Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Bahasa Indonesia:IPS-MIPA

| 20 Maret 2018

Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia Peminatan IPS dan MIPA

Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia Peminatan IPS dan MIPA







Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia Peminatan IPS dan MIPA ini disajikan dengan harapan bahwa ia mampu menjadi rujukan belajar bagi para peserta didik kelas XII SMA dan MA yang hendak menempuh ujian nasional baik yang berbasis komputer (UNBK) maupun berbasis kertas dan pensil (UNKP).

Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Bahasa Indonesia:IPS-MIPA yang disajikan ini berasal dari soal UN tahun 2016 dan 2017 pada mata pelajaran yang sama. Dengan demikian, maka contoh soal yang disajikan ini memenuhi kriteria dari aspek validitas empirik. Maknanya adalah bahwa ia memang berasal dari soal nyata yang diujikan di masa lalu. Dengan memenuhi kriteria validitas empirik, maka diharapkan bahwa contoh soal ini mempunyai prediktibilitas yang baik. Maksud dari prediktabilitas adalah daya ramal. Mungkin saja soal yang akan diujikan nantinya tidak sama persis namun biasanya ia memiliki pattern similarity atau kemiripan pola. Kemiripan pola kemudian menuntun logika siswa untuk memetakan materi belajar. Namun demikian, hendaknya setiap tahun juga harus diperhatikan kisi-kisi yang secara resmi diterbitkan oleh pemerintah.

Berikut adalah tautan Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia Peminatan IPS dan MIPA:




BACA JUGA


Berikut adalah kutipan dari Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia Peminatan IPS dan MIPA



(1) Keterbukaan batik banyuwangi terhadap perwajahan baru, warna dan motif, menunjukkan watak orang Banyuwangi yang sangat percaya diri meramu aneka pengaruh untuk kemudian diakui sebagai identitas diri. (2) Tabrak budaya ini juga terlihat pada ramuan kulinernya, seperti rawon malang dicampur dengan pecel madiun menjadi rawon pecel. (3) Orang Banyuwangi sangat terbuka menerima budaya luar untuk diolah rnenjadi budaya Banyuwangi. (4) Sinkretisme budaya yang juga tampak di batik banyuwangi ini menjadi sesuatu yang mutlak terjadi karena Banyuwangi hingga kini mernang dihuni oleh beragam suku. (5) Kedatangan beragam suku bangsa untuk tinggal menetap di Banyuwangi antara lain dirnulai pada penjajahan Belanda. (6) Belanda mendatangkan buruh perkebunan dari Jawa dan Madura.

1. Kalimat utama paragraf terse but adalah nornor ....
A. (1)
B. (2)
c. (3)
D. (4)
E. (5)

2. Makna istilah sikretisme pada paragraf tersebut adalah proses ....
A. pencampuran berbagai daerah
B. adaptasi dari berbagai teknologi C. perpaduan dari berbagai aliran D. interaksi masyarakat di daerah E. masuknya budaya asing

(1) Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional memanfaatkan radiasi sinar gama di fasilitas iradiator untuk membuat materi genetik sorgurn bermutasi. (2) Hasilnya, sorgum cocok ditanam di lahan yang kering sekaligus menjadi sumber pangan dan energi, (3) Ia menanam benih sorgum di Iahan-lahan kering Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur dan hasilnya positif. (4) Harga sorgum lebih murah daripada harga padi. (5) Ia men hasilkan kualitas unggul sorgum bernama Pahat.

3. Kalimat yang tidak padu dalam paragraftersebut adalah bemomor ....
A. (1)
B. (2)
c. (3)
D. (4)
E. (5)

4. Apa manfaat menanam sorgum?
A. Sorgum memiliki gizi tinggi.
B. Petani lebih mudah menanam sorgum.
C. Sorgum dapat menjadi pengganti padi.
D. Harga sorgum lebih mahal daripada padi.
E. Sorgum dapat meningkatkan kesejahteraan petani

(1) Kekeringan yang melanda sejumlah daerah di Indonesia rnulai berimbas terhadap proyeksi produksi pangan tahun ini. (2) Pemangku kepentingan di beberapa wilayah menilai penurunan produksi pangan tahun ini pasti terjadi. (3) Akibat kekeringan dan banyak yang gagal panen, produksi gabah akan berkurang. (4) Saat ini
terdapat 820 hektare lahan persawahan di Pangandaran, Jawa Barat, yang telah
dinyatakan gagal panen (puso ). (5) Hal ini akan mengakibatkan banyak petani mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Kalimat yang berupa fakta dalam teks tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1) dan (2) B. (1) dan (4) C. (2) dan (4) D. (3) dan (5) E. (4) dan (5)

(1) Gotong royong saat berladang masih membudaya di komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat. (2) Mereka bekerja sukarela tanpa diganjar upah sepeser pun. (3) Pemilik ladang cukup mensediakan bahan dan peralatan penenanam padi serta konsurnsi. (4) Bekerja dengan gotong royong saat berladang tidak semata rnampu menekan biaya orcduksi. (5) Tradisi itu iu a merekatkan rasa ersaudaraan dan solidaritas warga

6. Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. budaya gotong royong
B. peralatan penanam padi
C. penekanan biaya produksi
D. perekat rasa persaudaraan
E. tradisi masyarakat Dayak Jalai

7. Tujuan penulis sesuai teks tersebut adalah ....
A. menginformasikan bahwa budaya gotong royong saat berladang masih berlaku di Dayak Jalai, Kalimantan Barat
B. menjelaskan bahwa setiap selesai berladang, masyarakat Dayak Jalai selalu berdiskusi
C. mendeskripsikan cara berladang komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat
D. menginformasikan bahwa berladang di Dayak Jalai Kalimantan Barat tidak mengeluarkan biaya apapun
E. menjelaskan bahwa pernilik ladang di Dayak Jalai, Kalirnantan Barat, selalu menjalin solidaritas warga

8. Kalimat yang menggunakan kata tidak baku terdapat pada nomor ....

Mahatma Gandhi dilahirkan pada tanggal 2 Oktober 1869 di Porbandar, Gujarat, India Britania, dan meninggal pada tanggal 30 Januari 1948 di New Delhi, India. Nama lahir dari Mahatma Gandhi adalah Mohandas Karamchand Gandhi. Beliau adalah pemimpin rohani di balik kemerdekaan India. Gandhi (sebutan akrabnya) telah menentang penjajahan Inggris atas India. Gandhi memulai suatu gerakan tanpa kekerasan untuk memimpin India menuju demokrasi, perdamaian, dan kemerdekaan. Gandhi dipenjara beberapa kali dan sempat hampir mati karena kelaparan. Namun, dengan tekad an k:uat, akhirn a beliau berhasil rneraih a a an dicita-citakannya.

9. Keteladanan yang dapat dipetik dari tokoh Mahatma Gandhi dalam kutipan tersebut adalah

A. seorang pemimpin rohani yang pemberani
B. rela dipenjara demi menegakkan kebenaran
C. berjuang melawan penjajahan Inggris
D. pemimpin perang sejati rneraih kemerdekaan
E. berhasil memerdekakan India tanpa kekerasan

10. Apa yang menyemangati Gandhi dalam meraih cita-citanya?
A. Menjadi pemimpin rohani di balik kemerdekaan.
B. Tekad yang kuat dan berjuang tanpa kekerasan
C. Ia dilahirkan di Porbandar, Gujarat, India Britania.
D. Ia pernah beberapa kali masuk penjara.
E. Ia hampir meninggal karena kelaparan saat di penjara.

Badan Pusat Statistik memasukkan pangan sebagai penentu garis kemiskinan. Oleh karena itu, pernerintah berkepentingan menjaga harga pangan selalu stabil. Program Presiden dalam masa jabatan keduanya adalah memastikan ada cadangan beras sepuluh juta ton yang harus diusahakan dari produksi dalam negeri. Keuntungan memproduksi sendiri pangan di dalam negeri adalah menghindarkan ketergantungan dari impor sehingga Indonesia memiliki ketahanan dan kedaulatan pangan. Memproduksi pangan di dalam negeri memberikan lapangan kerja di desa dan kota melalui kegiatan di ladang hingga industri penaolahan.

11. Opini redaksi yang terdapat dalam k:utipan tajuk rencana tersebut adalah ...
A. Pangan bukan sebagai penentu bagi garis kemiskinan.
B. Pemerintah berkepentingan menjaga harga pangan selalu stabil.
C. Presiden memastikan Indonesia memiliki cadangan beras. D. Produksi pangan Indonesia selalu stabil dan terkendali.
E. Indonesia sudah memiliki ketahanan dan kestabilan pangan.

12. Pihak yang dituju oleh redaksi dalam tajuk rencana tersebut adalah ....
A. perusahaan
B. pengimpor
C. pemerintah
D. masyarakat
E. pedagang

Gajah surnatera adalah subspesies dari gajah Asia yang hanya berhabitat di Pulau Sumatera. Gajah sumatera berpostur lebih kecil daripada spesies gajah India. Sekitar 2.000 - 2.700 gajah sumatera tersisa di alam liar berdasarkan survei tahun 2000. Sebanyak 65% populasi gajah sumatera lenyap akibat dibunuh rnanusia dan 30% kemungkinan diracuni.
Sekitar 83% habitat gajah sumatera telah menjadi wilayah perkebunan

Kelinci adalah hewan mamalia. Dahulu hewan ini adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Pada perkernbangannya tahun 1972, kelinci diklasifikasikan dalarn ordo Logomorpha. Ordo ini dibedakan rnenjadi dua famili, yakni ochtonidae dan laporidae. Kelinci berasal dari bahasa Belanda. Hal ini rnenunjukkan bahwa rnasyarakat Nusantara rnulai mengenali kelinci saat masa kolonial. Padahal di Pulau sumatera ada satu spesies kelinci surnatera yang baru ditemukan pada tahun 1972.

Berikut adalah kutipan dari kisi-kisi Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia Peminatan IPS dan MIPA



Level Kognitif Lingkup Materi
Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas Menyunting Kata, Kalimat, danParagraf Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Memaknai Peserta didik dapat- memaknai istilah/kata- mengidentifikasiinformasi tersurat Peserta didik dapat- mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra- memaknai isi tersurat dalam karya sastra Peserta didik dapat- melengkapi kalimat/ paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/ peribahasa Peserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah- mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif- mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf Peserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)- mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
Aplikasi Menginterpretasi Menggunakan Peserta didik dapat- menemukan ide pokok- menemukan inti kalimat- menentukan makna rujukan- menyimpulkan isi tersirat dalam teks- menentukan kalimat utama- menentukan kalimat penjelas Peserta didik dapat- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai- nilai) Peserta didik dapat- melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)- melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)- menggabungkan kalimat- mengurutkan unsur teks Peserta didik dapat- menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)- mengisi dengan konjungsi yang sesuai Peserta didik dapat- menggunakan ejaan- menggunakan tandabaca
Penalaran Membandingkan Menunjukkan bukti Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari Merefleksi Mengevaluasi Memvariasikan Peserta didik dapat- membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks- menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks- membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi,prosedur, editorial,ulasan/resensi)- mengomentari isi teks- menunjukkan buktisuatu simpulan Peserta didik dapat- membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)- menganalisis hubungan antarbagian karya sastra- membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)- mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini Peserta didik dapat- memvariasikan kata yang bermakna sama- memvariasikan kalimat yang bertujuan sama- menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai- memvariasikan unsur teks- mengubah bentuk teks lain Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat- memperbaiki kesalahan paragraf- menentukan alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan- memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca- menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Level Kognitif Lingkup Materi
Level Kognitif Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas Menyunting Kata,Kalimat, danParagraf Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
- menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra- meringkas isi karya sastra

Demikian tulisan tentang

Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia Peminatan IPS dan MIPA

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 11.51

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!