Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Akidah Akhlak MTs Semua Kelas Sesuai KMA No 183 Tahun 2019

Download Buku Siswa dan Guru Mapel Akidah Akhlak MTs Semua Kelas (7,8,9)  Sesuai KMA No 183 Tahun 2019

Pengemasan ajaran Islam dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan Madrasah dikelompokkan dan diajarkan mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah yang meliputi:Keberadaan buku Akidah Akhlak siswa dan guru yang disusun oleh Direktorat KSKK Madrasah Dirjen Pendis Kementerian Agama ini telah sesuai dengan KMA 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah menjadi sangat penting dan menentukan karena dengan buku yang disediakan ini, siswa maupun guru dapat menggali nilai-nilai secara mandiri, mencari dan menemukan inspirasi, aspirasi, motivasi, atau bahkan dengan buku akan dapat menumbuhkan semangat berinovasi dan berkreasi yang bermanfaat bagi masa depan.

Buku ini tersedia secara gratis dan berekstensi file pdf, bisa diunduh pada akhir halaman ini melaui tautan yang disediakan.

Ringkasan Buku Akidah Akhlak MTs Semua Kelas Sesuai KMA No 183 Tahun 2019

Pada buku akidah akhlak jenjang MTs semua kelas (7,8,9) ini di setiap awal babnya ditampilkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Harapannya adalah peserta didik mempunyai gambaran terhadap apa yang akan dipelajari dalam bab ini.

Sebagai generasi emas shalih/shalihah, perlu sekali kita memperkuat keimanan melalui pemahaman dan penghayatan terhadap materi aqidah Islam. Hal ini bertujuan untuk memperkuat keimanan dalam diri. Sehingga setiap amal perbuatan sehari-hari berlandaskan materi keimanan yang wajib dilakukan demi terjaganya kualitas generasi yang beradab.

Akhlak dalam bahasa Arab bermula dari kata khuluk yang berarti tingkah laku, perangai, atau tabiat. Secara terminologi, akhlak adalah tingkah laku seseorang yang didorong oleh sesuatu keinginan secara mendasar untuk melakukan suatu perbuatan. Akhlak adalah sebuah sistem yang mengatur tindakan serta pola sikap manusia dalam menjalani kehidupannya setiap hari. Dalam ajaran Islam, sistem nilai tersebut merupakan sumber ijtihad sebagai salah satu metode berpikir secara islami.

Makna akidah secara bahasa berasal dari kata ( َدقعي-َةديقع َدقع- ) yang berarti ikatan, atau perjanjian. Dalam Al Qur’an kata aqidah sering disebutkan, antara lain di dalam surat Al-Maidah ayat 1 :
َدوقعلابَاوفواَاونماَنيذلاَاهيايَ
Artinya : Wahai orang-orang yang beriman penuhilah aqad-aqad itu.

Adapun yang dimaksud aqidah adalah janji atau keyakinan kepada Allah Swt. Menurut istilah, aqidah adalah suatu pokok atau dasar keyakinan yang harus dipegang oleh orang yang mempercayainya. Secara umum aqidah dapat digunakan oleh ajaran Islam ataupun aqidah
diluar Islam, sehingga ada istilah akidah Islam, akidah Nasrani, akidah Yahudi,dan akidah-akidah yang lainnya. Dengan begitu kita juga bisa simpulkan ada akidah yang benar atau lurus dan ada akidah yang sesat atau salah. Maka, Akidah Islam (al-akidah al-Islamiyah)
bisa diartikan sebagai pokok-pokok kepercayaan yang harus diyakini kebenarannya oleh setiap orang yang beragama Islam (muslim).

Ketika seseorang berakidah Islam, maka pondasi awal untuk membangun akidah/ keyakinannya adalah keyakinan terhadap Allah sebagai Tuhan yang wajib disembah, Maha Esa, Pencipta dan Pengatur alam semesta, dan Dzat Ghaib yang merupakan sumber dari segala hal, termasuk juga kewajiban menjalankan aturan-aturanNya dalam segala aspek kehidupan baik yang berhubungan dengan ibadah ataupun
muamalah yang erat hubungannya dengan interaksi dengan sesama makhluk. Oleh karenanya, misi pertama yang diemban oleh tiap rasul untuk disampaikan kepada umat manusia adalah konsep ketuhanan ini.

Dasar hukum aqidah Islam adalah Al-Qur’an dan As-Sunnah. Karena itu, aqidah Islam bersifat tauqifi artinya tidak dapat ditetapkan kecuali berdasarkan dengan dalil syar’i yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah. Selain itu, tidak seorangpun mengetahui tentang Allah. Tentang segala yang wajib bagiNya dan yang harus disucikan dari-Nya melainkan Allah sendiri. Dan tidak seorangpun setelah Allah yang mengetahui tentang Allah selain Rasulullah. Karena itu, pengambilan sumber dan dasar aqidah hanya terbatas Al-Qur’an dan As-Sunnah. Sabda Rasulullah SAW: “ Telah kutinggalkan kepadamu dua perkara jika kamu berpegang teguh kepada keduanya kamu tidak akan tersesat selama-lamanya,yakni Kitabullah(Al Quran) dan sunnah Rasulullah”. (Al-Hadits).

Maka, apapun yang ditunjukkan Al-Qur’an dan As-Sunnah harus diimani, diyakini dan diamalkan dalam amal perbuatan. Sedangkan yang tidak ditunjukkan oleh Al-Qur’an dan As-Sunnah maka harus ditinggalkan. Karena itu, Allah menjamin orang-orang yang berpegang teguh terhadap Al-Qur’an dan As-Sunnah Rasul-Nya mereka berjalan dengan kesatuan kata, tidak bercerai-berai dan dalam manhaj yang benar.

Tujuan Mempelajari Akidah Islam
Akidah Islam sangat penting dipelajari dan dipahami bagi setiap muslim, sehingga akan menjadi sebab kuat imannya dan istiqamah mengamalkan Islam. Dengan demikian tujuan mempelajari akidah Islam sebagai berikut :
a. Untuk memupuk dan mengembangkan dasar ketuhanan yang telah ada sejak manusia lahir.
b. Untuk menghindarkan diri dari kemusyrikan.
c. Untuk menghindarkan diri dari pengaruh akal pikiran yang menyesatkan.
d. Memupuk dan mengembangkan dasar ketuhanan yang ada sejak lahir.
e. Menghindarkan diri dari pengaruh akal pikiran yang menyesatkan.

Download Buku Akidah Akhlak MTs Semua Kelas (VII,VIII,IX) Sesuai KMA No 183 Tahun 2019

Buku Siswa dan Guru Mapel Akidah Akhlak MTs Semua Kelas (7,8,9) Sesuai KMA No 183 Tahun 2019 ini bisa di-download melalui tautan yang disediakan berikut ini:

Buku Akidah Akhlak MTs Kelas 7 (VII) Sesuai KMA No 183 Tahun 2019
Buku Akidah Akhlak MTs Kelas 8 (VIII) Sesuai KMA No 183 Tahun 2019
Buku Akidah Akhlak MTs Kelas 9 (IX) Sesuai KMA No 183 Tahun 2019

Posting Komentar untuk "Buku Akidah Akhlak MTs Semua Kelas Sesuai KMA No 183 Tahun 2019"