Soal Siap UTS/ PTS II Tema 8 Kelas 5 SD/ MI K-13

| 21 Januari 2018

Download Contoh Soal Siap UTS Semester 2 (Dua) Tema 8: Lingkungan Sahabat Kita Kelas 5/ V SD/ MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Contoh Soal Penilaian Tengah Semester/ UTS Semester 2 (Dua) Tema 8 Kelas 5/ V SD/ MI Kurikulum 2013 Revisi 2017






UTS/ PTS semester II (Dua) adalah salah satu ulangan/ ujian yang sangat penting bagi para siswa karena sifat dari UTS/ PTS II tersebut yang mempengaruhi penilaian yang secara otomatis akan menentukan naik kelas atau tidaknya para siswa nantinya. Nah, bagi adik-adik yang saat ini masih duduk di bangku kelas 5 SD/ MI, maka UTS semester 2 ini diharapkan akan menjadi salah satu jembatan bagi para peserta didik untuk naik ke kelas 6 SD/ MI.

Sesuai dengan tujuan kami, bahwa sebaran materi contoh soal yang kami sajikan ini memiliki tujuan untuk membantu adik-adik kelas 5 SD mematangkan persiapan dalam menghadapi UTS/ PTS semester 2 kali ini. Untuk tulisan kali ini, kami menyajikan contoh soal PTS/ UTS II Tema 8 Kelas 5 SD/ MI K-13 edisi revisi 2017 terbaru yang tentu saja telah kami susun dengan pendekatan kurikulum 2013. Contoh soal ini telah memenuhi unsur kebaruan karena kami menyusunnya berdasarkan kurikulum 2013 edisi termutakhir yakni revisi 2017.

Berikut adalah link download Soal Siap PTS/ UTS Semester 2 Tema 8: Lingkungan Sahabat Kita Kelas 5/ V SD/ MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terbaru File Pdf:




Selanjutnya kami petikkan sebagian contoh Soal Siap PTS/ UTS Semester 2 Tema 8: Lingkungan Sahabat Kita Kelas 5/ V SD/ MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terbaru File Pdf:

SOAL PTS/ UTS SEMESTER 2 KELAS 5 Tema 8: Lingkungan Sahabat Kita KURIKULUM 2013 Revisi 2017

2. Apakah akibatnya jika manusia tidak menjaga lingkungan?
4.Manusia sangat mempengaruhi keadaan suatu lingkungan di mana dia tinggal. Mengapa demikian?
8.Menanam pohon untuk mengganti pohon yang sudah tua/ yang sudah ditebang dinamakan …
13. Air selalu tersedia di bumi karena air mengalami siklus. Siklus air adalah …
26.Apa yang bisa kalian tangkap setelah melihat kedua gambar di atas? Jelaskan…..
28. Dapatkah lingkungan seperti gambar A berubah seperti gambar B? Apa yang menyebabkannya?
30. Sebutkan cara-cara yang biasa kamu lakukan dalam menjaga lingkungan rumah dan sekolahmu!
Siklus Air Tanah
Proses siklus air menyebabkan air bergerak meninggalkan tanah ke udara. Selanjutnya, air turun lagi ke tanah dalam bentuk air hujan. Air yang turun ke tanah ada yang masuk dan bergerak ke dalam tanah melalui celah-celah dan pori-pori tanah serta batuan. Air yang masuk ke dalam tanah ini kemudian menjadi air cadangan (sumber air).
Air cadangan akan selalu ada apabila daerah peresapan air selalu tersedia. Daerah resapan air terdapat di hutan-hutan. Tumbuhan hutan mampu memperkukuh struktur tanah. Saat hujan turun, air tidak langsung hanyut, tetapi air akan terserap dan tersimpan di dalam tanah. Air yang tersimpan dalam tanah akan menjadi air tanah. Air akan lebih mudah meresap jika terdapat banyak tumbuhan. Air yang meresap akan diserap oleh akar tumbuhan tersebut. Adanya air dan akar di dalam tanah menyebabkan struktur tanah menjadi kukuh dan tidak mudah longsor.
Keberadaan hutan sangat penting. Hutan berperan dalam penyimpanan air. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga kelestarian hutan. Saat ini hutan banyak yang gundul akibat penebangan liar. Selain penebangan, hutan dapat rusak akibat pembakaran. Pepohonan di hutan ditebang atau dibakar dengan alasan tertentu. Seperti untuk membuka lahan pertanian, perumahan, atau industri. Kegiatan-kegiatan ini dapat mengurangi kemampuan tanah dalam menyimpan air. Akibatnya, pada saat hujan terjadi banjir dan pada saat kemarau banyak daerah mengalami kekeringan.
Nah, apa akibatnya jika daerah resapan air semakin berkurang? Apabila daerah resapan air semakin berkurang, cadangan air di bumi ini semakin menipis. Hal ini dapat mengakibatkan sungai-sungai dan danau menjadi kering. Keringnya sungai dan danau menyebabkan proses penguapan semakin menurun. Menurunnya proses penguapan ini menyebabkan berkurangnya pengendapan titik-titik air di awan. Keadaan ini tentu mengurangi terjadinya hujan.
(Sumber: IPA Salingtemas 5 untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional)
31. Tulislah faktor-faktor yang memengaruhi berkurangnya ketersediaan air tanah.
33.Tuliskan akibat/ dampak dari resapan air yang berkurang ….
36. Apa yang dimaksud air tanah?
Siklus Air dan Bencana Kekeringan
Peristiwa siklus air merupakan peristiwa sehari-hari yang sering tidak disadari oleh manusia. Siklus air menghasilkan air bersih yang berguna untuk kehidupan manusia. Manusia memerlukan air bersih antara lain untuk keperluan rumah tangga, keperluan industri, dan juga pertanian.
Siklus air menghasilkan air bersih. Pada saat proses penguapan, kotoran pada air tidak ikut menguap. Uap air yang menguap adalah uap air yang bersih. Pada saat turun hujan, air yang dihasilkan pun adalah air bersih dan siap digunakan untuk berbagai keperluan. Air hujan yang jatuh, sebagian akan diserap oleh tanah, lalu menjadi air tanah. Air tanah adalah air yang mengalir di bawah permukaan tanah. Air ini biasanya lebih jernih dan bersih, karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Untuk mendapatkan air tanah, manusia membuat sumur dengan cara menggali lubang.
Air hujan yang tidak terserap oleh tanah, akan terus mengalir menjadi air permukaan. Lalu, air itu menuju tempat yang lebih rendah seperti sungai, danau, dan laut. Air permukaan adalah air hujan yang tak dapat diserap oleh tanah tetapi diserap oleh permukaan tanah, sehingga mengalir di atas permukaan tanah dan kemudian menguap kembali. Air ini biasanya lebih kotor, karena mengandung lumpur. Air ini juga biasanya membawa berbagai macam material dari proses erosi.
Pada musim kemarau, air hujan yang turun menjadi berkurang. Air hujan yang turun biasanya langsung diserap oleh tanah menjadi air tanah. Jika air sungai dan danau surut akan menyebabkan berkurangnya penguapan air sebagai pembentuk titik-titik air di awan. Akibat dari semakin sedikitnya awan adalah semakin berkurangnya curah hujan. Oleh karena itu, sumur-sumur penduduk pun menjadi kering. Di saat inilah biasanya terjadi kelangkaan air bersih. Jika kelangkaan air bersih terjadi dalam waktu yang panjang, bencana kekeringan akan terjadi. Mari kita biasakan menghemat penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari.
(Sumber: Scott Foresman. 2010. Science. Illinois)
38. Peristiwa apa saja yang terjadi pada teks “Siklus Air dan Bencana Kekeringan”?
39. Bagaimana proses siklus air menghasilkan air yang bersih? Jelaskan!
44.Apa yang kalian ketahui tentang Badan Usaha Milik Negara (BUMN)?
45.Firma adalah salah satu jenis Badan Usaha Milik Swasta (BUMS). Apa yang dimaksud Firma?
47.Siapa bapak koperasi Indonesia?

Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan agar mendapatkan file yang lengkap dan utuh.

Kami cukupkan sampai di sini tulisan kami yang berjudul:

Soal Siap UTS/ PTS II Tema 8 Kelas 5 SD/ MI K-13

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!


InformasiGuru.Com Updated at: 22.01

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!