Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 K13

| 15 Maret 2018

Download Contoh Soal Siap  UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013

Download Contoh Soal Siap  UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013







Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 ini disajikan dengan harapan bahwa ia dapat menjadi sarana belajar bagi para peserta didik kelas 8 SMP/MTs yang hendak menempuh ulangan/penilaian akhir semester 2/II untuk mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia.

Ulangan/Penilaian Akhir Semester 2/II ini sering disingkat dengan UAS/PAS 2/II. Sering juga disebut dengan ulangan kenaikan kelas (UKK). Apapun istilahnya, ia merupakan sarana evaluasi belajar bagi para peserta didik/siswa yang diadakan pada akhir semester dua (2/II). Ia juga menjadi hal yang sangat penting keberadaannya karena kontribusi atau sumbangannya terhadap penentuan kenaikan kelas siswa kelas 8 menuju ke jenjang berikutnya, yaitu kelas 9.

Pendekatan kurikulum Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 yang disajikan adalah Kurikulum 2013. Contoh soal berasal dari soal yang secara nyata telah disajikan pada tahun sebelumnya, yaitu contoh soal tahun 2017. Dengan demikian, ia memiliki prediktabilitas atau kemampuan prediksi yang cukup baik. Satu hal lagi adalah bahwa dengan menyajikan contoh soal yang nyata, maka kriteria validitas empirik tentu saja dapatlah dipertanggungjawabkan.

Berikut adalah tautan Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013:



BACA JUGA CONTOH SOAL SIAP UKK/UAS/PAS SMP-MTS KELAS 8 UNTUK MAPEL LAINNYA


Berikut adalah kutipan dari Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 K13 tersebut:



Memang ada beberapa SMP yang melarang siswa-siswinya membawa sepeda motor ke dalam sekolah. Namun, larangan tersebut tidak efektif,karena ternyata para pelajar tersebut lebih cerdik. Mereka tetap membawa sepeda motor dan memarkir kendaraannya di luar halaman sekolah dan tempat-tempat lainnya di dekat sekolah.

Memang serba konflik, kalau ditinjau dari aturan lalu lintas, sebenarnya mereka tidak diperbolehka membawa sepeda motor karena tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SlM). Faktor umur membatasi mereka mendapatkan SIM C.

9. Ringkasan kutipan teks tersebut yang benar adalah ...

A. SMP melarang siswa nya membawa sepeda motor ke sekolah
B. SMP yang melarang siswanya membawa sepeda motor ke sekolah karena belum memiliki SIM
C. SMP yang melarang siswanya membawa sepeda motor perlu ditinjau dari aturan lalu lintas
D. SMP yang melarang siswanya membawa sepeda motor ke seolah memang serba dilematis

10. Perbaikan kata bercetak miring pada paragraf 2 yang tepat adalah

A. konflik-menggunakan
B. masalah-menggunakan
C. dilematis-mengendarai
D. dilematis-menggunakan

Emak dan Sepotong Roti merupakan salah satu judul karya sastra Caswati, yang berupa cerpen. Cerpen karangan mahasiswi jurusan satra di UGM ini menceritakan Ientang kisah perjuarigan seorang emak dalam memenuhi kebutuhan keluarganya. Ia rela melakukan pekerjaan berat demi menyekolahkan kedua putrinya, Dani dan Dina.

Cerita dalam cerpen Emak dan Sepotong Roti ini diawali dengan peristiwa kemarau berkepanjangan yang menelan sebuah desa. Kemarau itu mengakibatkan lahan persawahan dan sungai sumber mata air penduduk desa mengering. Keadaan itu rnembuat sebagian warga meninggalkan sungai tersebut.

Cerpen karangan gadis kelahian 23 September 1989 ini lersusun sangat runtut, sehingga pembaca
lebih mudah memahami isinya. Selain itu, kosakata yang digunakan rnembuat pembaca terlarut dalam cerita. Serta, alur ceritanya yang unik dan berbeda dengan cerpen-cerpen zaman sekarang vang biasanya berisi tentang kisah cinta remaja. Namun sayangnya, ada beberapa kata yang tak baku dalam cerpen tersebut.

Dengan mengesampingkan kekurangan tersebut, cerpen ini sangatlah serasi untuk remaja Indonesia. Sebab, di dalamnya  termiliki banyak pesan yang bermakna, yang dapat memotivasi agar semangat menjalani kita hidup, bersyukur atas segala pemberian Tuhan, berbakti kepada orang tua, dan bekerja keras untuk mewujudkan sesualu yang kita inginkan.



Berikut dipetikkan pula ruang lingkup pembelajaran mapel Bahasa Indonesia Kelas 8/VIII Kurikulum 2013, terutama Semester 2/II

Konsep utama pengembangan buku teks adalah genre-based. Genre (fungsi bahasa) dimaknai sebagai kegiatan sosial yang memiliki jenis yang berbeda sesuai dengan tujuan kegiatan sosial dan tujuan komunikatifnya. Masing-masing jenis genre (tipe teks) memiliki kekhasan cara pengungkapan (struktur retorika teks) dan kekhasan unsur kebahasaan.

Pedagogi Genre yang menjadi model pembelajaran bahasa berbasis genre mencakup empat hal prosedur utama, yaitu (1) penentuan konteks teks dan membangun pengetahuan tentang teks yang akan dipelajari, (2) pemodelan dan dekonstruksi, (3) konstruksi siswa yang dibantu guru dalam berbagai latihan dan tugas hingga menyusun teks sasaran (joint construction), (4) tugas dan latihan teks sasaran secara mandiri dan minim bantuan guru (independent construction). Perhatikan gambar di atas. Prosedur ini diwadahi dalam buku teks dengan pembagian 3 subbab, yaitu dekonstruksi, pra-konstruksi, dan konstruksi. Setiap bab berisi tiga subbab tersebut. Kegiatan dalam setiap subbab diharapkan bervariasi dan sesuai dengan jenis teks yang dipelajari.

Istilah konstruksi bermakna proses menyusun/menciptakan hingga menjadi produk kompetensi. Dekonstruksi yang dimaksud adalah siswa dibekali dengan kompetensi pengetahuan dan pemahaman cara menyusun atau menciptakan teks. Bagian dekonstruksi berupa pemberian informasi tentang teks yang akan dipelajari dan mencermati model teks. Ibarat orang akan membuat mobil maka dibekali dengan pengetahuan dan pemahaman tentang mobil, termasuk struktur (kerangka dasar) mobil, dan cara kerja mesin mobil.

Telaah model adalah umpama mengamati semua hal tentang mobil. Model teks dapat diambil dari penggunaan otentik dari media massa (cetak dan elektronik) atau penggunaan di masyarakat yang tidak terpublikasi. Model teks juga dapat dikembangkan oleh penulis. Pada kegiatan ini, pendekatan saintifik dapat diterapkan untuk mendekonstruksi model teks. Model teks dapat diberikan lebih dari satu, termasuk untuk latihan analisis model.

Setelah itu disebut pra-konstruksi, yaitu mencoba merakit kembali bagian-bagian mobil yang sudah dipilah-pilah. Setelah berhasil maka langkah berikutnya adalah membuat mobil. Peran guru dalam kegiatan dekonstruksi dan prakonstruksi sangat dibutuhkan. Pendekatan saintifik tidak berarti membiarkan siswa mencari sendiri tanpa bekal dan bimbingan. Joint construction bukanlah kerja bersama atau kerja kelompok , tetapi guru membimbing siswa agar mampu menyusun sendiri. Ibarat sebelum bermain sepak bola, guru melatih siswa berlari, membawa bola, atau menendang bola.
Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013
Kompetensi berbahasa membutuhkan latihan menggunakan kata dan menyusun kalimat yang khas untuk teks tertentu. Inilah yang dilakukan dalam tahap prakonstruksi. Bahkan, pada tahap konstruksi siswa tetap dalam bimbingan guru.

Bagian akhir (konstruksi) adalah berisi panduan, tugas, dan latihan menyusun teks secara mandiri. Guru berfungsi sebagai fasilitator. Tugas dan latihan yang otentik dan menarik. Panduan penilaian untuk self assessment sebaiknya juga disajikan dalam buku yang bersifat opsional.



Demikian tulisan tentang

Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 20.54

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!