Soal Siap UAS/PAS/UKK 2 SMA-MA/SMK-MAK Kelas 11 Bahasa Indonesia K13 Wajib

| 02 Mei 2018

Soal Siap UAS/PAS/UKK SMA-MA/SMK-MAK Semester 2/II Kelas 11 Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Umum/Wajib

Soal Siap UAS/PAS/UKK SMA-MA/SMK-MAK Semester 2/II Kelas 11 Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Umum/Wajib







Ulangan atau penilaian akhir semester 2/II atau yang disebut juga dengan ulangan kenaikan kelas (UKK) merupakan salah satu faktor penentu signifikan bagi peserta didik yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Bagi peserta didik kelas XI MA-MA/SMK-MAK yang tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi UAS/PAS/UKK semester 2/II ini, maka mempersiapkannya dengan seksama adalah cara yang terbaik untuk memperoleh hasil belajar yang optimal.

Karakteristik Soal

Soal Siap UAS/PAS/UKK 2 SMA-MA/SMK-MAK Kelas 11 Bahasa Indonesia K13 Wajib atau umum ini mempunyai karakteristik sebagai berikut:

1. Menggunakan kurikulum 2013 revisi.
2. Menggunakan contoh soal dengan rujukan dari soal yang pernah diujikan.

Penggunaan contoh soal dari soal yang pernah diujikan menandakan bahwa contoh soal tersebut mempunyai kesahihan atau validitas yang baik. Dengan validitas tersebut, maka diharapkan bahwa contoh soal yang disajikan juga mempunyai prediktibilitas atau daya ramal yang baik. Namun demikian, tidak ada jaminan bahwa contoh soal yang disajikan ini akan menjadi sama persis dengan yang akan diujikan nantinya. Ingat, contoh soal adalah rujukan belajar, bukan bocoran.

Penggunaan Contoh Soal

Penggunaan Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK SMA-MA/SMK-MAK Semester 2/II Kelas 11 Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Umum/Wajib ini hendaknya mengacu pada hal sebagai berikut:

1. Contoh soal disajikan dengan gratis. Pengguna dilarang menyebarkan contoh soal untuk kepentingan komersial atau disalin ke website yang lain.

2. Jawaban atas contoh soal untuk kesempatan kali ini tidak diberikan dengan alasan kesibukan admin.

Tautan Download

Tautan download menggunakan tautan dari Google Drive. Berikut adalah tautan download-nya:


Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK SMA-MA/SMK-MAK Semester 2/II Kelas 11 Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Umum/Wajib
Berikut adalah kutipan dari Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK SMA-MA/SMK-MAK Semester 2/II Kelas 11 Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Umum/Wajib tersebut:



Tsunami
Kata "Tsunami' berasal dari bahasa Jepang yang berarti pelabuhan ('tsu') dan gelombang ("namfi). Tsunami adalah rangkaian gelombang yang timbul akibat air yang ada di danau atau laut secara cepat bergerak dalam skala yang besar.
Tsunami terjadi apabila dasar laut mengalami kerusakan bentuk dan secara vertikal mengubah posisi air yang datar. Gerakan vertikal yang berasal dari patahan bumi dapat terjadi pada lapisan bumi.
Gempa bumi yang terjadi di dasar taut sangat berpotensi menimbulkan tsunami. Patahan dasar laut menyebabkan equalibrum air menjadi terganggu. Semakin besar daerah patahan yang terjadi, semakin besar pula tenaga gelombang yang dihasilkan. Gelombang besar yang mengalir deras ke daratan inilah yang sangat berbahaya bagi manusia.
Tsunami selalu membawa kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan yang terbesar disebabkan oleh gelornbang besar yang membanjiri daratan. Gelombang ini ketika mengenai pemukiman manusia akan menyeret apa saja yang dilaluinya. Kadang korban jiwa yang terjadi bukanlah karena disebabkan oleh ombak besar tsunami yang mengalir, tapi karena benturan dengan benda-benda yang dibawa gelombang tsunami. Selain dari pada itu, lumpur yang ikut diseret gelombang tsunami menyebabkan menusia kesulitan untuk menyelamatkan diri dengan cepat.
Adanya tsunami merupakan peringatan dari Tuhan. Kita harus segera tobat atas kesalahan dan dosa yang kita lakukan. Kita wajib menjaga dan melestarikan alam. Terhadap korban bencana tsunami, kita harus peduli dan ikut berpartisipasi membantu meringankan penderitaannya serta selalu berdoa agar selalu diberi keselamatan oleh Tuhan Yang Maha Esa.


1. Peryataan umum pada teks di atas terdapat pada paragraf ...
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
E. kedua dan ketiqa

2. Berikut yang bukan bagian penjelas teks di atas adalah ....
A. Tsunami terjadi ketika-dasar laut mengalami kerusakan bentuk dan secara vertikal merubah posisi air yang datar .
B. Gerakan vertikal yang besar dari patahan bumi dapat terjadi pada lapisan bumi.
C. Gempa bumi yang terjadi di. dasar laut sangat berpotensi menimbulkan tsunami.
D. Tsunami selalu membawa kerusakan besar bagi manusia.
E. Adanya tsunami membuat kita tobat atas kesalahan dan dosa yang kita lakukan.

3. Ide pokok paragraf ketiga teks eksplanasi tersebut adalah ....
A. Lumpur ikut terseret gelombang tsunami.
B. Tsunami banyak menimbulkan korban jiwa.
C. Tsunami akan menyeret apa saja yang dilaluinya.
D. Tsunami selalu membawa kerusakan besar bagi manusia.
E. Gelombang besar yang rnembanjri daratan akan menyebabkan kerusakan.

4. Kalimat tanya yang jawabannya terdapat dalam paragraf keempat adalah .. ..
A. Mengapa tsunami merupakan peringatan dari Tuhan bencana tsunami?
B. Bagaimana cara kita menolong korban bencana tsunami?
C. Apa yang harus kita lakukan terhadap korban bencana tsunami?
D. Bagaimana cara kita menjaga kelestarian alam agar tidak terjadi tsunami?
E. Mengapa kita harus segera bertobat atas kesalahan dan dosa yang kita lakukan?

5. Perbaikan kalimat bercetak.miring (kalimat terakhir) pada paragraf ketiga adalah ....
A. Selain itu, lumpur yang ikut terseret gelombang tsunami menyebabkan manusia sulit untuk menyelamatkan diri dengan cepat.
B. Selain itu, lumpur yang ikut menyeret gelombang tsunami menyebabkan manusia sulit untuk menyelamatkan diri dengan cepat.
C. Selain itu, lumpur yang ikut diseret gelombang tsunami menyebabkan manusla kesulitan untuk menyelamatkan diri dengan cepat.
 D. Selain dari pada itu, lumpur yang ikut diseret gelombang tsunami menyebabkan manusia sulit untuk menyelamatkan diri dengan cepat.
E. Selain dari pada itu, lumpur yang ikut menyeret gelombang tsunami menyebabkan manusia kesulitan untuk menyelamatkan diri dengan cepat.

6. Teks eksplanasi adalah ....
A. Teks yanq berisi tentang pendapat.
B. Teks yang berisi tentang penjelasan.
C. Teks yang rnenceritakan suatu kejadian.
D. Teks yang menggambarkan suatu objek.
E. Teks yang berisi tentang cara mengerjakan

7. Bacaah paragraf berikut!

Ada banyak dampak positif dari sampah sebagaimana yang sudah dibahas di atas. Oleh karena itu, marilah kita jaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Pisahkan antara sampah organik dan anorganik agar lebih memudahkan dalam mendaur ulangnya.
Teks tersebut merupakan struktur isi teks eksplanasi bagian ....
A. ajakan
B. simpulan
C. interpretasi
D. deret penjelas
E. pernyataan umum

8. Cermatilah   dua teks eksplanasi kompleks berikut!

Teks 1

Pada akhi rtahun 1980-an Doraemaon, figur robot kucing masa depan lucu dan menggemaskan, menjadi idola anak-anak. Bersama dengan teman manusia bernama Nobita, Doraemon melakukan banyak kegiatan menakjubkan. la memiliki kantong ajaib berisi  peralatan canggihdari abad XXII. Tentu saja, itu semua hanya khayalan si pembuatnya.

Namun, popularitas Doraemon tidak kunjung padam. Serial kartunnya masih sering ditayangkan di televisi hingga hari ini. Masyarakat Indonesia mungkin bisa saja menyebutkan bermacam serial dari negeri Sakura yang menjadi favorit mereka. Oleh karena itu, tidak jarang mereka membuat
kostum tiruan yang mereka gunakan dalam acara-acara bertema Jepang.

Teks2

Langit malam biasanya hanya akan disinari cahaya bulan dan bintang. Namun, dalam kasus yang sangat jarang, langit malam juga bisa diterangi oleh awan bercahaya yang memantulkan cahaya matahari. Awan bercahaya terbentuk pada ketinggian 80-85 kilometer di atmosfer.
Cahaya awan itu sebenarnya cahaya matahari yang dipantulkan. Letak awan yang tinggi membuatnya mampu memantulkan cahaya, meskipun matahari telah tenggelam. Fenornena yang juga disebut awan polar mesosferik ini terjadi ketika suhu menuru hingga -1.300° Celsius. Kebanyakan fenomena ini terjadi di sebelah utara dan selatan bumi dengan wilayah di atas 500 lintang.
Kriteria kedua teks eksplanasi kornpleks di atas adalah ....

Bacalah kutipan teks eksplanasi berikut untuk menjawab soal nomor 9 - 12!

Paguyuban merupakan kelompok masyarakat yang ikatan sosialnya didasari oleh ikatan perorangan yang sangat kuat. Tanda-tandanya antara lain sesama anggota menampakkan pertemanan atau persahabatan yang rukun, berhubungan simpatik, dan tak ada permusuhan.
Dalam suasana yang guyub ada kerukunan atau harmoni. Kerukunan berarti suasana damai dan tanpa pertengkaran. Kerukunan berarti pula adanya perasaan satu hati dan kesepakatan. Itulah sebabnya terdapat istilah rukun tetangga dan rukun warga dalam struktur masyarakat di Indonesia. Maksudnya tidak lain agar di dalam kelompok masyarakat itu tercipta kedamaian. Kelompok yang rukun ditandai dengan semacam perjanjian dalam perasaan, sikap atau tindakan setiap anggota untuk gembira membangun kebersamaan sehingga yang terjadi adalah hal- hal yang menyenangkan.

9. Teks tersebut termasuk jenis teks eksplanasi yang menjelaskan proses terjadinya fenomena ....
A. alam
B. sosial
C. budaya
D. ekonomi
E. pendidikan

10. Topik yang dibahas dalam kutipan teks tersebut adalah proses terjadinya ....
A. paguyuban
B. rukun warga
C. rukun tetanqqa
D. kebersarnaan
E. persahabatan

11. Pada kalimat kedua paragraf pertama teks di atas terdapat konjungsi yang menyatakan hubungan ....
A. pemilihan dan penjumlahan
B. pertentangan dan pemilihan
C. penyamaan dan penyebaban
D. pengakibatan dan penjumlahan
E. pertentangan dan penjurnlahan

12. Arti kata harmoni pada teks di atas adalah ....
A. kerukunan
B. keramahan
C. keselarasan
O. kekompakan
E. kebersamaan

13. Perhatikan kutipan teks berikut!

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan batu bumi berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi .... Gempa bumi disebabkan pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan dahsyat gunung berapi. Getaran gempa bumi dapat merambat ke segala arah sehingga menghancurkan bangunan dan menimbulkan korban jiwa.
Kalimat tepat untuk mengisi bagian rumpang pada paragraf di atas adalah ....
A. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi jika dibandingkan gempa tektonik.
B. Tempat ini dikenal dengan lingkaran api karena banyak gunung berapi.
C. Teori tersebut berisi penjelasan bahwa bumi kita ini terdiri atas beberapa lapisan batuan.
D. Peristiwa alam itu sering terjadi di daerah yang berada dekat dengan gunung berapi dan daerah yang dikelilingi lautan luas.
E. Berbagai peristiwa alam, khususnya letusan gunung berapi, sering mengakibatkan korban tewas dan kerusakan parah infrastruktur.

14. Pernyataan berikut merupakan bagian argumen atau deretan penjelas, kecuali ....
A. Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri masyarakat atau seseorang.
B. Adapun fenomena permasalahan pendidikan yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor internal dan eksternal.
C. Faktor internal adalah faktor yang terjadi dalam diri masyarakat itu sendiri, yaitu kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakat atau seseorang dalam aspek kependidikan.
D. Dapat disimpulkan bahwa pendidikan di Indonesia sulit maju. Selama ini kesan kuat bahwa pendidikan berkualitas bermodal dan memakan biaya sangat besar.
E. Faktor yang menjadi hambatan secara eksternal antara lain kurangnya pemerataan pendidikan di Indonesia, rendahnya kualitas sarana dan prasarana pendidikan, rendahnya kesejahteraan guru serta rendahnya prestasi siswa.

15. Bacalah paragraf berikut!

Secara ilmiah, fatamorgana digolongkan dalam fenomena unik. Fatamorgana terbentuk dari proses alamiah yang membentuk suatu keindahan alam. Sebagian masyarakat tidak memahami proses kejadian fatamorgana tersebut. Masyarakat beranggapan bahwa fatamorgana disebabkan kelelahan mata. Padahal, tanpa kelelahan mata pun, seseorang dapat melihat fatamorgana. Bahkan, fenomena tersebut dapat difoto secara langsung dengan kamera.
Simpulan tepat kutipan teks tersebut adalah ....
A. Fatamorgana terjadi secara alamiah, bukan karena kelelahan mata.
B. Fatamorgana terjadi akibat kelelahan mata dialami seseoranq.
c. Sebagian masyarakat tidak mengetahui proses kejadian fatamorgana.
D. Fenomena alam fatamorgana dapat difoto menggunakan kamera.
E. Fatamorgana merupakan suatu keindahan alam yang terbentuk melalui proses ilmiah.
Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah disediakan agar mendapatkan isi file yang lengkap dan utuh.

Demikian tulisan tentang

Soal Siap UAS/PAS/UKK 2 SMA-MA/SMK-MAK Kelas 11 Bahasa Indonesia K13 Wajib

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 22.54

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!