Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 11 SMA/MA Mapel Kimia K13-MIPA

| 28 April 2018

Download Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 11/XI SMA/MA Mapel Kimia Kurikulum 2013-Peminatan-MIPA

Download Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 11/XI SMA/MA Mapel Kimia Kurikulum 2013-Peminatan-MIPA






Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 11 SMA/MA Mapel Kimia K13-MIPA ini dihadirkan khusus untuk siswa yang sebentar lagi segera menjalani ulangan kenaikan kelas/penilaian akhir semester genap tahun pelajaran 2017/2018 ini. Contoh soal ini telah dipersiapkan sebaik mungkin untuk membantu siswa kelas 11/XI mempersiapkan diri menjalani ulangan akhir semester 2. Contoh soal yang kami sajikan ini merupakan soal UAS/UKK/PAS semester 2 yang diujikan pada tahun 2017 yang lalu. Biasanya untuk jenis soal yang diujikan pada tahun berikutnya juga tidak berbeda jauh dengan soal-soal yang tahun-tahun kemarin telah diujikan.

Namun harus diperhatikan bahwa ini adalah merupakan sebuah contoh, jadi tidak ada jaminan apabila contoh soal ini akan keluar pada saat UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 11 SMA/MA Mapel Kimia Kurikulum 2013-MIPA yang sebenarnya berlangsung. Semoga dengan sering dan rajin berlatih mengerjakan soal maka peserta didik akan semakin terbiasa dalam menghadapi berbagai kemungkinan tipe soal ujian yang nantinya keluar di kala ujian yang sesungguhnya.

Jumlah soal UAS/UKK/PAS semester 2 mapel Kimia-MIPA (Peminatan) Kurikulum 2013 ini berjumlah total 45 dengan rincian; 40 soal merupakan pilihan ganda dan 5 soal adalah essai. Sebelum mengunduh, hal yang harus diperhatikan adalah bahwa soal tidak dapat disunting atau diedit. Dengan demikian, cara penggunaan dokumen atau berkas yang paling baik adalah dengan cara dicetak atau diprint.

Berikut adalah tautan untuk mengunduh contoh soal UAS/UKK Mapel Kimia Kelas 11 tersebut:


Download UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 11 SMA/MA Mapel Kimia Kurikulum 2013-MIPA
Berikut adalah kutipan sebagian dari contoh soal tersebut:

PETUNJUK UMUM :
1. Perhatikan daan ikuti petunjuk pengisisan lembar jawab yang disediakan.
2. Periksa dan bacalah soal- soal sebelum anda menjawabnya.
3. Jumlah soal sebanyak 45 butir, Pilihan Ganda 30 butir nomor 1 s/d 40, Esay 5 butir nomor 41 s/d 45.
4. Peserta ulangan tidak diperkenankan menggunakan alat- alat elektronik seperti HP, Kalkulator dll.
5. Laporkan pada pengawas kalau terhadap tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlah soal kurang.
6. Dahulukan soal - soal yang dianggap mudah.
7. Periksalah pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada pengawas.

I. Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e pada lembar jawaban yang tersedia!

1. Pernyataan yang benar tentang asam basa Arhenius adalah ....
A. NaCl bersifat asam karena melepas ion Cl
B. HBr dalam benzena melapas ion H+
C. KOH dalam air melepas ion OH
D. NH3 bersifat basa karena melepas ion OH
E. Alkohol C2H50H bersifat basa karena memiliki gugus OH

23. Asam asetat (Ka = 10-5) sebanyak 0,2 mof dicampur dengan Na asetat 0,02 mol dengan volume total 1 liter, maka PH larutan Buffer
tersebut ....
A. 4
B. 5
c. 6
D. 7
E. 8

24. Untuk membuat larutan penyangga dengan pH= 9, ke dalam 400 ml larutan NH40H 0,5 M (Kb = 10-5) harus ditambahkan larutan HCI 0,5 M sebanyak ....
A. 100 ml
8. 200 ml
C. 300ml
D. 400ml
E. 500 ml

37. Di antara zat-zat berikut ini yang tidak dapat memb.entuk ko~id liofil jika didispersikan ke dalam air adalah ....
A. kanji
B. belerang
C. gelatin
D. sabun
E. agar-agar

38. Berikut ini beberapa contoh penerapan sifat koloid dalam kehidupan sehari-hari
1) pemutihan gula
2) proses cuci darah
3) norit untuk obat diare
4) penyaringan debu pabrik
5) penarnbahantawas pada pengolahan air minum

Sifat adsorpsi dan koagulasi koloid ditunjukkan dalam contoh nomor ....
A. 1 dan 2
B 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 2 dan 5
E. 3 dan

39. Pada umumnya, masyarakat menggunakan tawas untuk menjernihkan air, balk air sumur, air pam, atau jenis air lainnya. Prinsip penjernihan air denqan menggunakan tawas berkaitan dengan sifat koloid, yaitu ....
A. Adsorbsi
B. Koaqulasi
C. Elektrolisis
D. Gerak Brown
E. Efek Tyndall

40. Perhatikan beberapa proses kegiatan sehari-hari :
1) Proses cuci darah
2) Sorot lampu bioskop
3) Terjadinya delta di muara sungai
4) Pemisahan debu pada cerobong asap
5) Penjernihan campuran putih telur dengan gula pasir

Proses kegiatan sehari-hari yang termasuk penerapan dialisis dan efek tyndall pada koloid adalah ....
A. 1 dan 3
D. 2 dan 4
8. 1 dan 2
E. 3 dan 5
c. 2dan 3

Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah disediakan agar mendapatkan isi file yang lengkap dan utuh.

Demikian tulisan tentang

Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 11 SMA/MA Mapel Kimia Kurikulum 2013-MIPA

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaranTuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2 Mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa minyak bumi, batubara dan gas alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugrah Tuhan YME dan dapat dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.1 Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya.
3.2 Memahami proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya.
3.3 Mengevaluasi dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya.
4.1 Mengolah dan menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya.
4.2 Menyajikan hasil pemahaman tentang proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi beserta kegunaannya.
4.3 Menyajikan hasil evaluasi dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya untuk mengatasinya.

Setiap konsep materi dibahas secara rinci dengan contohcontoh yang mudah dipahami menggunakan ilustrasi yang sesuai dan menarik, serta gaya bahasa yang komunikatif.
Penyajian materi diusahakan mempunyai relevansi dengan kehidupan sehari-hari, lingkungan siswa atau dengan dunia industri, sehingga ilmu kimia tidak terasa asing bagi para siswa yang baru belajar kimia tetapi menjadi menarik bagi siswa. Pelaksanaan praktikum/kegiatan yang sesuai dengan materi, mudah dilaksanakan, aman, namun tetap mengena pada sasaran pemahaman terhadap materi, dan memudahkan siswa memahami materi secara utuh dan lebih mendalam. Kemudian pada akhir bab diberikan sejumlah soal yang tidak hanya mengukur kemampuan kognitif siswa, tetapi juga mengukur kemampuan afektif dan psikomotorik siswa.


InformasiGuru.Com Updated at: 23.35

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!