Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Al Quran dan Hadis MTs Semua Kelas Sesuai KMA No 183 Tahun 2019

Download Buku Al Quran dan Hadis MTs Semua Kelas 7,8,dan 9 (VII,VII,IX) Sesuai KMA No 183 Tahun 2019

Mata pelajaran Al Quran dan Hadis merupakan mapel yang diajarkan mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah bersama dengan mapel lainnya yakni Akidah Akhlak, Fikih, SKI, dan Bahasa Arab.

Buku Al Quran-Hadis siswa dan guru yang disusun oleh Direktorat KSKK Madrasah Dirjen Pendis Kementerian Agama ini telah sesuai dengan KMA 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah dan ia menjadi buku pegangan wajib untuk tahun pelajaran 2020/2021. Kehadiran buku bagi siswa ataupun guru menjadi kebutuhan pokok dalam menerapkan Kurikulum 2013 di Madrasah.

Ringkasan Buku Al Quran dan Hadis MTs Semua Kelas Sesuai KMA No 183 Tahun 2019

Pada buku Al Quran dan Hadis jenjang MTs semua kelas (7,8,9) ini di setiap awal babnya ditampilkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Harapannya adalah peserta didik mempunyai gambaran terhadap apa yang akan dipelajari dalam bab ini.

Untuk merespons beragam kebutuhan masyarakat modern, seluruh elemen dan komponen bangsa harus menyiapkan generasi masa depan yang tangguh melalui beragam ikhtiyar komprehensif. Hal tersebut dilkukan supaya seluruh potensi generasi dapat tumbuh menjadi hamba Allah yang dengan karakteristik beragama secara baik, memiliki cita rasa religiusitas, mampu memancarkan kedamaian dalam totalitas kehidupannya. Aktivitas beragama bukan hanya yang berkaitan dengan aktivitas yang tampak dan dapat dilihat dengan mata, tetapi juga aktivitas yang tidak tampak yang terjadi dalam diri seseorang dalam beragam dimensinya.

Sebagai ajaran yang sempurna dan fungsional, agama Islam harus diajarkan dalam kehidupan nyata, sehingga akan menjamin terciptanya kehidupan yang damai dan tenteram. Oleh karenanya, untuk mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di Madrasah, ajaran Islam yang begitu sempurna dan luas perlu dikemas menjadi beberapa mata pelajaran yang secara linear akan dipelajari menurut jenjangnya.

Pengemasan ajaran Islam dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan Madrasah dikelompokkan sebagai berikut; diajarkan mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu-ilmu Sosial, Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya, serta Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) meliputi: Al-Qur'an-Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Al-Qur’an adalah Kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. melalui Jibril As. untuk dijadikan pedoman hidup umat manusia. Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah utama yang sangat besar pahalanya, sebagaimana dijelaskan dalam Hadits berikut:
Abdullah bin Mas’ud ra. berkata: Rasulullah Saw.. bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya, dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Sebagai sebuah ibadah, membaca al-Qur’an haruslah sesuai ketentuan yang disebut “ilmu Tajwid”. Tajwid secara bahasa berasal dari kata jawwada, yujawwidu, tajwiidan artinya membaguskan atau menjadikan bagus, dapat pula diartikan sebagai "al-ityaanu biljayyidi" "segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan".

Tujuan mempelajari Ilmu Tajwid adalah agar dapat membaca ayat-ayat al-Qur’an secara benar sesuai dengan yang diajarkan oleh Nabi Saw., sehingga dapat memelihara lisan dari kesalahan-kesalahan ketika membacanya. Hukum mempelajari ilmu Tajwid sebagai disiplin ilmu adalah fardhu kifayah, namun hukum membaca al-Qur’an dengan memakai aturan Tajwid adalah fardhu 'ain.

Fungsi al-Hadis terhadap al-Quran yaitu menjelaskan ayat al-Quran yang bersifat mujmal/global, artinya bahwa masih dibutuhkan penjelasan terperinci, dan keberadaan Hadis untuk menjelaskan terperinci contoh: perintah sholat dalam al-Quran belum dijelaskan tata caranya dan hadis menjelaskannya secara terperinci.

Perbedaan al-Quran dan al-Hadis:
1. Al-Quran kebenarannya mutlak, adapun hadis ada beberapa yang kuat. statusnya dan ada yang lemah, sehingga tidak dapat digunakan untuk berhukum.
2. Al-Quran otentik lafalnya adapun hadis tidak, sehingga ada perbedaan matan.
3. Seluruh isi al-Quran dapat kita jadikan pedoman hidup, adapun hadis tidak. Karena tidak semua hadis adalah sahih, adapula yang dhaif/lemah sehingga kebenarannya diragukan.

Download Buku Al Quran dan Hadis MTs Semua Kelas (7,8,dan 9) Sesuai KMA No 183 Tahun 2019

Buku Siswa dan Guru Mapel Al Quran dan Hadis MTs Semua Kelas (7,8,9) Sesuai KMA No 183 Tahun 2019 ini bisa di-download melalui tautan berikut ini:

Buku Al Quran dan Hadis MTs Kelas 7 (VII) Sesuai KMA No 183 Tahun 2019
Buku Al Quran dan Hadis MTs Kelas 8 (VIII) Sesuai KMA No 183 Tahun 2019
Buku Al Quran dan Hadis MTs Kelas 9 (IX) Sesuai KMA No 183 Tahun 2019

Posting Komentar untuk "Buku Al Quran dan Hadis MTs Semua Kelas Sesuai KMA No 183 Tahun 2019"