Soal-Jawab Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP-MTs Kelas 8 Bahasa Inggris K13

| 25 Maret 2018

Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Beserta Pembahasan Siap  UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013







Contoh Soal dan Kunci Jawaban Beserta Pembahasan Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 ini disajikan dengan tujuan untuk membantu para siswa kelas 8 SMP atau MTs yang hendak mengikuti ulangan kenaikan kelas (UKK) Semester 2/II khusus mata pelajaran Bahasa Inggris.

Contoh soal yang disajikan pada halaman ini berasal dari contoh soal nyata yang pernah diujikan pada tahun 2017 yang lalu. Dengan demikian, maka contoh soal yang disajikan ini memenuhi kriteria kesahihan atau validitas empirik. Contoh Soal dan Kunci Jawaban Beserta Pembahasan Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 yang disajikan ini juga disertai dengan kunci jawaban beserta pembahasan secara tuntas. Namun demikian, jawaban beserta kunci pembahasan hanya sampai dengan 25 nomor pertama saja dengan harapan bahwa ia menjadi pancingan saja agar para siswa juga membuka buku pelajarannya kembali.

Pendekatan contoh soal yang dipakai adalah kurikulum 2013 edisi revisi. Dengan demikian, maka ia memenuhi kriteria kebaruan atau novelty. Dengan berbagai kriteria yang disebutkan, maka diharapkan contoh soal yang disajikan ini dapat menjadi sarana belajar yang dapat diandalkan.

Berikut adalah tautan Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Beserta Pembahasan Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013:


Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Beserta Pembahasan Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013

BACA JUGA CONTOH SOAL SIAP UKK/UAS/PAS SMP-MTS KELAS 8 UNTUK MAPEL LAINNYA


Berikut adalah kutipan dari Soal-Jawab Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP-MTs Kelas 8 Bahasa Inggris tersebut:



1. Look at the pictures
Handbag A ; Price Rp 430.000
Handbag B; Price Rp 400.000
The price of handbag A is .... than handbag B.
A. Expensive
B. Most expensive
C. More expensive
D. The most expensive
Pembahasan: Dalam soal ini ditanyakan apakah harga Tas A .... dari Tas B. Karena Tas A berharga Rp 430.000 dan lebih mahal daripada Tas B, maka secara sederhana dinyatakan bahwa Tas A lebih mahal daripada Tas B.
Aspek tata bahasa yang dibahas pada soal kali ini adalah degrees of comparison . Untuk kata yang memiliki lebih dari tiga suku kata, maka pernyataan lebih menggunakan more dan paling menggunakan the most. Jadi jawaban yang benar adalah C atau more expensive.
2. Safa is ..... than Sarah.

A. Smaller
B. Bigger
C. Fatter
D. Taller
Jawaban: D. Taller
Dalam soal ini terdapat keterangan mengenai usia dan tinggi badan. Aspek tata bahasa yang dibahas kali ini adalah degrees of comparison. Berdasarkan gambar, kesimpulan yang didapat adalah bahwa Safa lebih tinggi daripada Sarah. Untuk satu suku kata, maka pernyataan lebih dari menggunakan er. Tinggi badan dinyatakan dengan kata sifat tall. Dengan demikian, maka untuk menyatakan lebih tinggi, tall menjadi taller.
3. Wildan is ... of them all.
A. Oldest
B. Youngest
C. The oldest
D. The youngest
Jawaban: C
Masih menggunakan acuan keterangan yang sama didapat bahwa usia Wildan adalah yang tertua. Aspek gramatikal atau tata bahasa yang dipakai adalah degrees of comparison. Untuk menyatakan paling, maka digunakan the + kata sifat + est. Dengan demikian, maka untuk menyatakan bahwa Wildan adalah yang tertua, maka digunakan the oldest
4. Moon Hotel has .... facilities than Sun Hotel.
A. Fewest
B. Fewer
C. Much
D. More
Jawaban: D
Dalam gambar terlihat bahwa Moon Hotel memiliki fasilitas yang lebih banyak daripada Sun Hotel. Aspek tata bahasa yang digunakan masih menggunakan degrees of comparison. Dalam degrees of comparison, untuk menyatakan bahwa kata benda memiliki jumlah yang lebih banyak, maka digunakan rumus More + Kata Benda (Noun). Dalam hal ini digunakan kata more untuk menyatakan bahwa Moon Hotel memiliki fasilitas yang lebih banyak daripada Sun Hotel.
5. Sun Hotel has ... rooms than Moon Hotel.
A. Few
B. Less
C. Fewer
D. Fewest
Jawaban: C
Berdasarkan keterangan pada gambar, Sun Hotel memiliki jumlah kamar yang lebih sedikit daripada Moon Hotel. Aspek tata bahasa yang digunakan masih tetap menggunakan degrees of comparison. Untuk menyatakan bahwa kata benda (dalam hal ini adalah jumlah kamar) lebih sedikit, maka digunakan kata fewer atau less.
6. The football field is in bad condition. It gets .... after the rain.
A. Bad
B. Good
C. Better
D. Worse
Jawaban: E
Soal ini masih menggunakan aspek tata bahasa berupa degrees of comparison. Untuk menyatakan bahwa sesuatu itu lebih baik, maka digunakan kata better. Sebaliknya untuk mengungkapkan bahwa sesuatu itu lebih buruk, maka digunakan kata worse.
7. There are 5 pockets on my bag, and 8 pockets on Andi’s bag. My bag has ... pockets, and Andi’s bag has more pockets.
A. Less
B. More
C. Fewer
D. Fewest
Jawaban: C
Soal ini masih tetap menggunakan aspek tata bahasa berupa degrees of comparison. Terdapat dua hal yang memerlukan kajian khusus, yaitu less dan fewer. Manakah yang harus digunakan? Berdasarkan laman oxforddictionaries.com, perbedaan fewer dan less adalah pada letak kata bendanya. Jika kata benda yang dibandingkan adalah tidak terhitung (uncountable noun), maka digunakan kata pembanding less. Jika kata benda yang dibandingkan adalah kata benda yang terhitung (countable noun), maka digunakan kata fewer.
8. The stone and the cotton have the same size. But, the stone is .... than the cotton.
A. Heavier
B. Smaller
C. Lighter
D. Bigger
Jawaban: A
Soal ini masih tetap juga menggunakan degrees of comparison. Secara logis, batu akan selalu lebih berat daripada kapas meskipun ukuran mereka sama. Dengan demikian, kata pembanding yang paling tepat adalah heavier.
9. The cotton is .... than the stone.
A. Heavier
B. Smaller
C. Lighter
D. Bigger
Jawaban: C
Masih menggunakan acuan gambar yang sama, maka untuk menyatakan bahwa kapas itu lebih ringan daripada batu, maka digunakan kata pembanding lighter.
10. What is the text written for?
A. Letting people about the classroom
B. Informing the condition of his school
C. Inviting readers to study in his school
D. Expressing his opinion about his school
Jawaban: B
Dalam teks disebutkan bahwa sang penulis teks lebih banyak mengungkapkan kondisi sekolahnya apa adanya tanpa disertai pendapat mengenai kondisi sekolahnya.
11. From the text we can conclude that the writer’s teachers are ...
A. Good
B. Great
C. Clever
D. Humble
Jawaban: C
Dalam teks disebutkan bahwa guru-guru penulis adalah pintar (smart). Padanan kata smart adalah clever
12. Mr Yudika is wearing dark suit. He is tall and slim. He has pointed nose. He is bald.
Jawaban yang tepat adalah A

13. I’m often worried about his health. We can infer that the writer
A. Will keep his brother stay healthy
B. Loves his brother very much
C. Doesn’t like his habbit
D. Is not like his brother
Jawaban: C
Dari teks dapat disimpulkan bahwa penulis tidak menyukai kebiasaan adiknya yang sangat menyukai minuman ringan berkarbonasi (soft drinks) (seperti sprite, coca cola, dsb) namun tidak menyukai air mineral murni seperti air putih. Dengan demikian, si penulis mengkhawatirkan kondisi kesehatan adiknya.
14. From the text we know that the writer’s brother ...
A. Doesn’t like playing football
B. Always puts his things neatly
C. Rarely drinks soft drinks
D. Dislikes fresh water
Jawaban: D
Dari teks dapat disimpulkan bahwa hal yang kurang baik dari adik sang penulis sangat menyukai minuman ringan berkarbonasi (soft drinks) namun tidak menyukai air minum putih. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jawabannya adalah D.
15. Dayu wants to buy plastic shoes to go out when it is raining. She needs shoes with a strap, and open in the front like sandals. They also have low heels. Which shoes does possible Dayu want ro buy?
Jawaban: B

Dayu menginginkan sepatu plastik yang terbuka di bagian depan seperti sandal dan terbuka di bagian depan. Gambar yang paling mewakili adalah gambar B

16. It is an animal. It has little tail. Its nose is called a snout. It lives on a farm. It can say “oink-oink”. Which pictures show that animal.
Jawaban: B

Dalam soal disebutkan ciri-ciri hewan yang bernama babi. Dan gambar babi ditunjukkan pada huruf B.

17. Which of the following picture is the writer’s mug?
Jawaban: B.

Dalam soal dijelaskan bahwa dalam mug tersebut ada nama penulis. Satu-satunya mug yang ada namanya ditunjukkan pada huruf B

18. I .... you when you were crossing the street
A. See
B. Saw
C. Look
D. Looked
Jawaban: B
Soal ini menuntut pemahaman tata bahasa berupa past continuous tense. Jenis tense ini salah satunya berciri kata kerja lampau (past tense) untuk kata kerja yang durasi atau waktu berlangsungnya lebih lambat. Untuk kata kerja yang merujuk pada aktivitas atau kegiatan dengan durasi waktu yang lebih lama, maka digunakan rumus to be lampau (was atau were + verb + ing).
19. They are toy cars. I collected them when I was in the elementary school. I do not .... toy cars anymore. I’m going to give them to Ucok, my younger cousin.
A. Play
B. Plays
C. Played
D. Playing
Jawaban: A
Soal ini menuntut pemahaman peserta didik akan bentuk waktu berupa simple present tense. Simple present tense mengimplikasikan aktivitas pada saat sekarang yang berupa kebiasaan atau untuk menyatakan kebenaran umum. Rumusnya adalah S + V1. Khusus untuk pihak ketiga tunggal (it he, she), maka V1 ditambah “e” atau “es”
20. What is the suitable verb to complete the text?
A. Get
B. Got
C. Gotten
D. Was getting
Jawaban: B
Soal ini menuntut pemahaman peserta didik atas bentuk waktu berupa simple past tense. Ia merujuk pada aktivitas atau kejadian pada masa lampau. Rumus yang digunakan adalah S + V2
21. I .... many new things in primary school
A. Learn
B. Learned
C. Learning
D. Am learning
Jawaban: Bisa A dan Bisa Pula D
Jika dianggap bahwa subjek dalam soal tengah belajar di sekolah dasar, maka present coninuous tense dapat digunakan. Namun jika merujuk pada sebuah fakta umum atau kebiasaan dimana dalam soal hal itu juga bisa dianggap benar, maka simple present tense dapat pula digunakan.
Saran: Soal akan lebih presisi jika diubah dengan
I .... many new things when I was in primary school. Jawaban untuk soal semacam ini adalah B. Hal ini memerlukan simple past tense untuk menjawabnya.
22. I met your aunt when she ... your brother.
A. Was feeding
B. Is feeding
C. Feed
D. Fed
Jawaban: A
Soal ini menuntut pemahaman bentuk waktu atau tenses berupa past continuous tense.
23. Why did Dina run fast to the bathroom?
A. She had to do something
B. She had to have breakfast
C. She thought it was Saturday
D. She thought she would be late at school
Jawaban: D
Dina tergesa-gesa ke kamar mandi karena dia menyangka akan terlambat ke sekolah.
24. What did Dina do before going to school?
A. Took her bag
B. Had breakfast
C. Got dressed well
D. Run fast to bathroom
Jawaban: A
Dalam teks disebutkan bahwa Dina mengambil tasnya. Dina tidak makan pagi. Dalam teks disebutkan pula got dressed tapi tidak diterangkan apakah got dressed well or not. Jawaban D juga menjebak. Jawaban D salah karena penggunaan kata RUN yang mestinya RAN (bentuk 2 atau V2).
25. How did Dina go to school?
A. By bicycle
B. On foot
C. By bike
D. By bus
Jawaban: B
Dalam teks disebutkan bahwa Dina berjalan kaki ke sekolah



Demikian tulisan tentang

Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Beserta Pembahasan Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 22.18

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!