Soal-Jawab Siap PTS 1 Bahasa Indonesia SMP-MTs Kelas 7-K13

| 16 Agustus 2019

Download Contoh Soal Beserta Jawaban Siap Penilaian Tengah Semester (PTS) 1/Ganjil SMP-MTs Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Download Contoh Soal Beserta Jawaban Siap Penilaian Tengah Semester (PTS) 1/Ganjil SMP-MTs Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Penilaian tengah semester ganjil (PTS 1) untuk mapel Bahasa Indonesia ini memerlukan penalaran membaca yang kuat untuk dapat mengerjakan soal-soal yang disajikan. Materi pembelajaran yang disajikan adalah cerita deskripsi dan cerita fantasi. Peserta didik dituntut untuk memiliki pemahaman yang kuat terhadap karakteristik-karakteristik jenis bacaan tersebut.


Sekilas Kurikulum 2013 Pada Mapel Bahasa Indonesia

Pengembangan kurikulum, termasuk Bahasa Indonesia, merupakan konsekuensi logis dari perkembangan kehidupan dan perkembangan pengetahuan tentang bahasa dan bagaimana cara berbahasa yang terwujud dalam teori belajar bahasa terkini. Perkembangan teori belajar bahasa berkontribusi terhadap pemahaman tentang hakikat bahasa, hakikat bagaimana manusia belajar dan hakikat komunikasi interkultural, dan sekaligus tentang manusia itu sendiri yang kesemuanya ini saling berkaitan dengan saling berdampak satu sama lain. Pemahaman hal ini dimaksudkan untuk peningkatan mutu pembelajaran Bahasa Indonesia secara berkesinambungan.

Kurikulum Bahasa Indonesia secara ajeg dikembangkan mengikuti perkembangan teori tentang bahasa dan teori belajar bahasa yang sekaligus menjawab tantangan kebutuhan zaman. Hal ini dimulai sejak 1984 hingga sekarang Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan “outcomes-based curriculum”. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum diarahkan pada pencapaian kompetensi yang dirumuskan dari SKL. Demikian pula penilaian hasil belajar dan hasil kurikulum diukur dari pencapaian kompetensi. Keberhasilan kurikulum diartikan sebagai pencapaian kompetensi yang dirancang dalam dokumen kurikulum oleh seluruh peserta didik.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar para siswa memiliki kompetensi berbahasa Indonesia untuk berbagai fungsi komunikasi dalam berbagai kegiatan sosial. Kegiatan yang dirancang dalam buku diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan kompetensi berbahasa, kognisi, kepribadian, dan emosi siswa. Selain itu, pembelajaran Bahasa Indonesia diharapkan dapat menumbuhkan minat baca dan minat menulis.

Sehubungan dengan tujuan-tujuan tersebut, pembelajaran Bahasa Indonesia dikembangkan berdasarkan pendekatan komunikatif, pendekatan berbasis teks, pendekatan CLIL (content language integrated learning), pendekatan pendidikan karakter, dan pendekatan literasi.

Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Sampai dengan PTS Semester 1/Ganjil Berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Muatan materi pembelajaran Mapel Bahasa Indonesia kelas VII SMP-MTs sampai dengan semester ganjil terdiri atas dua bab. Bab pertama adalah cerita deskripsi dan bab kedua adalah cerita fantasi. Peserta didik diharapkan dapat membuat karya bacaan deskripsi dan cerita fantasi. Untuk dapat menciptakan dua karya tersebut, peserta didik dituntut untuk memiliki pemahaman terhadap berbagai rincian dalam membuat jenis karya tersebut. Rincian yang wajib dikuasai pemahamannya oleh peserta didik mencakup berbagai hal, seperti ciri-ciri bacaan, struktur bacaan, dan lain-lain.

Deskripsi Soal-Jawab Siap PTS 1 Bahasa Indonesia SMP-MTs Kelas 7 K13

Soal-Jawab Siap PTS 1 Bahasa Indonesia SMP-MTs Kelas 7 IPS mengacu pada Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Namun demikian, bagi para peserta didik yang menggunakan buku beracuan kurikulum 2013 revisi 2016 tidak perlu khawatir karena nyaris tidak ada perbedaan besar antara revisi 2016 dengan revisi 2017.

Soal berisi dua puluh soal pilihan ganda. Diambil dari bab 1 dan bab 2. Setiap soal pada masing-masing bab terdiri atas lima pertanyaan dari teks bacaan dan lima soal dari nonteks bacaan. Soal merepresentasi atau mewakili pemahaman peserta didik yang diimplementasikan lewat bacaan. Dengan demikian, pemahaman berbasis penalaran harus dimiliki untuk menjawab pertanyaan dari soal yang diajukan.

Pemahaman berbasis penalaran ini memang tuntutan dari Kurikulum 2013. Siswa dituntut tidak hanya sekadar hafal, namun juga memahami materi belajar.

Soal disertai dengan kunci jawaban dengan tujuan untuk mempermudah proses belajar. Dengan adanya kunci jawaban, maka proses belajar lebih mudah terpetakan. Disamping itu, ia akan memberikan umpan balik atau refleksi pada tahapan belajar peserta didik.

Kunci jawaban hanya dapat diakses melalui halaman ini. Pada soal yang akan di-download juga terdapat alamat dimana peserta didik dapat menemukan kunci jawban. Hal ini bertujuan agar pembaca tidak kehilangan tautan belajar.

Kutipan Soal-Jawab Siap PTS 1 Bahasa Indonesia SMP-MTs Kelas 7

Berikut adalah kutipannya:

5. Berdasarkan teks di atas, terdapat beberapa hipernim. Berikut yang merupakan hipernim adalah
a. Kelinci
b. Mainan
c. Saya
d. Menarik
6. Berikut merupakan contoh penulisan kalimat yang benar
a. Kucingku bernama Meli. Meli adalah kucing betina yang menggemaskan. Setiap hari, Meli di beri makan supaya tetap sehat.
b. Kucingku bernama Meli. Meli adalah kucing betina yang menggemaskan. Setiap hari, Meli diberi makan supaya tetap sehat.
c. Kucingku bernama meli. Meli adalah kucing betina yang menggemaskan. Setiap hari, Meli diberi makan supaya tetap sehat.
d. Kucingku bernama meli. Meli adalah kucing betina yang menggemaskan. Setiap hari, Meli di beri makan supaya tetap sehat.
7. Berikut merupakan contoh penulisan kalimat yang benar
a. Indonesia memiliki banyak Pulau-pulau yang tidak berpenghuni
b. Pulau jawa adalah pulau terpadat di Indonesia
c. Pulau Kalimantan mempunyai provinsi baru, yaitu Kalimantan utara
d. Banjarmasin adalah ibu kota Kalimantan Selatan
8. Penggunaan tanda koma yang benar terdapat pada kalimat berikut
a. Beni tinggal di Lombok Nusa Tenggara Barat
b. Jadi saya sudah tahu semuanya
c. Dengan demikian, rapat dinyatakan ditutup
d. Ardi membeli sarung kaos dan sepatu
9. Berikut merupakan kata-kata yang sesuai dengan kaidah atau aturan bahasa Indonesia yang benar
a. Memrakarsai, memerluas, mempesona
b. Memprakarsai, memperluas, memesona
c. Memrakarsai, memperluas, mempesona
d. Memprakarsai, memerluas, memesona
10. Berikut merupakan kata-kata yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar
a. Menerjemahkan, menaati, mempecundangi
b. Menterjemahkan, mentaati, mempecundangi
c. Menerjemahkan, menaati, memecundangi
d. Menterjemahkan, menaati, memecundangi


Berikut adalah tautan Download Contoh Soal Beserta Jawaban Siap Penilaian Tengah Semester (PTS) 1/Ganjil SMP-MTs Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi Terbaru



Download Soal-Jawab Siap PTS 1 Bahasa Indonesia SMP-MTs Kelas 7-K13

Kunci Jawaban Soal-Jawab Siap PTS 1 Bahasa Indonesia SMP-MTs Kelas 7-K13

1. C 2. D 3. C 4. A 5. A 6. B 7. D 8. C 9. B 10. C

11. C 12. B 13. A 14. C 15. B 16. B 17. B 18. A 19. D 20. D

BACA JUGA:

Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTS Kelas 7 Prakarya-K13

Soal-Jawab PTS 1 SMP-MTs Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum 2013

Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTS Kelas 7 PAI dan Budi Pekerti-K13

Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTs Kelas 7 Matematika-K13

Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTs Kelas 7 IPS-K13


InformasiGuru.Com Updated at: 11.23

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!