Kisi-kisi Materi Siap PLPG 2017 Guru Kelas SD pdf

| 07 April 2017

Download Kisi-kisi Materi Siap PLPG 2017 Guru Kelas SD pdf





Kisi-kisi materi siap PLPG 2017 untuk guru kelas SD ini kami sajikan sebagai sarana bagi Anda untuk mempersiapkan diri menempuh sertifikasi guru tahun 2017 melalui jalur PLPG pada nantinya. Kisi-kisi ini berasalh dari kisi-kisi materi PLPG tahun 2016. Namun demikian, kami kira tidak ada perbedaan signifikan dalam hal kisi-kisi PLPG nantinya. Hal yang menjadi signifikan untuk PLPG tahun 2017 dengan tahun sebelum 2016 adalah pada cara penilaian PLPG-nya.

Seperti yang Anda ketahui, sertifikasi guru mengalami perubahan signifikan sejak tahun 2016. Hal yang sangat penting diketahui adalah bahwa ambang batas kelulusan sertifikasi guru adalah 80 untuk nilai UTN-nya. Sehingga setiap guru, terutama guru SD, memang harus mengantisipasinya sedini mungkin.

Sertifikasi guru mempersyaratkan dua kelulusan, yaitu kelulusan PLPG dan kelulusan ujian tulis nasional atau UTN. Dengan demikian, kisi-kisi materi PLPG mestinya sudah harus Anda persiapkan mulai dari sekarang. Tidak lupa juga Anda juga harus mengantisipasi kelulusan UTN dengan materi yang telah kami persiapkan dalam situs web ini [Baca: Soal SIAP UTN PLPG 2017 Guru Kelas SD].

Untuk persiapan materi PLPG sendiri, silahkan download materi modul siap PLPG 2017 di sini. Nah, berikut adalah kisi-kisi materi siap PLPG untuk acuan Anda supaya mempersiapkan segala sesuatu yang penting:



No KompetensiUtama Standar Kompetensi Guru (SKG)
Kompetensi IntiGuru (KI) Kompetensi Guru Mata Pelajaran(KD) Indikator PencapaianKompetensi (IPK)
A B C D E
1 Pedagogik Menguasai karakteristik peserta didik dari aspekfisik, moral,spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latarbelakang sosial-budaya Menganalisis berbagai aspek perkembangan peserta didik berdasarkan ciri-cirnya.
Pedagogik Mengetahui potensi peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI. Memetakanpotensi peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran
Pedagogik Mengetahui kemampuan awal peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI. Menentukan kemampuan awal peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran
Pedagogik Mengetahui kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI. Mendiagnosis kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran
2 Pedagogik Menguasai teori belajar dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik. Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan lima mata pelajaran SD/MI. Menelaah prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, terkait lima mata pelajaran.
Pedagogik Menguasai berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran SD/MI. Menerapkan berbagai pendekatan pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaranMenganalisis berbagai strategi pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran.Menerapkan berbagai metode pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran
Pedagogik Mennguasai pendekatan pembelajaran tematis, khususnya di kelas-kelas awal SD/MI. Menerapkan pendekatan pembelajaran tematis, khususnya di kelas awal.
3 Pedagogik Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. Menelaah prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
Pedagogik Mengetahui tujuan lima mata pelajaran SD/MI. Menentukan tujuan lima mata pelajaran SD/MI.
Pedagogik Mengetahui pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD/MI Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD/MI
Pedagogik Menguasai materi lima mata pelajaran SD/MI yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. Menentukan materi lima mata pelajaran terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.
Pedagogik Memahami materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik usia SD/MI. Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan.Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan karakteristik peserta didik usia SD/MI.
Pedagogik Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian. Melakukan penyusunan indikator.Melakukan penyusunan instrumen penilaian
4 Pedagogik Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Memahami prinsip-prinsip perancangann pembelajaran yang mendidik. Mengurutkan prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik.
Pedagogik Mengembangkan komponen- komponen rancangan pembelajaran. Melakukan penyusunan komponen-komponen rancangan pembelajaran.
Pedagogik Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap untuk kegiatan di dalam kelas.Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap untuk kegiatan di laboratorium, maupun lapangan.Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap untuk kegiatan di lapangan.
Pedagogik Memahami pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan. Menganalisis rancangan pembelajaran yang lengkap untuk kegiatan di dalam

Karena terlalu panjang untuk diketik, maka Anda dapat download kisi-kisi materi siap PLPG 2017 pada tautan sebagai berikut:




Demikian informasi tentang kisi-kisi materi siap PLPG tahun 2017. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 22.45

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Untuk Tetap Menjalin Silaturahmi