Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013 Revisi 2017

| 20 Juli 2019

Download Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Pengembangan kurikulum 2013 dirumuskan dan dikembangkan dengan suatu optimisme yang tinggi yang diharapkan dapat menghasilkan lulusan sekolah yang lebih cerdas, kreatif, inovatif, memiliki kepercayaan diri yang tinggi sebagai individu dan sebagai bangsa, serta toleran terhadap segala perbedaan yang ada. Beberapa hal yang mendasari pengembangan Kurikulum 2013 tersebut antara lain berkaitan dengan persoalan sosial dan masyarakat, masalah yang terjadi dalam penyelenggaraan pendidikan itu sendiri, perubahan sosial berupa globalisasi dan tuntutan dunia kerja, perkembangan ilmu pengetahuan, dan hasil evaluasi PISA dan TIMSS.


Kurikulum 2013 yang dilaksanakan secara bertahap mulai Juli 2013 diharapkan dapat mengatasi masalah dan tantangan berupa kompetensi riil yang dibutuhkan oleh dunia kerja, globalisasi ekonomi pasar bebas, membangun kualitas manusia Indonesia yang berakhlak mulia, dan menjadi warga negara yang bertanggung jawab. Pada hakikatnya pengembangan Kurikulum 2013 adalah upaya yang dilakukan melalui salah satu elemen pendidikan, yaitu kurikulum untuk memperbaiki kualitas hidup dan kondisi sosial bangsa Indonesia secara lebih luas. Jadi, pengembangan Kurikulum 2013 tidak hanya berkaitan dengan persoalan kualitas pendidikan saja, melainkan kualitas kehidupan bangsa Indonesia secara umum.

Muara dari semua proses pembelajaran dalam penyelenggaraan pendidikan adalah peningkatan kualitas hidup peserta didik, yakni peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap (aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik) yang baik dan tepat di sekolah. Dengan demikian, mereka diharapkan dapat berperan dalam membangun tatanan sosial dan peradaban yang lebih baik. Jadi, arah penyelenggaraan pendidikan tidak sekadar meningkatkan kualitas diri tetapi juga untuk kepentingan yang lebih luas, yaitu membangun kualitas kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara yang lebih baik. Dengan demikian, terdapat dimensi peningkatan kualitas personal peserta didik, dan di sisi lain terdapat dimensi peningkatan kualitas kehidupan sosial.

Pada Kurikulum 2013 telah disiapkan buku teks pelajaran yang dibagikan kepada seluruh peserta didik untuk mendukung proses pembelajaran dan penilaian. Selanjutnya guru dipermudah dengan adanya Buku Panduan Guru dalam pembelajaran. Di dalamnya terdapat materi yang akan dipelajari, metode dan proses pembelajaran yang disarankan, sistem penilaian yang dianjurkan, dan sejenisnya. Bahkan dalam buku teks pelajaran terdapat materi pelajaran dan lembar evaluasi tertulis dan sejenisnya. Kita menyadari bahwa peran Guru sangat penting sebagai pelaksana kurikulum. Berhasil tidaknya pelaksanaan kurikulum ditentukan oleh peran guru. Oleh karena itu hendaknya guru: (1) memenuhi kompetensi profesi, pedagogi, sosial, dan kepribadian yang baik; dan (2) dapat berperan sebagai fasilitator atau pendamping belajar peserta didik yang baik, mampu memotivasi peserta didik dan mampu menjadi panutan yang dapat diteladani oleh peserta didik.

Selain pendekatan saintifik, kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas 10, 11, 12 menggunakan pendekatan kateketis sebagai ciri pembelajarannya. Pendekatan kateketis berorientasi pada pengetahuan yang tidak lepas dari pengalaman, yakni pengetahuan yang menyentuh pengalaman hidup peserta didik. Pengetahuan diproses melalui refleksi pengalaman hidup, selanjutnya diinternalisasikan sebagai pembentuk karakter peserta didik.

Pengetahuan iman tidak akan mengembangkan diri peserta didik, jika ia tidak mengambil keputusan terhadap pengetahuan tersebut. Proses pengambilan keputusan itulah yang menjadi tahapan kritis sekaligus sentral dalam pembelajaran agama Katolik. Tahapan proses pendekatan kateketis adalah 1) Menampilkan fakta dan pengalaman manusiawi yang membuka pemikiran atau yang dapat menjadi umpan, 2) Menggumuli fakta dan pengalaman manusiawi secara mendalam dan meluas dalam terang Kitab Suci, 3) Merumuskan nilai-nilai baru yang ditemukan dalam proses refleksi sehingga terdorong untuk menerapkan dan mengintegrasikan dalam hidup.

Berikut adalah tautan Download Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013 Revisi 2017:


BUKU GURU:

Download Buku Guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMP Kelas 10 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Download Buku Guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMP Kelas 11 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Download Buku Guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMP Kelas 12 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

BUKU SISWA:

Download Buku Siswa Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMP Kelas 10 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Download Buku Siswa Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMP Kelas 11 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Download Buku Siswa Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMP Kelas 12 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017


InformasiGuru.Com Updated at: 11.29

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!