Indeks Integritas Ujian Nasional SMP/MTs Meningkat

| 11 Juni 2016

Indeks Integritas UN SMP/MTs Naik, Kejujuran Siswa Meningkat





Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kemarin memberitakan bahwa Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) tingkat Sekolah Menengah Pertama dan sederajat terjadi peningkatan, Jumat (10/6/2016).


Hal itu dapat terlihat jelas dari meningkatnya persentase sekolah yang mendapat indeks integritas UN di atas 80. Menteri Anies Baswedan mengatakan, tahun ini sebanyak 44,03 persen sekolah berhasil mendapat indeks integritas UN di atas 80. Sedangkan pada 2015 hanya 23,44 persen saja sekolah setingkat SMP/MTs yang memperoleh angka tersebut.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengungkapkan kenaikan rerata nilai IIUN menunjukkan semakin jujurnya penyelenggaraan UN. "Dengan semakin jujurnya UN, maka diharapkan hasil UN dapat makin tepat memetakan capaian pendidikan sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mengoptimalkan pembinaan sekolah secara lebih baik," ujar Menteri Anies, saat Konferensi Pers Hasil UN SMP, di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (10/6/2016).
"Kami memperoleh nilai UN yang riil, sehingga evaluasinya bisa akurat, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya," tambah Anies.
Dengan meningkatnya nilai IIUN, lanjut Anies, tingkat kejujuran siswa naik, maka nilai yang keluar adalah lebih akurat mendekati kemampuan siswa yang sebenarnya. "Yang terpenting integritas wajib lebih dulu menjadi mindset utama dalam pelaksanaan UN," tutur Anies.

 Kemdikbud juga berjanji akan selalu berinovasi guna melakukan peningkatan nilai rata-rata tanpa meninggalkan semangat integritas.


InformasiGuru.Com Updated at: 05.05

0 comments:

Poskan Komentar

Kami berterima kasih atas partisipasi Anda dengan berkomentar. Namun demikian, komentar Anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Mohon maaf, menitipkan backlink yang tidak relevan dengan isi berita tidak akan kami tampilkan. Komentar yang menjurus SARA dan bersifat promosi juga tidak akan kami tampilkan. Salam sukses dan selamat berpartisipasi.