Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 (Enam) Langkah Tepat Cara Mengisi KIP Ke Dapodik!!

Cara Mengisi Nomor KIP dalam Aplikasi Dapodik Secara Tepat


Cara Mengisi Nomor KIP dalam Aplikasi Dapodik yang Tepat
KIP atau Kartu Indonesia Pintar adalah salah satu program unggulan pemerintah dalam hal pendidikan. KIP ini telah diterima oleh siswa yang dulunya adalah penerima PIP. Sesuai dengan surat edaran dari Kemdikbud RI, bahwa siswa penerima KIP itu harus dimasukkan datanya ke dalam aplikasi dapodik. Nah, bagi siswa-siswi penerima KIP seharusnya segera melapor kepada pihak sekolah agar sekolah segera bisa memberi input kepada operator sekolah guna meng-entry data KIP tersebut ke dalam aplikasi dapodik.


Yang jamak menjadi pertanyaan para operator sekolahan biasanya ada dua hal:
  • "No KIP itu terletak di bagian yang mana sih sebenarnya?", dan 
  • "Langkah yang tepat dan benar dalam mengisi data KIP ke aplikasi Dapodik itu bagaimana?"
Berikutnya kami akan mencoba sedikit menjelaskan tentang KIP dan Langkah tepat dalam memasukkan data KIP ke aplikasi Dapodik.
  1. Silahkan untuk Login terlebih dahulu ke sekolahan Anda masing-masing
  2. Silahkan kemudian Anda memilih menu PESERTA DIDIK. Untuk mempermudah dan mempercepat pencarian nama siswa karena data siswa yang terlalu banyak, jangan mencari dengan cara mengurut nama siswa karena Anda akan menghabiskan waktu terlalu banyak hanya untuk mencari nama siswa tersebut. Pada menu ini tersedia kolom kecil di pojok kanan atas untuk pencarian (search). Nah, Anda hanya perlu mengetikkan nama lengkap siswa Anda dan langsung saja tekan tombol Enter.
  3. Selanjutnya setelah nama siswa sudah muncul di aplikasi, segera klik saja nama siswa tersebut sehingga warna kolom pada nama siswa berubah menjadi berwarna biru. Setelah proses itu dilakukan, silahkan klik menu Ubah
  4. Maka akan muncul data pribadi siswa. Selanjutnya geser ke bawah hingga terlihat kolom Penerima KPS/ KKS/ PKH/ KIP. Isi saja sesuai contoh di bawah ini:

  • Penerima KPS/ KKS/ PKH/ KIP Pilih Ya
  • Masukkan Nomor KIP yang terletak di sudut kanan atas Kartu Indonesia Pintar. 
  • Kewarganegaraan : Indonesia
  •  Layak Diusulkan PIP pilih Ya
  • Alasan layak PIP : pilih Pemegang PKH/KPS/KKS/KIP
Cara Mengisi Nomor KIP dalam Aplikasi Dapodik yang BENAR

       5. Langkah berikutnya adalah Simpan, agar data yang telah kita input tersimpan secara sempurna pada aplikasi dan terkirim ke server.
       6. Dan langkah terakhir adalah lakukanlah Sinkronisasi sebelum Anda menutup aplikasi dapodik.





Itulah kiranya enam langkah tepat cara mengisi data KIP ke Dapodik yang lazim diterapkan agar memudahkan operator sekolah dalam melakukan proses input data KIP ke dapodik. Harapan kita semua semoga program KIP ini bisa sukses dan sesuai sasaran serta sesuai tujuan awalnya yang mulia. Dan ke depan semoga data KIP lebih sempurna dan valid sehingga akan lebih tepat ke sasaran penerimanya.

Posting Komentar untuk "6 (Enam) Langkah Tepat Cara Mengisi KIP Ke Dapodik!!"