10 Tips Dahsyat Hadapi UN Tahun 2018

| 01 Februari 2017

Tips Jitu Hadapi UN Tahun 2017/2018 I TrikJitu dan Efektif Menghadapi UN 2018 I Strategi Mengerjakan Semua Soal UN 2018 I 10 (Sepuluh) Tips dan Trik Jitu Hadapi UN 2017/2018 I Tips Sukses Ujian Nasional 2018 I kiat-kiat sukses UN 2018 I Tips dahsyat menghadapi UN 2018 UntukSemua Siswa Dari SD SMP hingga SMA I 10 persiapan untuk menghadapi Ujian Nasional I 10 TIPS & TRIKS MENGHADAPI UN 2018 I Tips dan Trik Sukses Menghadapi Ujian Nasional 2018 Bagi Semua Jenjang Sekolah I Tips Sukses Ujian Nasional 2018 dengan Nilai Memuaskan I RAHASIA JITU HADAPI UN 2018 I Tips Lolos Ujian Nasional 2018 I Cara Sukses Menghadapi Ujian Nasional Tahun 2074/2018 I Tips Jitu dan Ampuh Menghadapi UN 2018 I Tips dan Trik Jitu Jelang UN 2017/2018 I
image by: Pixabay

Tips dan Trik Jitu Jelang UN 2017/ 2018 



Semangat Pagi, Salam Informasi....

Pada kesempatan hari ini, kami selaku situs pendidikan online ingin sekedar berbagi tips dan trik seputar cara menghadapi UN tahun 2017/ 2018 ini dengan tenang dan efektif agar sukses dalam mengerjakan soal-soal UN 2018. Tak terasa jadwal Ujian Nasional tahun 2018 ternyata sudah ada di depan mata.
Walau UN (Ujian Nasional) bukan menjadi penentu kelulusan, namun para siswa masih harus tetap belajar dengan serius untuk menghadapi UN 2018 ini karena hasil dalam ujian tersebut akan menjadi tolok ukur dan kebanggaan kita sebagai seorang siswa. Nah, agar selama ujian berjalan dengan mudah, lancar dan tenang, kita wajib melakukan hal yang membuat perasaan kita tidak tertekan agar apa yang telah kita pelajari selama persiapan menghadapi UN 2018 tidak buyar karena faktor panik dan ketakutan.

Segera saja, kami akan berbagi 10 tips dahsyat dan trik efektif guna menghadapi UN tahun 2018 ini. Mari kita simak bersama!
  • Memahami kisi-kisi UN
Mulailah rajin belajar, pahami kisi-kisi UN dan apabila memang diperlukan, silahkan membuat rangkuman materi secara rapi dan usahakan semua materi yang dianggap penting dimasukkan ke dalam rangkuman. Bisa juga untuk mengunjungi situs resmi yang telah disediakan oleh Pemerinta untuk mengakses kisi-kisi UN tahun 2018.
  • Perbanyak Latihan Soal
Kita harus lebih sering berlatih mengerjakan soal untuk menghadapi UN agar terbiasa dan merasa nyaman dengan berbagai kemungkinan soal yang akan keluar pada UN 2018 yang sebenarnya. Kita bisa mendownload prediksi soal-soal ujian via internet, kemudian mencoba mengerjakan contoh soal UN tersebut sesuai kemampuan. Degan mencoba latihan soal ujian, saat hari ujian berlangsung setidaknya kita tidak panik untuk menjawab karena sudah terbiasa berlatih.
  • Buatlah Jadwal untuk Belajar
Jangan hanya sekedar membuat jadwal belajar, kita juga harus konsisten dengan jadwal yang telah disusun. Nah buat yang hobby SKS alias Sistem Kebut Semalam, admin pikir kebiasaan ini harus segera diganti.
  • Persiapkan Mental Kita 
Buang jauh-jauh rasa takut dan minder sebelum menghadapi UN 2017/ 2018 yang sesungguhnya. Kita harus yakin bahwa kita pasti bisa. Apa yang harus ditakuti dari UN? Soal UN tidak seangker yang kita bayangkan! Tanamkan selalu rasa optimis bahwa kita pasti mampu mengerjakan semua soal UN 2018 dengan hasil yang ekselen. Toh semua materi yang akan keluar nantinya pada hakikatnya telah kita pelajari selama ini kan? So, kenapa harus takut gagal??
  • Menjaga Kesehatan
Menjaga agar tubuh tetap sehat adalah hal yang paling penting dalam menghadapi Ujian Nasional tahun 2017/ 2018. Tetap jaga kesehatan, perbanyak asupan makanan yang mengandung vitamin dan bergizi, perbanyak makan buah-buahan dan sayuran serta sempatkan untuk olahraga walaupun cuma sebentar.
  • Bergabung Dalam Kelompok Belajar
Dengan belajar berkelompok, akan mempermudah kita dalam belajar. Karena disana kita bisa berdiskusi dan saling bertukar pendapat mengenai materi yang akan diujikan nantinya. Apabila kita telah mempunyai kisi-kisi UN, di situ bisa dibahas bersama serta latihan mengerjakan soal bersama-sama. Apabila ada kesulitan, bertanyalah pada teman yang menguasai tentang materi tersebut. Inilah fungsi utama belajar kelompok yakni saling melengkapi pesertanya.
  • Stop Berpikir Mencari Bocoran Soal
Tiada gunanya berusaha mencari bocoran soal yang tidak jelas sumbernya, selain itu adalah perbuatan curang dan tidak jujur, kenapa pula kita harus merogoh kocek untuk sesuatu yang tidak jelas kan? Intinya adalah berusaha jujur kepada diri sendiri, percayalah pada diri sendiri bahwa kita mampu dan bisa menyelesaikan semua soal UN dengan hati tenang dan mantap.
  • Jadwalkan Waktu Untuk Bersantai
Di sela-sela kesibukan kita dalam belajar demi menghadapi UN 2018 ini, hal yang harus diperhatikan ialah untuk sekedar merehatkan sejenak otak kita dari rutinitas belajar barang sejenak. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk merelaksasi agar otak kita tidak senantiasa tegang. Salah satunya, bisa jalan-jalan dan mencari pemandangan yang elok, bisa pula meluangkan waktu untuk bermain game dan seterusnya sesuai hobby kita tentunya. Biarkan otak beristirahat minimal 1 minggu sebelum menghadapi UN tahun 2017/ 2018. Jangan biarkan otak kita dalam kondisi overheat pada saat akan dipergunakan nanti dalam menghadapi UN tahun 2018 ini.
  • Berdoa Secara Khusyuk
Jangan pernah menganggap ritual berdoa adalah hal yang tidak penting atau sepele. Perbanyak doa dan dekatkanlah diri kepada Tuhan. Tapi bukan berarti hanya ketika ada momen UN dan sejenisnya saja lantas kita berbondong-bondong berdoa ya, hehehe....
Seperti sebuah penelitian yang pernah dilakukan, berdoa dengan khusyukakan sangat berpengaruh sekali secara psikologis, doa juga akan menguatkan mental kita dalam menghadapi apapun.
  • Minta Doa dan Restu Kepada Orang Tua
Selain tips dahsyat menghadapai UN tahun 2018 yang telah kami paparkan di atas, hal yang tak kalah penting dan magis adalah meminta doa restu dari orang tua kita. Karena doa ortu pasti tulus dan doa tulus pasti dikabulkan oleh Tuhan.

Kami cukupkan dahulu mengenai 10 tips dahsyat dan jitu menghadapi UN tahun 2017/ 2018, semoga bermanfaat membantu Anda dalam mempersiapkan diri jelang menghadapi UN tahun 2017/ 2018 ini. Wajib selalu diingat bahwa kesuksesan siswa dalam menghadapi UN bukan hanya ditentukan oleh faktor teknis saja akan tetapi juga faktor non teknis tentunya. Semoga sukses dan selamat menjalani UN tahun 2018 dengan tenang dan prima agar berhasil dan mendapatkan hasil yang aduhai untuk bisa membanggakan orangtua kita pastinya. Akhir kata, salam sukses selalu!

Kami akan sangat berterima kasih jika Anda berkenan membagikan postingan ini di sebelah kiri halaman ini.





InformasiGuru.Com Updated at: 15.32

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Untuk Tetap Menjalin Silaturahmi