Buku Public Relations 1 dan 2 Kelas X SMK Kurikulum 2013

| 20 Juli 2019

Download Buku Public Relations Semester 1 dan 2 Kelas 10 SMK Kurikulum 2013

Download Buku Public Relations Semester 1 dan 2 Kelas 10 SMK Kurikulum 2013

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas petunjuk dan hidayah-Nya, penyusunan Buku Siswa Public Relations 1 dan 2 Kelas 10 SMK dapat diselesaikan. Dalam keterbatasan waktu, dengan dukungan para penyusun dan Direktorat Pembinaan SMK akhirnya dapat diwujudkan buku untuk SMK Kelas X Jurusan Akomodasi Perhotelan.


Buku Public Relations Semester 1 dan 2 Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 ini disusun untuk mendukung kebijakan implementasi kurikulum 2013 untuk Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. Melalui buku ini diharapkan dapat membantu peserta dalam mengembangkan potensi diri sehingga menjadi pribadi yang mandiri kreatif, inovatif dan tidak mudah menyerah untuk menyongsong masa depan. Selain itu juga akan tercipta kemampuan yang dibutuhkan dalam bidang Public Relations, antara lain keterampilan komunikasi, keterampilan teknik, kompentensi manajemen isu, kompetensi menajerial, leadership dan ethic dan keterampilan khusus IT.

Buku Public Relations Semester 1 dan 2 Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 ini juga diharapkan dapat membantu guru dalam penerapan pendekatan pembelajaran saintifik sesuai dengan pendekatan yang tercantum dalam kurikulum 2013.

Penulis menyadari banyak kekurangan, untuk itu kritik dan saran dalam perbaikan buku ini sangat kami harapkan.

Kompetensi public relations layak untuk dicermati dan dipelajari oleh kalian yang akan menggeluti bidang perkerjaan pariwisata dan perhotelan. Seiring dengan perkembangan era sekarang ini, dinamika masyarakat yang terus menuntut dan mengharapkan adanya pemenuhan kebutuhan informasi kritis. Perkembangan ilmu dan teknologi komunikasi yang semakin mutahir juga makin menunjukkan betapa penting peranan public relations, dimana public relations sebagai “jembatan” antara perusahaan dan organisasi publik semakin nyata, sehingga bidang komunikasi dan hubungan masyarakat perlu diprioritaskan dalam perusahaan. Kompetensi dasar dari public relations ini mencakup keterampilan komunikasi, keterampilan teknik,kompentensi manajemen isu, kompetensi menajerial, leadership dan ethic dan keterampilan khusus IT.Selain kelima standard kompetensi tersebut, seorang PR harus memenuhi persyaratan mendasar antara lain kemampuan komunikasi secara lisan dan tulisan sangatlah penting bagi seorang PR. Sebagai seorang PR harus memiliki kemampuan berbicara didepan umum, melakukan presentasi, wawancara dalam upaya mengumpulkan data dan fakta. Selain kemampuan berkomunikasi lisan seorang PR dituntut memiliki kemampuan membuat press release ke mediamassa, membuat artikel dan profile perusahaan. Kemampuan mengantisipasi masalah termasuk di dalamnya menyusun rencana kegiatan, melaksanakannya serta mendokumentasikan kegiatan.

Seorang PR harus mampu memperluas jaringan (networking) sehingga dapat memperlancar tugasnya. Kepribadian yang tangguh, jujur artinya memiliki kredibilitas yang tinggi yakni dapat diandalkan, dipercaya oleh orang lain serta menerapkan etika profesi yang berlaku sehingga tidak menimbulkan miskomunikasi dan misinformasi. Ide-ide kreatif seorang PR dituntut dalam pengambilan tindakan atau keputusan, sehingga ia harus terus mengasah kemampuan, pengetahuan dan keterampilan lain yang menunjang pekerjaan yang diembannya.

Bidang Public Relations merupakah suatu bidang yang sangat luas menyangkut hubungan dengan berbagai pihak. Public Relations tidak sama dengan sekedar relations, meskipun mempunyai peran yang sangat besar dalam kampanye public relations. Public relations juga bukan sekedar menjual senyum, propaganda dengan tujuan-tujuan kemenangan sendiri, atau mendekati pers dengan tujuan untuk memperoleh suatu pemberitaan. Lebih dari itu, Public Relations mengandalkan strategi, yakni agar perusahaan disukai dan dipercaya oleh pihak-pihak terkait serta publik.

Di lingkungan industri pariwisata dan perhotelan peran public relation diperlukan dalam menjaga citra dan nama baik perusahaan sekaligus sebagi ajang promosi produk jasanya. Untuk itu mari kita kupas secara bersama sebagian dari kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang public relations.

Menurut S.Blacken Melvin L. Sharpo, 1983, Public Relations berfungsi untuk menginformasikan kepada semua pihak yang terkait dalam menciptakan adanya saling pengertian, yang didasarkan pada kenyataan, kebenaran dan pengetahuan yang jelas lengkap dan perlu diinformasikan secara jujur, jelas dan objektif. Berdasarkan referensi tersebut fungsi Public Relations dapat diuraikan menjadi empat hal, yaitu :

1. Kegiatan yang bertujuan memperoleh itikad baik, kepercayaan, saling adanya pengertian dan citra yang baik dari publik atau masyarakat pada umumnya.
2. Memiliki sasaran untuk menciptakan opini public yang bisa diterima dan menguntungkan semua pihak.
3. Unsur penting dalam organisasi dalam manajemen guna mencapai tujuan yang spesifik, sesuai harapan publik, tetapi merupakan kekhasan organisasi atau perusahaan. Sangat penting bagaimana organisasi, memiliki warna, budaya, citra, suasana yang kondusif dan menyenangkan, kinerja meningkat dan produktifitas bisa dicapai secara optimal.
4. Meningkatkan hubungan yang harmonis antara organisasi atau perusahaan dengan publiknya, sekaligus menciptakan opini public sebagai efeknya, yang sangat berguna sebagai input bagi organisasi atau perusahaan yang bersangkutan.

Berikut adalah tautan Download Buku Public Relations Semester 1 dan 2 Kelas 10 SMK Kurikulum 2013:


Download Buku Public Relations Semester 1 Kelas 10 SMK Kurikulum 2013

Download Buku Public Relations Semester 1 Kelas 10 SMK Kurikulum 2013


InformasiGuru.Com Updated at: 13.13

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!