Buku Petunjuk Aplikasi Pondok Pesantren (Pontren)

| 30 Januari 2018

Download Buku Petunjuk (User Manual) Aplikasi Pondok Pesantren (Pontren) Terbaru

Download Buku Petunjuk (User Manual) Aplikasi Pondok Pesantren (Pontren) Terbaru







Sebelum menggunakan Aplikasi Pondok Pesantren (Pontren) Aplikasi Pontren merupakan aplikasi yang berfungsi untuk memasukkan data-data yang berkaitan dengan Pondok Pesantren.

Sebelum anda dapat membuka tampilan aplikasi Pontren, perlu diingat bahwa aplikasi ini adalah aplikasi berbasis web, sehingga untuk membukanya dibutuhkan software penjelajah internet (browser) seperti Mozilla Firefox, Google Chroom, Internet Explore dan lain-lain. Namun perlu diingat, untuk jenis browser yang disarankan yang compatible dengan aplikasi ini adalah Mozilla Firefox.ini, sebaiknya pengguna mengetahui terlebih dahulu tampilan dan fungsi dari tabel/grid identitas lembaga yang dipergunakan.

Berikut adalah tautan Download Buku Petunjuk (User Manual) Aplikasi Pondok Pesantren (Pontren) Terbaru:




Berikut adalah kutipan dari user manual atau buku petunjuk aplikasi pontren tersebut:

BAB I

BAGIAN INTERFACE LAMAN

Sebelum menggunakan Aplikasi Pondok Pesantren (Pontren) ini, sebaiknya pengguna mengetahui dulu tampilan interface disertain dengan menu-menu yang tertera di dalam halaman laman tersebut. Alamat laman yang digunakan adalah http://emispendis.kemenag.go.id, yang ketika alamat ini diketikkan di bar address browser (IE, Firefox, Google Chroom, dll), maka akan terbuka halaman sebagai berikut:

Pada tampilan halaman awal tersedia berbagai macam menu pilihan yakni, Laporan Statistik Pendidikan, Aplikasi, FAQ, Petunjuk Pengisian dan Forum. Selain itu juga pada halaman tersebut juga tampil fasilitas Cari Detail Lembaga untuk mengetahui posisi lembaga berdasarkan titik koordinat.

Pada bagian dibawah ini akan kita bahas satu persatu menu-menu yang ada pada tampilan awal laman ini.

1. Petunjuk Pengisian.

Pada menu ini tersedia petunjuk pengisian form pendataan yang digunakan untuk mengisi di bagian aplikasi. Saat ini petunjuk pengisian itu dibedakan untuk masing- masing jenjang lembaga yang akan didata, yakni RA/BA, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Madrasah Diniyah, Pondok Pesantren, TPQ, Guru PAIS, Pengawas, PTAI dan tentunya petunjuk untuk aplikasi pengendalian program dan evaluasi.
2. FAQ.

Pada menu ini tersedia file pertanyaan dan solusi yang selama ini dirangkum dari permasalahan sejak aplikasi EMIS berbasis web diluncurkan. Selain itu pada aplikasi ini juga tersedia petunjuk cara mencari titik koordinat bumi yang nanti akan diisikan pada formulir aplikasi pendataan, serta juga terdapat tools untuk mengonversi titik koordinat bumi dari titik berbasis google map ke titik koodinat berbasis GPS.
3. Aplikasi.

Pada menu ini tersedia aplikasi-aplikasi yang dikelola oleh Subbag Sistem Informasi antara lain:
1. Aplikasi Pendataan RA dan Madrasah.

2. Aplikasi Pendataan Pontren, Madin dan TPQ.

3. Aplikasi Pendataan Guru PAIS dan Pengawas.

4. Aplikasi Pendataan PTAI, dan

5. Aplikasi Pengendalian Program dan Evaluasi.

Aplikasi EMIS online selama ini merupakan gabungan dari aplikasi RA dan Madrasah, Pontren, Madin dan TPQ, Guru PAIS dan Pengawas. Sementara Aplikasi PTAI dan Pengendalian Program dan Evaluasi sudah berdiri sendiri.
4. Laporan Statistik Pendidikan.

Pada menu ini tersedia laporan-laporan berupa rekapitulasi data statistik yang ditampilkan perpropinsi, perkabupaten/kota, dan perkecamatan. Untuk saat ini laporan statistik ini baru tersedia untuk jenjang RA/BA, MI, MTs, MA dan Pengawas.

Masing-masing jenjang lembaga pada laporan statistik pendidikan antara lain berisi: jumlah lembaga, jumlah rombel, kualifikasi pengajar, jumlah santri, penghasilan orangtua, kondisi ruang kelas, jumlah santri DO, jumlah santri pengulang, jumlah santri tamat belajar, jumlah tenaga pengajar yang bersertifikat. Pada menu laporan ini juga disertai pilihan tahun pelajaran yang ingin dilihat.
5. Forum.

Forum ini merupakan fasilitas baru yang dibuat sebagai sarana saling berbagi informasi dan pengalaman antar sesama pengguna aplikasi.
6. Menu Pencarian.

Menu ini merupakan menu baru yang tersedia di laman ini. Menu ini digunakan untuk mencari letak suatu lembaga berdasarkan titik koordinat bumi yang nantinya ditampilkan ke dalam bentuk peta Google. Untuk saat ini titik pencarian masih berdasarkan NSM lembaga yang bersangkutan, seperti contoh berikut ini:

Demikian tulisan tentang

Download Buku Petunjuk (User Manual) Aplikasi Pondok Pesantren (Pontren) Terbaru

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 19.42

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!