah (BDR) yang ditayangkan di Televisi Republik Indonesia (TVRI) mulai jenjang pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar (SD). Tayangan tersebut dimulai dari bulan Januari s.d. Maret 2021, Senin s.d. Jumat, pukul 08.00 sampai 11.30 WIB.

Pada jenjang PAUD tayangan pembelajaran dimulai pukul 08.00 s.d. 08.30 WIB, dan jenjang SD kelas 1 pukul 08.30 s.d. 09.00 WIB, SD kelas 2 pukul 09.00 s.d. 09.30 WIB, SD kelas 3 pukul 09.30 s.d. 10.00 WIB, SD kelas 4 pukul 10.00 s.d. 10.30 WIB, SD kelas 5 pukul 10.30 s.d. 11.00 WIB, dan SD kelas 6 pukul 11.00 s.d. 11.30 WIB. Tayangan pada jenjang pendidikan SD mengikuti modul pembelajaran sesuai kurikulum (darurat) dengan mengutamakan pemenuhan kompetensi literasi, numerasi, dan penguatan karakter.

Berikut adalah panduan bagi orangtua yang memiliki anak jenjang PAUD:

Perkembangan nilai moral meliputi kemampuan mengenal nilai agama yang dianut, mengerjakan ibadah, berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, toleran terhadap agama orang lain, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Perkembangan fisik-motorik meliputi: (a) motorik kasar (gerakan tubuh secara terkoordinasi, lentur, seimbang, lincah, gerak lokomotor (berpindah tempat seperti berlari, melompat, dsb.), non- lokomotor (gerakan yang tidak memerlukan perpindahan tempat seperti peregangan), dan mengikuti aturan); (b) motorik halus (kemampuan dan kelenturan menggunakan jari sebagai alat eksplorasi dan ekspresi diri dalam berbagai bentuk); dan (c) kesehatan dan perilaku menjaga keselamatan.

Perkembangan kognitif meliputi: (a) memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari secara fleksibel serta menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam situasi yang baru; (b) berpikir logis (mengetahui berbagai perbedaan, klasifikasi, pola, berinisiatif, berencana, dan mengenal sebab-akibat); dan (c) berpikir simbolik (kemampuan membayangkan benda dan peristiwa yang tidak langsung terlihat depan mata anak, dan diwujudkan dalam bentuk, gambar, cerita, dll).

Perkembangan bahasa meliputi: (a) memahami bahasa reseptif (bahasa lisan yang didengar atau dibaca seperti memahami cerita dan aturan, menyenangi dan menghargai bacaan); (b) mengekspresikan Bahasa (bertanya, menjawab pertanyaan, berkomunikasi lisan, menceritakan kembali, belajar bahasa pragmatik, mengekspresikan perasaan, ide, dan keinginan dalam berbagai bentuk); dan (c) menunjukkan minat pramembaca (seperti mengenali bentuk dan bunyi alfabet dalam kata) dan pra-menulis (seperti memegang alat tulis/gambar, mencoret-coret).

Perkembangan sosial-emosional meliputi: (a) kesadaran diri (mengenal perasaan, keinginan, kebutuhan, kemampuan sendiri dan mengendalikan diri); (b) rasa tanggung jawab untuk diri dan orang lain (mengetahui hak-haknya, mentaati aturan, mengatur diri sendiri, serta bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan sesama); (c) kepercayaan diri, dan d. perilaku prososial (menjalin interaksi pertemanan, berempati, berbagi, serta menghargai hak dan keinginan orang lain; bersikap kooperatif, toleran, dan berperilaku sopan).

Sedangkan panduan bagi orangtua yang mempunyai anak duduk di kelas 1 SD, berikut adalah panduannya:

Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi anak dari melihat tayangan:
1. Pandulah anak memahami instruksi lisan dari tayangan program dengan cara meminta anak mengulanginya. Orang tua juga perlu mengajukan pertanyaan- pertanyaan kepada anak tentang katakata yang belum dipahami, lalu membantu menjelaskannya. Setelah anak mengerti, mintalah anak untuk membuat kalimat dari kata-kata tersebut.
2. Khusus untuk instruksi/pertanyaan tertulis (dalam bentuk teks), mintalah anak membaca kembali instruksi tersebut.
3. Bimbing anak untuk menyampaikan pendapatnya dengan melakukan diskusi.
4. Perhatikan bagaimana susunan kalimat yang dibuat anak.
5. Bantu anak agar bisa menyampaikan gagasan dengan kalimat yang benar dan runut.
6. Orang tua diharapkan bisa mengarahkan anak agar bisa mengemukakan pendapatnya lewat diskusi.
Mintalah anak menyampaikan gagasannya secara lisan. Jika memungkinkan, direkam.
7. Untuk tugas tertulis, bantulah anak menuliskan baris demi baris tugasnya.

Unuk diingat bahwa pembelajaran dalam program BDR/ Belajar Dari Rumah bukan dalam rangka mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi lebih menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi karena ia merupakan salah satu alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah, akibat pandemi Covid-19.

Berikut adalah tampilan preview yang berisi lengkap terkait Jadwal dan Panduan BDR di TVRI Minggu Ke-10/ Kesepuluh 2021 (8-12 Maret 2021) mulai dari jenjang PAUD hingga SD kelas 6.

Download Jadwal dan Panduan BDR di TVRI Minggu Ke-10/Kesepuluh 2021 (8-12 Maret 2021) I PDF

Berkas unduhan berisi Jadwal dan Panduan BDR di TVRI Minggu Ke-10/Kesepuluh 2021 (8-12 Maret 2021) ini bisa di-download melalui ikon download berikut ini.

Download Jadwal dan Panduan BDR di TVRI Minggu Ke-10/Kesepuluh 2021 (8-12 Maret 2021) I PDF

Posting Komentar untuk "Panduan dan Jadwal BDR di TVRI Minggu Ke-10 Tahun 2021 I PDF"