Cara Cek NISN Secara Cepat dan Tepat

| 30 Mei 2016

Tips Cara Cek NISN Dengan Cepat dan Mudah


Setiap siswa di negara ini akan mempunyai nomer induk yang khas dan berbeda dengan siswa yang lainnya di seluruh Indonesia. Kartu NISN ini mempunyai aneka tujuan dan manfaat yang signifikan terhadap pendidikan itu sendiri. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Guru dan Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.


Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.





NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik  Kemdikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kemendikbud. Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan.

Nah, NISN ini bisa kita cek secara online melalui media yang telah disediakan oleh Kemdikbud. Cara untuk cek NISN siswa sangatlah cepat dan mudah. Kita tidak perlu lagi meminta para siswa membawa fotocopy-an kartu NISN ke sekolah seperti jaman dahulu. Kini Kemdikbud telah menyediakan website khusus untuk cek NISN. Cara cek NISN adalah sebagai berikut:

  • Silahkan Anda buka website cek NISN Kemdikbud di link ini.

  • Silahkan Anda pilih tab pencarian berdasarkan Nama lalu isilah nama dan tempat tanggal lahir siswa.
  • Kemudian silahkan Anda klik tombol Cari, maka secara otomatis nomor NISN siswa akan segera tampil di layar komputer atau smartphone Anda.
Ternyata, begitu mudah dan simpel untuk mengecek NISN kita kan? Silahkan Anda beritahu teman-teman, siapa tahu masih ada yang merasa bingung tentang bagaimana cara mengecek validitas kartu NISN mereka. Semoga bermanfaat...


InformasiGuru.Com Updated at: 05.48

0 comments:

Poskan Komentar

Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Untuk Tetap Menjalin Silaturahmi