SMP Terbuka Tanjung Sari Juara Satu Lomojari

| 05 Agustus 2016

SMP Terbuka Tanjung Sari Sumedang Juarai Lomojari Bidang Akademik 2016


SMP Terbuka Tanjung Sari Juarai Lomojari
Pict by: Pixabay





Final Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari) Bidang Akademik Tingkat Nasional Tahun 2016 diikuti siswa SMP Terbuka dari tiga provinsi, yaitu SMP Terbuka Tanjung Sari, Sumedang, Jawa Barat, SMP Terbuka Baso dari Sumatera Barat, dan SMP Terbuka Pagedangan dari Banten. Di akhir final, akhirnya skor tertinggi berhasil direbut oleh regu SMP Terbuka Tanjung Sari, Sumedang, Jawa Barat.

Lomojari Bidang Akademik pada tahun 2016 ini adalah penyelenggaraan yang ke-20 kalinya. Pada tataran final, terhitung ada tiga regu yang masing-masing terdiri dari tiga siswa SMP Terbuka. Mereka ialah siswa terbaik yang telah lulus seleksi Lomojari Bidang Akademik Tingkat Provinsi.

Lomojari Bidang Akademik terbagi dalam tiga babak. Babak pertama adalah babak wajib, di mana peserta wajib menjawab 11 pertanyaan hanya dalam rentang waktu 5 menit. Apabila ada soal yang belum bisa dijawab, mereka boleh melewatinya dan berlanjut ke soal berikutnya. Dan apabila masih memiliki sisa waktu, soal yang belum terjawab tadi akan dibacakan ulang sampai semua soal bisa terjawab.

Babak kedua adalah babak mengalir yang juga terdapat 11 pertanyaan. Apabila soal tidak bisa dijawab oleh Regu A, maka pertanyaan bisa dilempar ke Regu B. Pun juga jika Regu B tidak mampu menjawab, maka Regu C mendapat kesempatan untuk menjawab soal itu.

Babak ketiga adalah babak rebutan, di mana ada 33 soal untuk dijawab dalam waktu 10 menit saja. Setiap regu mempunyai kesempatan yang sama dalam menjawab soal-soal yang ada. Akan tetapi regu yang paling cepat menekan tombol saja yang diperkenankan untuk menjawab pertanyaannya. Pada babak rebutan ini diberlakukan sistem pengurangan skor. Regu yang mampu menjawab soal dengan benar akan mendapat skor 100, tetapi bila jawabannya salah, maka skor akan dikurangi 50 poin. Soal-soal dalam setiap babak di Lomojari Bidang Akademik ini diambil dari berbagai mata pelajaran, antara lain matematika, bahasa Inggris, fisika, sejarah, dan ekonomi.

Akhirnya, SMP Terbuka Tanjung Sari, Sumedang, Jawa Barat, berhasil meraih skor tertinggi dan keluar sebagai juara dalam Lomojari Bidang Akademik Tingkat Nasional Tahun 2016, dengan skor 2.750. Posisi kedua diraih SMP Terbuka Pagedangan, Banten, dengan skor 2.550, dan posisi ketiga diraih SMP Terbuka Baso, Sumatera Barat, dengan skor 1.700.

Sekretaris Panitia Lomojari 2016, Sukatno, mengatakan, para pemenang Lomojari Bidang Akademik ini akan menerima hadiah berupa medali, plakat, piagam penghargaan, dan uang pembinaan. Untuk juara pertama, mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 10 juta, juara kedua mendapatkan Rp 7,5 juta, dan juara ketiga mendapatkan Rp 5 juta. Selain itu, hadiah juga diberikan kepada guru pendamping masing-masing sekolah. Bagi guru pendamping juara pertama, mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 5 juta, guru pendamping juara kedua mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 3 juta, dan guru pendamping ketiga berhak atas uang pembinaan sebesar Rp 2 juta.

Lomojari Bidang Akademik diselenggarakan untuk memotivasi peserta didik SMP Terbuka agar dapat belajar secara kontinyu, karena siswa SMP Terbuka lebih banyak belajar mandiri daripada tatap muka. Lomojari dianggap memiliki nilai strategis dalam sosialisasi dan pengembangan SMP Terbuka. Lomojari merupakan kegiatan rutin tahunan dengan tujuan  untuk menyosialisasikan SMP Terbuka kepada masyarakat, mendorong peserta didik SMP Terbuka lebih tekun belajar, dapat meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran, memberikan bekal keterampilan kepada para anak didik.





InformasiGuru.Com Updated at: 06.05

0 comments:

Poskan Komentar

Kami berterima kasih atas partisipasi Anda dengan berkomentar. Namun demikian, komentar Anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Mohon maaf, menitipkan backlink yang tidak relevan dengan isi berita tidak akan kami tampilkan. Komentar yang menjurus SARA dan bersifat promosi juga tidak akan kami tampilkan. Salam sukses dan selamat berpartisipasi.