Soal-Jawab Siap UAMBN Tahun 2018 Mapel SKI MA: IPA/IPS/Bahasa

| 20 Februari 2018

Download Soal dan Kunci Jawaban Siap UAMBN Tahun Pelajaran 2017-2018 Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MA: IPA/IPS/Bahasa

Download Soal dan Kunci Jawaban Siap UAMBN Tahun Pelajaran 2017-2018 Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MA: IPA/IPS/Bahasa







Soal dan Kunci Jawaban Siap UAMBN Tahun Pelajaran 2017-2018 Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MA: IPA/IPS/Bahasa ini disajikan dengan harapan bahwa ia dapat menjadi rujukan belajar bagi para peserta didik di madrasah aliyah (MA) Kelas 12 yang hendak menghadapi UAMBN Tahun Pelajaran 2017-2018.

Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) untuk MA ini akan diadakan pada akhir Maret 2018. Untuk lebih detail mengenai jadwal pelaksanaan UAMBN tahun pelajaran 2017/2018 ini, silahkan klik tautan di bawah ini:


Soal-Jawab Siap UAMBN Tahun 208 Mapel SKI MA: IPA/IPS/Bahasa ini kami lengkapi dengan kunci jawaban sehingga diharapkan dapat memudahkan calon peserta UAMBN dengan baik. Soal yang disajikan berasal dari soal UAMBN mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Tahun 2014/2015. Dengan demikian, ia dapat dipertanggungjawabkan secara empirik.

Berikut adalah tautan download Soal-Jawab Siap UAMBN Tahun 208 Mapel SKI MA: IPA/IPS/Bahasa:




Berikut adalah kutipan dari Soal dan Kunci Jawaban Siap UAMBN Tahun Pelajaran 2017-2018 Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MA: IPA/IPS/Bahasa tersebut:



3. Pada periode da'kwah sembunyi-sembunyi Nabi Muhammad SAW memperoleh beberapa orang yang memeluk agama Islam. Para sahabat Nabi Muhammad SAW yang masuk Islam pada periode dakwah sernbunyi-sembunyi (sirriyah) tersebut dinamakan . . . .
A. Ashaabul Kahfi
B. Ahlush Shuffah
C. As Saabiquunal Awwaluun
D. Ahlu Baitir Rasuul
E. Ashaabul Awwa[un

4. Para pengikut Nabi Muhammad SAW dalam dakwah sirriyah berasal dari beberapa kalangan. Diantara rnereka ada yang berasal dari orang dewasa, anak-anak, wanita dan budak. Orang yang pertama kali masuk Islam dari kalangan budak adalah ....

A. Zaid bin Haritsah
B. Umar bin Abdul Aziz
C. Amar bin Yasir
D. Ali bin Abi Thalib
E. Bilal Bin Rabah

5. Ketika dakwah Nabi Muhammad SAW mulai berkembang di Mekah maka ujian dan cobaan selalu dihadapi oleh Rasulullah SAW dan para sahabat. Sebuah tempat yang dituju oleh para sahabat Rasulullah SAW dalam menyebarkan agama Islam keluar dari kota Mekah atas perintah Rasulullah SAW yaitu . . . .

A. Yatsrib B. Habasyah C. Quba D. Thaif E. Syam

6. Pada periode dakwah di Mekah pengikut Nabi Muhammad SAW semakin hari semakin banyak, ditambah lagi dengan masuk Islamnya Hamzah dan Umar bin Khattab. Hal ini membuat orang-orang Quraisy bertambah marah terutama semakin menyiksa Nabi SAW dan para pengikutnya. Salah satu bentuk kemarahan orang-orang Quraisy adalah pemboikotan. Diantara isi piagam pemboikotan tersebut yaitu ....

A. Mereka akan menikahi orang-orang Islam
B. Mereka akan menyerahkan Muhammad SAW
C. Mereka tidak akan saling berjual beli dengan orang Islam
D. Mereka menerima permintaan nikah orang-orang Islam
E. Mereka tidak akan saling menyerang satu sama lain

. Sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Yatsrib, telah datang beberapa orang Yatsrib yang ingin memeluk agama Islam. Untuk memenuhi permohonan orang Yatsrib tersebut maka Nabi Muhammad SAW membuat perjanjian dengan mereka. Nama perjanjian tersebut adalah . . . .
A. Perjanjian Hudaibiyah
B. Perjanjian Aqabah
C. Perjanjian Mekah
D. Tahkim Daumatul Jandal
E. Piagam Madinah

8. Ada dua perjanjin antara Nabi Muhammad SAW dengan penduduk Yatsrib. Diantara isi perjanjian Aqabah II yang sangat penting bagi perkembangan Islam, yaitu . . . .
A. Mereka tidak akan mendurhakai Nabi Muhammad SAW

B. Kaum muslimin Yatsrib siap membela Islam dan RasulullahSA W
C. Mereka tidak akan berbuat fitnah, dusta dan curang
D. Mereka tidak akan berzina
E. Mereka tidak akan mencuri

9. Ketika Rasulullah SAW hendak hijrah ke Yatsrib maka beliau terlebih dahulu bersembunyi di sebuah tempat untuk menghindari pengejaran orang-orang kafir Quraisy. Nama tempat tersebut yaitu

A. Thaif B. Gua Tsur c. Gua Hira' D. Bukit Shafa E. Bukit Tursina

l 0. Dalam perjalanan hijrah Rasulullah SAW ke Yatsrib beliau terlebih dahulu singgah disebuah tempat dan membangun masjid disana. Nama masjid tersebut yaitu . . . .

A. Masjid Aqsha B. Masjid Nabawi C. Masjid Namirah D. Masjid Qiblatain E. Masjid Quba

11. Setelah hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah maka beliau mulai melakukan usaha­-usaha dalam memajukan perkembangan dakwah Islam. Diantara usaha-usaha beliau adalah

A. Mempersaudarakan Muhajirin dan Anshor
B. Mengutus rombongan shahabat untuk hijrah ke Abisena
C. Meminta perlindungan kepada penduduk Thaif .
D. Membuat perjanjian-perjanjian dengan suku Auz dan Khazraj
E. Melakukan ibadah haji bersama para shahabat

12. Untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara umat Islam dan suku-suku di Madinah, maka Rasululah SAW membuat perjanjian-perjanjian damai dengan mereka. Sebuah perjanjian damai antara Nabi Muhammad SAW kaum Yahudi dan suku-suku di sekitar Madinah disebut perjanjian . . . A. Madinah
B. Hudaibiyah
C. Aqabah
D. Mekah
E. Yamamah

13 . Umat Islam tidak diperbolehkan menjalankan umrah tahun ini. Tahun depan baru diperbolehkan. Umat Islam tidak diperbolehkan berada di Mekah lebih dari tiga hari. Pemyataan ini merupakan isi dari perjanjian . . . .

A. Aqabah I
B. Aqabah II
C. Daumatil Janda!
D. Hudaibiyah
E. Madinah

1 4. Ketika Rasulullah SAW hijrah ke Madinah, banyak suku-suku yang saling bennusuhan.
Suku yang kuat mengalahkan suku yang Jemah. Dua suku besar yang berhasil didarnaikan oleh Rasulullah SAW di Madinah yaitu ... .

A. Hasyim dan Mutalib
B. Aus dan Khazraj
C. Muhajirin dan Anshor
D. Saqif dan Daus

15. Rasulullah SAW dalam mengembangkan dakwah Islam di Madinah tidak terlepas dari serangan dan ancaman orang-orang Yahudi dan orang-orang kafir. Sehingga sering terjadi kontak senjata antara umat Islam dan orang-orang kafir. Perang yang menggunakan strategi pembuatan parit yaitu perang . . . .

A. Khandaq
B. Mu'tah
C. Uhud
D. Badar
E. Hunain

16. Perang Badar yaitu peperangan yang pertama kali terjadi antara umat Islam dan orang kafir Quraisy. Pasukan umat Islam sebanyak 313 orang. Sedangkan pasukan kafir Quraisy sebanyak l .000 orang yang dipimpin oleh . . . .

A. Abu Lahab
B. Abu Jahal
c.. Abu Sufyan
D. Abu Thalib
E. Abu Lu'luah

17 . Perang Uhud terjadi pada tahun 3 H bertepatan dengan tahun 625 M di sebuah perbukitan bemama Uhud. Pasukan Islam pada awalnya berjumlah 1.000 orang. Namun kemudian pasukan Islam berkurang 300 orang membelot karena hasutan seorang munafiq, yaitu . . . .

A. Abdullah bin Umar
B. Abdullah bin Ubay
C. Abdullah bin Mas'ud
D: Abdullah bin Baz
E. Abdullah bin Zubair

8. Fatkhu Makkah berarti pembebasan kota Mekah yang terjadi pada bulan Ramadhan tahun 8 H atau tahun 630 M. Sebab utama terjadinya Fatkhu Makkah adalah Kaum kafir Quraisy . ..

A. melanggar perjanjian Madinah.
B. melanggar perjanjian Hudaibiyah.
C. bersekutu dengan Yahudi.
D. merampas harta benda kaum muslimin Mekah.
E. menyerang umat Islam yang berada di Madinah.

19. Perjalanan dakwah Nabi Muhammad SAW mulai dari kota Mekah sampai kota Madinah banyak mengalami suka dan duka. Sebuah ibrah atau pelajaran yang dapat diambil dari dakwah Nabi Muhammad SAW periode Mekah adalah ....

A. Memiliki berbagai macam akidah dan kepercayaan
B. Kompromi terhadap kekufuran, kemusyrikan dan kemaksiatan
C. Kurang bersemangat dalam menegakkan ajaran Islam
D. Memperkaya diri dengan kekayaan dan kekuasaan
E. Sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan dalam berdakwah

20. Sedangkan ibrah atau pelajaran yang dapat diambil dari dakwah Nabi Muhammad SAW

. periode Madinah adalah .. . .

A. Berdakwah semata-mata untuk mencari harta rampasan perang

B. Menyandarkan keberhasilan dakwah semata-mata dari Allah SWT. C. Berperilaku sopan santun terhadap pembelot dan musuh Islam
D. Mengadakan hijrah untuk memperoleh kekayaan dan kejayaan

E. Mencari pendukung dari orang-orang yang lemah imannya.

21. Sebagian besar dari shahabat Nabi Muhammad SAW telah memiliki gelar dari nama mereka.Salah seorang shahabat Nabi Muhammad SAW yang mendapat gelar Dzunnurain (yang memiliki dua cahaya) adalah ...

A. Abu Bakar
B. Otsman bin Affan
C. Umar bin Khatab
D. Ali bin Abi Tholib
E. Zaid bin Tsabit

22. Sepeninggal Nabi Muhammad SAW ada golongan dari Anshar berkumpul mengajukan wacana dan gagasan tentang siapa yang pantas menggantikan Nabi Muhammad SAW Naiknya Abu Bakar ash Shidiq menjadi khalifah adalah melalui proses ....

A. Penunjukkan
B. Pengangkatan
c. Keturunan
D. Pemilihan
E. Perwakilan suku

Demikian tulisan tentang

Download Soal dan Kunci Jawaban Siap UAMBN Tahun Pelajaran 2017-2018 Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MA: IPA/IPS/Bahasa

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 12.23

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!