Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Juknis FLS2N Jenjang SMA Tingkat Nasional Tahun 2020 I PDF

Download Buku Panduan dan Juknis Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMA Tingkat Nasional Tahun 2020

Dalam Buku Panduan/ Juknis FLS2N Jenjang SMA Tingkat Nasional Tahun 2020, termuat informasi terkait prosedur, peraturan, dan mekanisme kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Jenjang SMA sebagai panduan dalam penyelenggaraan FLS2N Jenjang SMA di tingkat daerah dan bagi peserta didik supaya dapat berpartisipasi sesuai dengan bidang lomba seni yang dipilih atau diikuti.

Ringkasan Buku Panduan/ Juknis FLS2N Jenjang SMA Tingkat Nasional Tahun 2020

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMA pada tahun 2020 dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional dan untuk tingkat nasional akan diselenggarakan secara daring (online) dengan mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 saat ini. FLS2N Jenjang SMA diselenggarakan untuk memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang seni. Untuk hasil seleksi FLS2N jenjang SMA Tingkat Provinsi Tahun 2020 disampaikan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diumumkan melalui surat edaran/ SE bernomor: 1794/J3/TU/2020 Tentang Pemberitahuan Hasil Seleksi FLS2N Jenjang SMA Tingkat Provinsi Tahun 2020.

Dalam buku panduan/ juknis ini, disampaikan informasi mengenai prosedur, peraturan, dan mekanisme kegiatan FLS2N Jenjang SMA sebagai panduan bagi penyelenggaraan FLS2N Jenjang SMA di tingkat daerah dan bagi peser ta didik agar dapat berpartisipasi sesuai dengan bidang lomba seni yang dipilih/diikuti. Akhir kata, semoga penyelenggaraan FLS2N Jenjang SMA tahun 2020 makin baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Gerakan transformasi berkelanjutan bagi pembangunan pola pikir peserta didik diarahkan lewat wadah penyaluran bakat dan minat peserta didik jenjang SMA dari seluruh Indonesia dengan membangun aspek kognitif dan normatif. Untuk memberikan motivasi dan menyalurkan bakat dan minat siswa terhadap seni serta budaya di sekolah, Pusat Prestasi Nasional telah memprogramkan sembilan bidang seni di dalam kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMA yang seleksinya dilakukan secara berjenjang di setiap provinsi di Indonesia. Khusus untuk bidang lomba ter tentu, pemenang akan dikirimke festival seni tingkat internasional.

Sehubungan dengan penyelenggaraan kegiatan tersebut, disusunlah Panduan Kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMA tingkat Nasional tahun 2020.

Tujuan, Sasaran, dan Ruang Lingkup

TUJUAN
Menjaring siswa SMA berprestasi dalam bidang seni.
1. Memberikan pengalaman berkompetisi untuk mencapai sumber daya manusia yang unggul khususnya di bidang seni.
2. Menumbuhkembangkan etos berkesenian untuk mencapai prestasi yang tinggi di kancah internasional.
3. Meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang seni yang berakar pada budaya bangsa.
4. Membangun persahabatan dan karakter siswa yang toleran terhadap keberagaman.
5. Mempererat persatuan dan kesatuan siswa seluruh Indonesia

SASARAN
1. Terjaringnya data siswa SMA berprestasi di bidang seni.
2. Terbangunnya pengalaman berkompetisi untuk mencapai sumber daya manusia yang unggul khususnya di bidang seni.
3. Tercapainya etos berkesenian untuk mencapai prestasi yang tinggi.
4. Meningkatnya kreativitas siswa dalam bidang seni yang berakar pada budaya bangsa.
5. Tercapainya persahabatan dan karakter siswa yang toleran terhadap keberagama

RUANG LINGKUP
1. Siswa SMA yang ber talenta di bidang seni.
2. SMA Negeri dan Swasta di Indonesia.
3. Cabang Dinas/UPT/MKKS seluruh Indonesia.
4. Dinas Pendidikan Provinsi seluruh Indonesia.
5. Atase Pendidikan dan Kebudayaan.

Berdasarkan visi misi yang diusung, tema FLS2N Jenjang SMA tahun 2020 adalah:
"BERPRESTASI, UNGGUL, DAN MENDUNIA”

Berprestasi adalah pencapaian kompetensi ter tinggi dalam suatu bidang tertentu. Unggul adalah cakap, terampil, baik, bernilai lebih. Mendunia adalah dikenal luas dan menjadi milik dunia.
Dari tema tersebut, diharapkan siswa bisa menggali budaya lokal untuk menghasilkan kar ya seni yang berpotensi untuk diterima di tingkat global. Tahun ini kegiatan Pusat Prestasi Nasional mengusung tagar #berprestasidarirumah, dengan harapan siswa tetap dapat berprestasi dari rumah masing-masing walaupun dalam masa pandemi Covid-19.

BATASAN UMUM

Klasifikasi Seni yang Dilombakan Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMA dengan kategori sebagai berikut:

A. Pertunjukan
Seni pertunjukan adalah seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. Seni pertunjukan melibatkan empat unsur, yaitu waktu, ruang, seniman, dan penonton. Dalam FLS2N Jenjang SMA, materi seni per tunjukan dapat dipersiapkan di provinsi masing-masing. Bidang yang dilombakan adalah baca puisi, gitar solo, monolog, tari kreasi, dan vokal solo.

B. Penciptaan
Penciptaan karya seni berupa ekspresi yang berunsur keindahan yang diungkapkan melalui media yang bersifat nyata dan dapat dinikmati oleh indra. Pada FLS2N Jenjang SMA, pengetahuan, wawasan, bahan, dan peralatan peserta dipersiapkan di masing-masing provinsi sesuai dengan tema yang tertera pada buku panduan. Bidang yang dilombakan adalah desain poster, film pendek, kriya, dan komik digital.

C. Prestasi
Pengembangan prestasi meliputi: prestasi akademik dan nonakademik yang diraih melalui pendidikan yang bermutu memerlukan pengembangan kecerdasan secara komprehensif dan bermakna. Aspek-aspeknya meliputi: (1) olah hati (cerdas spiritual) untuk memper teguh keimanan dan ketakwaan, meningkatkan akhlak mulia, budi pekerti atau moral, membentuk kepribadian yang unggul, membangun kepemimpinan dan kewirausahaan (entrepreneurship), (2) olah pikir (cerdas intelektual) untuk membangun kompetensi dan kemandirian ilmu pengetahuan dan teknologi, (3) olah rasa (cerdas emosional dan sosial) untuk meningkatkan sensitivitas, daya apresiasi, daya kreasi, serta daya ekspresi seni dan
budaya, dan (4) olahraga.

Download Buku Panduan/ Juknis FLS2N Jenjang SMA Tingkat Nasional Tahun 2020

Bidang Seni yang dilombakan dan jumlah peser ta per provinsi adalah sebagai berikut:

No.

BIDANG SENI
PESERTA PER PROVINSI Jumlah
(34 Provinsi + 1 Zona SILN)
PUTRA PUTRI
PERTUNJUKAN
1 Baca Puisi 1 35
2 Gitar Solo 1 35
3 Monolog 1 35
4 Tari Kreasi 1 35
5 Vokal Solo 1 1 70
PENCIPTAAN
6 Desain Poster 1 35
7 Film Pendek 2 70
8 Kriya 1 35
9 Komik Digital 1 35
JUMLAH 11 385
KETERANGAN:
1. Setiap Provinsi diwajibkan mengikuti 9 (sembilan) bidang lomba seni sesuai pada tabel bidang seni yang dilombakan di atas dengan jumlah 11 peserta.
2. FLS2N Jenjang SMA tingkat nasional untuk tahun 2020 dilaksanakan secara daring (online).

Syarat Peserta
1. Warga Negara Indonesia yang bersekolah di Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).
2. Peserta adalah siswa yang pada saat lomba masih berstatus sebagai peserta didik SMA.
3. Peserta belum pernah mengikuti kompetisi FLS2N Jenjang SMA tingkat nasional jenjang SMA di bidang yang sama.
4. Peser ta hanya boleh mengikuti satu bidang lomba.
5. Peserta adalah perwakilan dari sekolah masing-masing yang dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah masing-masing yang diunggah pada saat registrasi;
6. Satu sekolah hanya boleh diwakili oleh satu orang peserta untuk setiap bidang lomba, kecuali untuk bidang vokal solo dan film pendek (lihat ketentuan umum di atas).
7. Peserta sehat jasmani dan rohani.
8. Peserta bebas dari narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Sekolah.
9. Peserta bidang seni penciptaan (desain poster, film pendek, kriya, dan komik digital) dan bidang seni tari kreasi harus menandatangani surat pernyataan keaslian karya (format terlampir) di atas materai Rp 6000.

Mekanisme Pelaksanaan FLS2N Tingkat Nasional

FLS2N tingkat nasional dilakukan secara daring (online) dengan mematuhi Protokol Covid-19. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai sistem seleksi daring:
1. Seleksi dilakukan melalui laman Pusat Prestasi Nasional, yakni http://sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/fls2n/ dengan cara siswa mendaftar dan mengunggah (upload) karya serta melampirkan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah ke laman tersebut, dengan ketentuan tiap sekolah mengirimkan perwakilan sesuai dengan ketentuan per bidang lomba. ( Li hat poi n Bab I I I Ketentuan Umum halaman 18)
2. Teknis pendaftaran peser ta secara daring (online) dapat dilihat pada laman http://sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/fls2n/
3. Format karya peserta disesuaikan dengan ketentuan bidang seni masing-masing.
4. Karya peserta tidak mengandung unsur asusila, pornografi, dan SARA.
5. Pengunggahan karya baru atau revisi untuk tingkat nasional dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
6. Karya yang sudah terkirim/terunggah akan dinilai oleh tim juri nasional.
7. Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Dipersilahkan untuk mengunduh Buku Panduan/ Juknis Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMA Tingkat Nasional Tahun 2020 melalui tautan yang disediakan di bawah ini.
  • Download Buku Panduan FLS2N Jenjang SMA 2020 Tingkat Nasional DI SINI

Posting Komentar untuk "Juknis FLS2N Jenjang SMA Tingkat Nasional Tahun 2020 I PDF"