Kisi-kisi Materi Siap PLPG 2017 Guru PAUD/TK/RA | Download pdf

| 07 April 2017

Download Kisi-kisi Materi Siap PLPG Tahun 2017 Guru TK/PAUD/RA pdf




Kisi-kisi Materi Siap PLPG 2017 Guru PAUD/TK/RA kami tuliskan dengan harapan membantu Anda dalam mempersiapkan PLPG tahun ini dengan rapi dan tertata.

Seperti yang kita ketahui bersama, sertifikasi guru tahun 2017 ini akan menjadi berbeda dengan sergur yang diselenggarakan sebelum tahun 2016. Perbedaan yang paling signifikan adalah pada proses penilaian sertifikasi guru. Hal yang membuat membuat waspada bagi para peserta sertifikasi guru tahun ini dan 2016 kemarin adalah adanya ambang batas kelulusan nilai ujian tulis nasional atau UTN yang paling rendah adalah 80. Namun demikian, hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Kami berusaha membantu Anda dengan menyediakan latihan soal siap UTN. [Baca: Soal Siap UTN 2017 Guru TK/PAUD/RA].

Kisi-kisi materi PLPG yang tersaji pada tulisan ini memberi gambaran apa saja yang harus Anda persiapan dalam menghadapi PLPG nantinya. Sebenarnya, kisi-kisi materi ini berasal dari tahun 2016 lalu. Namun demikian, biasanya ia tidak mengalami perubahan yang signifikan. Jadi, dapat dikatakan Anda seharusnya mempersiapkan apa saja yang dipikir perlu untuk PLPG nantinya. Tidak lupa, untuk menghadapi PLPG, Anda juga harus mempersiapkan dengan modul. Modul siap PLPG untuk guru TK/PAUD/RA juga sudah kami tulis dalam website ini. [Baca: Materi Modul Siap PLPG 2017 Guru TK/PAUD/RA]

Berikut adalah kisi-kisi materi siap PLPG guru TK/PAUD/RA untuk referensi Anda:

No Kompe- tensi Utama Standar Kompetensi Guru (SKG)
Kompetensi Inti Guru (KI) Kompetensi Guru Mata Pelajaran(KD) Indikator PencapaianKompetensi (IPK)
a B C D E
1 Pedagogik Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. 1.1. Memahami karakteristik peserta didik usia TK/PAUD yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual,sosial-emosional, moral, dan latarbelakang sosial-budaya Dengan ilustrasi kasus, peserta dapat mendeteksi karakteristik peserta didik usia TK/PAUD yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional,moral, danlatar belakang sosial-budaya
Pedagogik Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. 1.4 Mengidentifikasi kesulitan peserta didik usia TK/PAUD dalam berbagai bidang Pengembangan Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat menafsirkan contohkesulitan peserta ddik usiaTK/PAUD dalam berbagai aspek perkembangan.
Pedagogik Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. 2.1 Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip bermain sambil belajar yang mendidik yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD. Melalui pemberian ilustrasi contoh kegiatan, peserta dapat memadukan penerapan teori belajar dan prinsip belajarmelalui bermain dalam berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD.
Pedagogik Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. 2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik bermain sambil belajar yang bersifat holistik, otentik, dan bemakna, yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD. Dengan gambaran contoh pembelajaran, peserta dapat menggambarkan penerapan pendekatan pembelajaran berpusat pada anak melalui metode bermain seraya belajar yang bersifat holistik dan bermakna dalam berbagai bidang pengembangan di TK/RA.
Pedagogik Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu. 3.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. Melalui ilustrasi praktik kurikulum TK/PAUD, peserta dapat menelaah prinsip-prinsip pengembangan kurikulum anak usia dini.
Pedagogik Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu. 3.2 Menentukan tujuan kegiatan pengembangan yang mendidik
Pedagogik Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu. 3.3 Menentukan kegiatan bermain sambil belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pengembangan Dengan menggunakan ilustrasi kasus, peserta dapat memadukan kegiatan bermain seraya belajar yang sesuai usia perkembangan anak untuk mencapai tujuan
pengembangan.
Pedagogik Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu. 3.4 Memilih materi kegiatan pengembangan yang mendidik yaitu kegiatan bermain sambil belajar sesuai dengan tujuan pengembangan. Memilih materi kegiatan bermain sambil belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pengembangan.
Pedagogik Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu. 3.5 Menyusun perencanaan semester, mingguan dan harian dalam berbagai kegiatan pengembangan di TK/PAUD. Dengan menggunakan ilustrasi proses pembelajaran, peserta dapat menggambarkan contoh perencanaan kegiatan bermain yang mendidik dalam berbagai kegiatan pengembangan di TK/PAUD.
Pedagogik Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu. 3.6 Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian. Melalui pemberian contoh penilaian, peserta dapat memilih jenis instrumen dan teknik penilaian dalam kegiatan pengembangan di TK/PAUD.
Pedagogik Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik 4.1 Memahami prinsip-prinsip perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan. Dengan menggunakan ilustrasi kegiatan pembelajaran, peserta dapat menelaah prinsip- prinsip perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan.
Pedagogik Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik 4.2 Mengembangkan komponen- komponen rancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan. Dengan menggunakan ilustrasi kegiatan pembelajaran, peserta dapat menetapkan komponen-komponen perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan.
Pedagogik Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik 4.4 Menerapkan kegiatan bermain yang bersifat holistik, otentik, dan bermakna. Dengan ilustrasi penyelenggaraan kegiatan bermain, peserta dapat memberi contoh kegiatan bermain yang bersifat holistik, otentik, dan bermakna.
Pedagogik Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik 4.5 Menciptakan suasana bermain yang menyenangkan, inklusif, dan demokratis. Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat menunjukkan contoh suasana bermain yang menyenangkan, inklusif, dan demokratis.
Pedagogik Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik 4.6 Memanfaatkan media dan sumber belajar yang sesuai dengan pendekatan bermain sambil belajar. Melalui ilustrasi penyelenggaraan kegiatan bermain, peserta dapat mengkategori
pemanfaatan media dan sumber belajar yangsesuai dengan pendekatan bermain sambil belajar.
Pedagogik Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik 4.7 Menerapkan tahapan bermain anak dalam kegiatan pengembangan di TK/PAUD. Melalui ilustrasi penyelenggaraan kegiatan bermain, peserta merencanakan penerapan tahapan bermain dalam pengembangan di TK/PAUD.
Pedagogik Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik. 5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik. Melalui ilustrasi penyelenggaraan pengembangan di TK/PAUD, peserta dapat memberikan contoh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik.
Pedagogik Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. 6.1 Menyediakan berbagai kegiatan bermain sambil belajar untuk mendorong peserta didik mengembangkan potensinya secara optimal termasuk kreativitasnya Dengan ilustrasi contoh, peserta dapat merumuskan kegiatan bermain sambil belajar untuk optimalisasi perkembangan anak dan kreativitasnya.
Pedagogik Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik 7.1 Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun, baik secara lisan maupun tulisan. Melalui ilustrasi contoh kegiatan, peserta dapat membedakan strategi komunikasi efektifempatik dan santun, baiksecara lisan maupun tulisan kepada anak didik.
Pedagogik Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik 7.2 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khasdalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik, (b) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespons, (c) respons peserta didik, (d) reaksiguru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya. Melalui ilustrasi contoh kegiatan, peserta dapat menemukan contoh komunikasi efektifempatik dan santun, baiksecara lisan maupun tulisan kepada anak didik.
Pedagogik Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar 8.1 Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Melalui ilustrasi kegiatan penilaian, peserta dapat menunjukkan prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik anak usia dini.
Pedagogik Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar 8.2 Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan Melalui contoh kegiatan penilaian di TK/PAUD peserta dapat memilih

Tentu saja tabel di atas belumlah lengkap. Akan sangat tidak efisien jika dituliskan semua. Oleh karena itu, kisi-kisi lengkapnya dapat Anda download pada link sebagai berikut:


Download Kisi-kisi Materi Siap PLPG Tahun 2017 Guru TK/PAUD/RA pdf

Demikian informasi Kisi-kisi Materi Siap PLPG 2017 Guru PAUD/TK/RA. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 23.32

0 comments:

Poskan Komentar

Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Untuk Tetap Menjalin Silaturahmi